Bisa Mencerahkan Kulit, Ini Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

ulinulin.com – Bagi para perempuan yang sering melakukan perawatan kulit, pasti sudah terbiasa berhadapan dengan nama-nama bahan aktif.

Seperti yang diketahui, tidak semua bahan aktif cocok untuk berbagai jenis kulit dan bisa membuat kulit jadi sehat. Berbicara soal bahan aktif dalam skincare, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya alpha arbutin.

Senyawa yang biasanya terdapat dari ekstrak buah-buahan ini, mamang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit.

Makanya alpha arbutin biasanya banyak digunakan untuk serum, moisturizer hingga sleeping mask. Tapi apakah manfaat alpha arbutin hanya itu saja? Sepertinya masih banyak yang belum kita tahu soal senyawa satu ini.

Makanya kali ini Kamini akan membahas lebih dalam lagi mengenai apa itu alpha arbutin dan manfaatnya. Sudah pada penasaran? Jangan sampai terlewatkan, kamu bisa menemukan jawaban lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Alpha Arbutin?

Dikutip dari Get Healthy Skin, alpha arbutin adalah senyawa yang biasanya didapatkan dari ekstrak tanaman dan buah-buahan. Sebut saja buah bearberry, blueberry, dan cranberry, yang sering menjadi bahan utama untuk berbagai produk perawatan kulit.

Alpha arbutin sudah jadi salah satu bahan wajib untuk berbagai produk skincare, karena senyawa ini yang ternyata turunan dari hydroquinon.

Makanya alpha arbutin dikenal sebagai salah satu bahan pencerah kulit yang juga ampuh untuk memudarkan bekas luka akibat jerawat.

Banyak dokter kecantikan yang merekomendasikan alpha arbutin dalam produk perawatan wajah sebagai agen pencerah kulit topikal. Pasalnya senyawa ini sangat berguna untuk mengobati hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari pada kulit.

Dengan penggunaan teratur, alpha arbutin secara efektif dapat mengembalikan pigmen warna kulit secara merata.

Alpha arbutin sendiri diketahui sebagai senyawa yang cenderung tidak keras ketika digunakan ke kulit. Sehingga senyawa ini bisa cocok untuk semua jenis kulit, termasuk untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang sensitif.

Pada umumnya memakai skincare berkandungan alpha arbutin memang aman, tapi tetap saja tidak boleh sembarangan.

Meski Alpha arbutin aman digunakan secara topikal, tapi konsentrasi yang boleh digunakan maksimal dua persen. Pasalnya ada beberapa kasus orang mengalami kulit kering hingga iritasi, setelah memakai skincare berkandungan alpha arbutin.

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Sudah tahukan pengertian dari alpha arbutin? Sekarang waktunya untuk akan mencari tahu mengenai manfaatnya.

Pasalnya kebanyakan orang hanya mengetahui alpha arbutin bermanfaat untuk mencerahkan kulit saja. Daripada penasaran, kamu bisa membaca informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Manfaat pertama dari alpha arbutin yang akan kita bahas adalah mengatasi masalah hiperpigmentasi. Sediki informasi, hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang ciri-cirinya seperti bercak putih pada area kulit.

Secara singkat, hiperpigmentasi bisa dikatakan sebagai fenomena warna kulit yang tidak merata yang terjadi secara alami.

Hal ini dikarenakan kulit mengalami kelebihan zat pigmen (melanin), sehingga muncul tanda-tanda seperti bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Alpha arbutin adalah cosmeceutical yang bekerja untuk memudarkan berbagai macam tanda-tanda hiperpigmentasi. Lalu bagaimana cara kerjanya? Alpha arbutin akan menghentikan produksi melanin berlebihan di kulit.

Jika produksi melanin semakin sedikit, maka flek hitam akan memudar dan membuat kulit lebih cerah secara merata.

Dikutip dari Jurnal Sociolla, hanya dalam 12 hari saja penggunaan alpha arbutin ke kulit sudah bisa mengatasi banyak masalah. Makanya tidak aneh jika banyak produsen perawatan kulit yang memakai alpha arbutin sebagai kandungan zat aktif yang wajib.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat

Salah satu hal yang bikin tidak percaya diri saat pergi keluar rumah, tentu saja ketika terdapat banyak noda bekas jerawat di wajah.

Memang masalah ini bisa teratasi dengan memakai makeup, tapi agak melelahkan juga jika harus memakai concealer tiap akan keluar rumah. Makanya banyak orang yang mencari berbagai macam produk skincare, yang bisa menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat.

Inilah manfaat lain yang bisa didapatkan dari alpha arbutin, senyawa ini disebut-sebut sangat ampuh memudarkan bekas jerawat.

Cara kerjanya juga tidak berbeda dengan cara mengatasi hiperpigmentasi, alpha arbutin akan menghambat produksi melanin di kulit. Sehingga bahan aktif ini bisa bekerja untuk mengembalikan pigmen kulit kembali seperti semula.

Memang alpha arbutin adalah turunan dari hydroquinon, tapi zat ini jauh lebih ringan. Makanya alpha arbutin cukup aman untuk digunakan meski kulit sedang meradang karena jerawat.

Selain itu, kamu bisa mencari skincare berbahan alpha arbutin dan niacinamide, untuk mengurangi masalah iritasi. Pasalnya kedua bahan aktif ini memiliki sifat anti inflamasi dan memproduksi kolagen untuk peremajaan kulit.

3. Mencerahkan Kulit

Memiliki masalah kulit kusam, sepertinya sudah bukan lagi hal yang aneh bagi banyak perempuan. Dengan cuaca Indonesia yang terasa lebih panas belakangan ini, tek heran jika kulit beresiko untuk terkena dehidrasi.

Pasalnya ketika kulit kehilangan kelembaban, saat itu juga kulit wajah akan langsung terlihat kehilangan cahaya alaminya.