Bisa Mencegah Jerawat, Inilah Manfaat Azelaic Acid untuk Kulit

ulinulin.com – Semakin ramainya persaingan produk perawatan kulit, sepertinya kita harus mulai selektif saat memilih. Pasalnya kini para produsen kosmetik dan skincare makin gencar mengeluarkan berbagai macam produk untuk mengatasi masalah kulit.

Salah satu yang paling laris, tentu saja produk-produk yang dapat mengatasi masalah jerawat di kulit. Bagi para pejuang jerawat sepertinya sudah tidak asing lagi dengan kandungan azelaic acid di berbagai macam produk skincare.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya azelaic acid memang dikenal sebagai salah satu senyawa dengan sifat anti bakterinya. Tapi kemampuan azelaic acid tidak hanya itu saja lho, pasalnya senyawa ini memiliki banyak manfaat lain yang bisa menyehatkan kulit.

Sebelum kita mencari tahu manfaatnya, sepertinya kita wajib untuk mengetahui apa sih azelaic acid ini? Makanya jangan sampai ketinggalan, kamu bisa mencari tahu informasi lebih lengkapnya hanya di Kamini.

Apa Itu Azelaic Acid?

Tidak lengkap rasanya jika kita mencari tahu manfaat dari azelaic acid tanpa mengenalnya terlebih dahulu. Dikutip dari Healthline, Azelaic acid adalah asam alami yang biasanya ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, barley, dan gandum hitam.

Bagi kebanyakan orang azelaic acid adalah salah satu bahan langganan berbagai macam produk kosmetik dan skincare untuk mengobati jerawat.

Kenapa bisa begitu? Jawabannya karena azelaic acid memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi, sehingga sangat efektif mengobati jerawat dan rosacea.

Pasalnya azelaic acid dapat membunuh dan mencegah bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh di dalam pori-pori. Selain itu, azelaic acid juga dapat mengobati peradangan dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari hingga radikal bebas.

Selain bisa didapatkan dari berbagai bahan alami, azelaic acid juga bisa didapatkan dalam bentuk rekayasa laboratorium.

Dikutip dari NBC News, sebagian besar azelaic acid topikal bisanya memakai formula dengan kekuatan konsentrasi 15 hingga 20 persen. Tapi dalam kadar yang lebih rendah, azelaic acid lebih baik digabungkan dengan bahan lainnya, agar hasilnya jadi lebih efektif dibanding sendiri.

Jenis Kulit Apa yang Cocok Memakai Azelaic Acid?

Sudah mengetahui mengenai apa itu azelaic acid, tidak lengkap rasanya jika tidak mencari tahu seberapa aman bahan ini untuk kulit.

Dikutip dari NBC News, dari banyak ahli medis yang ditanyai soal seberapa aman azelaic acid. Ternyata banyak yang mengatakan bahwa bahan ini “baik” digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi dan berminyak.

Pasalnya azelaic acid akan membantu mengatasi minyak berlebih, terutama untuk yang memiliki pori-pori besar.

Selain itu, bahan ini juga cocok untuk kulit yang tidak terlalu sensitif serta untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Tapi ada catatan penting yang harus di ingat, harus sesuai dengan saran dokter karena beberapa orang memiliki reaksi yang berbeda pada azelaic acid.

Alasannya karena untuk beberapa ibu menyusui dan ibu hamil, azelaic acid menjadi salah satu topikal yang efektif untuk melawan jerawat dan melasma.

Perlu diingat azelaic acid masih berada di kategori B, jadi memiliki resiko untuk ibu hamil dan menyusui, jika pemakaiannya tanpa saran dokter kandungan. Selain itu, azelaic acid juga dilarang untuk pemilik kulit sensitif, karena bisa menyebabkan alergi dan iritasi.

Manfaat Azelaic Acid untuk Kulit

Kalau dilihat dari penjelasan di atas, sepertinya azelaic acid memang salah satu kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Makanya sekarang kita akan mencari tahu manfaat yang bisa didapatkan dari azelaic acid. Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Melawan Jerawat dan Bekasnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, azelaic acid adalah salah satu kandungan yang ampuh banget untuk melawan jerawat.

Alasannya karena azelaic acid memiliki sifat anti bakteri, sehingga bakteri yang awalnya berkumpul dan tumbuh di pori-pori bisa dibasmi. Contohnya seperti bakteri propionibacterium acnes dan staphylococcus epidermidis yang bisa mendatangkan jerawat.

Kamu bisa mencari produk sabun wajah atau eksfoliasi dengan kandungan azelaic acid untuk mengangkat kotoran secara efektif.

Selain bisa mengatasi jerawat, azelaic acid juga bisa merangsang proses regenerasi sel. Sehingga jika digunakan secara teratur, azelaic acid dapat menyamarkan noda bekas jerawat secara lebih maksimal di wajahmu.

2. Mengatasi Hiperpigmentasi

Memiliki bercak hitam di area wajah? Sepertinya kamu terkena yang namanya hiperpigmentasi. Fyi, hiperpigmentasi adalah kondisi yang terjadi ketika kulit memproduksi melanin terlalu banyak.

Hal ini bukanlah sesuatu yang baik, malahan hal ini akan membuat kulit wajah jadi rusak lho. Pasalnya gangguan hiperpigmentasi akan membuat penampilanmu jadi kurang maksimal.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memakai produk perawatan kulit berkandungan azelaic acid.

Alasannya karena azelaic acid akan menghentikan produksi melanin di skin barrier, alhasil sel kulit tidak akan berubah warna sehingga warna kulit yang tidak merata tidak akan menjadi salah satu hal yang mengganggu penampilan lagi.

3. Mengatasi Rosacea

Meski sekilas mirip, ternyata gangguan kulit merah dan memiliki bintik di area wajah bukanlah jerawat lho. Sepertinya kamu tengah mengalami rosacea, yaitu gangguan kulit yang bisa membuat kulit wajah menebal dan membuat pembuluh darah membengkak.