Beredar 3 Nama Calon PM Inggris Pengganti Liz Truss, Ada Boris Johnson

ulinulin.com – Sejumlah nama digadang-gadang menjadi calon pengganti Liz Truss yakni Perdana Menteri Inggris yang mengundurkan diri. Beberapa nama di antaranya Rishi Sunak, Penny Mordaunt dan Boris Johnson.

Dikutip dari Guardian, Jumat (21/10/2022), Sunak dipandang sebagai seorang teknokrat yang kompeten. Namun, banyak anggota parlemen curiga padanya.

Hal itu berkaitan dengan kekayaan dan posisinya, dikaitkan dengan seseorang di keluarganya yang menggunakan status tak berdomisili untuk meminimalkan pajak.

Sementara, Penny Mordaunt sebagai mantan menteri pertahanan telah menghabiskan waktunya di pemerintahan. Mordaunt mungkin menjadi pilihan yang populer dengan banyak anggota parlemen Tory, namun yang lain mungkin mempertanyakan apakah dia seperti Truss yang belum teruji dan menjadi risiko lain.

Kemudian munculnya nama Boris Johnson sebagai kandidat mungkin menjadi pertanyaan. Namun, ia memiliki pendukung yang merasa kemundurannya sebagai perdana menteri seperti dipaksakan dan tidak adil.

Namun, partai-partai oposisi kemungkinan besar akan senang menghadapi lawan yang betapapun bakatnya sebagai politisi, adalah sosok yang memiliki noda yang tidak disukai.

Untuk diketahui, Liz Truss mengundurkan diri setelah 44 hari menjabat. Ia mengundurkan diri menyusul kegagalan pemotongan pajak yang mengguncang pasar keuangan, serta menimbulkan perlawanan di dalam Partai Konservatif-nya sendiri.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”