Bersihkan Waterproof Makeup Harus Ekstra Hati-Hati, Jangan Sampai Bikin Kulit Iritasi

ulinulin.com – (c) Shutterstock

Penggunaan Waterproof Makeup kini banyak menjadi pilihan bagi perempuan yang punya jadwal aktivitas padat di luar rumah. Penampilan yang maksimal memang jadi sebuah kebutuhan, terutama buat yang harus bertemu dengan banyak orang seperti klien dan partner kerja. Makeup yang cantik bisa menjadi ‘mantra’ untuk menambah rasa percaya diri.

Tapi, penggunaan waterproof makeup juga menimbulkan tantangan tersendiri. Memang sih bisa membuat riasan jadi lebih tahan lama. Namun, formula waterproof yang menempel di wajah ternyata membuatnya sulit dibersihkan hingga bisa menyebabkan iritasi. Membersihkan riasan jenis ini memang harus lebih berhati-hati, gali lebih dalam lewat tips yang satu ini!

Pilih Pembersih Khusus untuk Waterproof Makeup

© Shutterstock

Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat membersihkan wajah dari riasan waterproof adalah pemilihan jenis pembersih yang tepat. Sesuai dengan namanya, makeup yang sifatnya waterproof memang memiliki formula khusus untuk membuatnya menempel lebih lama dan nggak gampang luntur. Jadi, penting juga memilih pembersih khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Cek jenis pembersih yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan? Nggak hanya itu saja, perhatikan juga formula yang terkandung di dalamnya. Bagi pemilik kulit sensitif, hindari formula yang bisa membuat kulit iritasi, misalnya saja kandungan alkohol.

Guanakan Gerakan dari Bawah ke Atas

© Shutterstock

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah cara membersihkan makeup yang biasa dilakukan. Karena membutuhkan effort lebih dibandingkan membersihkan riasan biasa, bukan berarti kamu bisa menggunakan gerakan asal saat menghapus sisa riasan waterproof. Jadi, perhatikan juga cara mengaplikasikannya untuk mencegah kulit mengalami perih apalagi iritasi.

Disarankan untuk menghapus makeup waterproof dengan gerakan dari bawah ke atas. Jika menggunakan micellar water, tuangkan produk ke kapas hingga cukup basah. Selanjutnya, bersihkan wajah dengan gerakan lembut dari bawah ke atas.

Perhatikan Cara Menghapus Riasan Mata

© Shutterstock

Mata menjadi salah satu bagian paling sensitif, sehingga perlu lebih hati-hati saat mengaplikasikan atau membersihkan makeup. Terlebih kulit area mata yang tipis membuatnya mudah mengalami kerutan. Jadi, perlu perhatian ekstra ketika menghapus riasan waterproof di bagian mata.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menuangkan micellar water ke kapas lalu tempelkan selama 20 detik di bagian mata. Hal ini untuk memudahkan dalam menghapus makeup di bagian tersebut. Jika sudah, bersihkan mata dengan gerakan searah dan pastikan dengan lembut agar tidak menyebabkan perih dan iritasi.

Lakukan Tahap yang Sama Dua Kali

© Shutterstock

Supaya wajah bersih maksimal dari riasan waterproof, lakukan tahap membersihkan wajah yang sama selama 2 kali. Hal ini penting untuk memastikan wajah bersih sempurna dan nggak ada sisa makeup yang menempel. Ambil kapas yang baru, tuangkan micellar water, dan lakukan tahap membersihkan wajah yang sama.

Lanjutkan dengan Mencuci Wajah

© Shutterstock

Jika sudah selesai membersihkan wajah dengan micellar water, tahap selanjutnya adalah mencuci wajah. Biarpun sepertinya wajah sudah bersih dengan micellar water, tapi wajib untuk mencuci wajah. Hal ini untuk membersihkan sisa residu makeup maupun pembersih wajah yang menempel di kulit dan bisa menyebabkan kulit jadi kusam.

Saatnya mencuci wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Pijat secara perlahan untuk memberikan sensasi relaksasi yang dibutuhkan. Bilas hingga bersih.

Dengan teknik membersihkan wajah yang tepat, nggak ada lagi iritasi saat membersihkan waterproof makeup. Selamat mencoba!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”