Bingung Memilih Coworking Space? 5 Tips Ini Bisa Membantumu

ulinulin.com – Banyak orang yang memilih bekerja dari coworking space karena suasananya yang berbeda dengan bekerja di kantor pada umumnya. Namun, ada tips tersendiri untuk memilih coworking space yang tepat untuk kebutuhan kerjamu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk bekerja dari coworking space. Mulai dari harga, lokasi, hingga fasilitasnya.

Yuk, cari tahu apa saja aspek-aspek apa saja yang perlu dipertimbangkan agar kamu bisa memilih coworking space yang tepat untuk bekerja!

1. Pertimbangkan lokasi

Menurut Deskmag, tips pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memilih coworking space adalah mempertimbangkan lokasinya.

Lokasi coworking space dapat menjadi faktor besar dalam seberapa besar nilai yang kamu dapatkan dari keanggotaan coworking space.

Terletak di lingkungan bergengsi dapat menarik klien yang potensial. Berdekatan dengan tempat makan hingga halte bus atau stasiun juga bisa menjadi nilai tambah yan bisa kamu pertimbangkan.

Lokasi yang dekat dengan tempat tinggalmu juga dapat menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih coworking space.

Semakin dekat lokasi coworking space dengan tempat tinggalmu, semakin sedikit biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan.

2. Pilih biaya berlangganan yang sesuai budget

© Freepik.com

Setiap coworking space memiliki pilihan paket berlangganan yang berbeda-beda. Mulai dari per hari, per bulan, hingga per tahun.

Tentunya, paket berlangganan tersebut memiliki harga yang variatif.

Tips selanjutnya ketika memilih coworking space tentunya dengan memilih biaya langganan yang sesuai dengan budget kamu.

Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan penjelasan yang lengkap mengenai biaya langganan dari pengelola coworking space.

Setiap biaya langganan biasanya mendapatkan akses fasilitas yang berbeda-beda-beda. Jadi, pastikan kamu mendapatkan keterangan yang lengkap.

Pastikan juga apakah biaya langganan tersebut sudah mencakup biaya semua fasilitas yang akan kamu gunakan atau tidak.

Jangan sampai, kamu terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tertentu.

3. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan

Setiap coworking space menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Umumnya, coworking space menawarkan fasilitas esensial seperti meja kerja, ruang rapat, jaringan internet, serta listrik.

Namun, banyak coworking space juga menawarkan berbagai fasilitas seperti ruangan khusus untuk teleconference, layanan printer, hingga katering.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, tidak jarang pengelola coworking menawarkan program pengembangan diri dan karier sebagai salah satu fasilitas yang ditawarkannya.

Mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan bisa menjadi salah satu tips memilih coworking space yang sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Perhatikan desain area kerja di coworking space

© Unsplash.com

Setiap coworking space memiliki desain kreatif dan lingkungan yang unik.

Menurut The Other Work Space, saat ini banyak coworking space yang menerapkan desain yang aestetik untuk menarik minat pengguna

Namun, desain yang diterapkan tidak selalu menghasilkan pengalaman pengguna yang diharapkan. Untuk itu, pastikan area kerja kamu yang sebenarnya, tempat yang akan kamu gunakan, sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips memilih coworking space dengan desain area kerja yang telat adalah dengan memperhatikan desain meja kerjanya.

Pastikan meja kerja yang akan kamu gunakan dapat menopang badanmu dan tidak menyebabkan badanmu sakit.

5. Cari tahu apakah ada komunitas pengguna coworking space tersebut

Biasanya, setiap coworking space memiliki komunitas penggunanya tersendiri. Komunitas ini akan memberikan banyak manfaat untukmu.

Mulai dari koneksi, berbagi ilmu, hingga kesempatan untuk mengembangkan karier, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika bergabung dengan komunitas seperti ini.

Bergabung dengan komunitas juga akan memberikanmu beberapa kemudahan untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang dikhususkan pengelola coworking space untuk anggota komunitas.

Komunitas seperti ini juga biasanya akan mengadakan berbagai acara yang bermanfaat untuk pengembangan diri dan karier kamu.

Jadi, bergabung dengan komunitas bisa menjadi tips yang efektif ketika memilih coworking space.

Mempertimbangkan hal-hal di atas akan memudahkanmu dalam memilih coworking space yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain lima hal di atas, menurutmu aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan jika kamu ingin bekerja dari coworking space?

Yuk, diskusikan pendapatmu melalui Glints Komunitas.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab tempat kamu bisa bertanya dan berdiskusi seputar dunia kerja dengan para profesional dan pengguna Glints lainnya.

Apakah kamu tertarik berdiskusi di Glints Komunitas? Yuk, daftar di sini sekarang dan mulai berdiskusi!

Sumber

    5 Factors to Consider When Choosing a Coworking Space

    8 Factors You Must Consider When Choosing A Coworking Space

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”