"/> Bertenaga Tapi Irit, Ini Rahasia Performa Mesin Diesel

Bertenaga Tapi Irit, Ini Rahasia Performa Mesin Diesel

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/01/30/NaRYWXKq/0203-2-9c23.png”>

Sejak pertama kali ditemukan oleh Rudolf Diesel, mesin diesel memang diciptakan dengan efisiensi bahan bakar yang irit. Tingkat kompresi dan pembakaran yang lebih baik menjadi kuncinya. Ada banyak keuntungan ketika memiliki mobil bermesin diesel. Tidak hanya efisien tapi juga torsi yang lebih besar membuat akselerasi mobil lebih cepat.

Terlebih bila mobil tersebut model SUV seperti Toyota Fortuner. Bila sering melewati jalanan yang rusak atau medan berat, maka mesin diesel bisa sebagai solusinya. Namun ada banyak faktor mengapa mesin diesel bisa lebih efisien. Tentu akan semakin lebih baik hasilnya bila diikuti gaya mengemudi hemat (eco-driving).

Torsi Besar

Mesin diesel modern saat ini terbantu dengan teknologi turbo yang membuat torsi semakin besar

Salah satu faktor yang membuat mesin diesel bisa efisien adalah torsi yang besar dibandingkan mesin bensin. Ini karena pada putaran bawah (RPM) atau mobil mulai melaju, pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam karena mobil sudah melaju cukup cepat. Terlebih saat berkendara dalam kota, dalam kecepatan rendah bisa menjadi keuntungan.

Sistem Pembakaran Mesin

Sistem pembakaran pada mesin diesel lebih sederhana dari mesin bensin karena tidak menggunakan busi

Mesin diesel juga mempunyai mekanisme yang sederhana dalam sistem pembakaran di ruang mesin. Ketiadaan sistem pengapian pada mesin tidak hanya membuat mesin bekerja lebih sederhana tapi juga mengurangi risiko pembakaran yang tidak tepat atau sia-sia karena kerusakan sistem pengapian. Sehingga dalam sistem pembakaran bahan bakar yang singkat tersebut menghasilkan efisiensi yang lebih baik.

Bahan Bakar

Kandungan hydrocarbon pada bahan bakar mesin diesel membuat mesin jadi lebih bertenaga

Selain dari faktor mesin, bahan bakar solar yang digunakan untuk diesel juga punya peran. Bahan bakar mesin diesel ternyata mengandung lebih banyak hydrocarbon. Ini membuat sumber energi untuk mesin diesel mampu menghasilkan energi lebih besar saat masuk ke dalam ruang pembakaran mesin.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa bahan bakar solar mempunyai kepadatan energi lebih tinggi yang mempunyai dampak ledakan lebih besar dalam ruang mesin. Tentunya ini tidak terlepas dari kualitas bahan bakar yang dijual di beberapa negara dengan angka cetane yang tinggi.

Rasio Kompresi

Mesin diesel umumnya dipakai untuk mobil-mobil berbadan besar seperti Big SUV

Rasio kompresi mesin diesel umumnya lebih tinggi karena udara (gas) di dalam silinder mesin terbakar secara terpisah dengan bahan bakar. Hal ini membuat kompresi mesin menjadi lebih tinggi. Berbeda dengan mesin bensin dimana udara dan bahan bakar tercampur di dalam silinder. Akibat dari kompresi yang tinggi memberikan panas yang lebih tinggi dan torsi secara simultan lebih besar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”