Bisa Muncul di Usia Remaja, Ini Cara Mencegah dan Atasi Stretch Marks

ulinulin.com – Ilustrasi. (Source: Shutterstock)

Dream – Stretch marks identik dengan tanda kemerahan atau keputihan di kulit akibat kehamilan maupun kenaikan berat badan berlebih. Meski begitu, stretch marks tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa. Pasalnya, beberapa penyebab stretch marks bisa terjadi di usia remaja.

Di antaranya adalah peningkatan atau penurunan berat badan drastis, faktor genetik, kondisi medis tertentu, serta pemakaian produk yang mengandung steroid. Stretch marks yang disebabkan oleh peregangan kulit juga bisa muncul di berbagai area tubuh. Mulai dari perut, paha, ketiak, di depan dan belakang lutut, betis, bokong, serta punggung.

Pada ibu hamil, stretch marks biasa muncul di area perut, paha, atau payudara. Sementara pada remaja, stretch marks bisa muncul di berbagai area kulit. Terutama, ketika pertumbuhan dan perkembangannya cukup pesat serta tidak dibarengi dengan perawatan kulit secara rutin.

© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Dokter Kulit, Melyawati Hermawan, menyarankan pemakaian minyak atau pelembap di seluruh area kulit untuk mencegah dan mengatasi munculnya stretch marks sejak remaja.

” Sekitar usia 11-12 tahun biasanya mulai banyak muncul tanda kemerahan yang bisa jadi merupakan stretch marks. Kalau tidak dikasih air atau minyak, kulit akan mudah retak atau pecah dan jadi stretch marks. Makanya, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit,” ujar Melyawati dalam acara peluncuran Bio-Oil Skincare Oil (Natural) 125ml di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Kamis 15 September 2022.

Pemakaian pelembap atau minyak tertentu akan membuat kulit lebih elastis. Sehingga, kulit akan lebih mudah mengikuti berat badan dan bentuk tubuh serta mampu mencegah stretch marks.

Tentunya, terdapat berbagai upaya lainnya yang harus dilakukan untuk mencegah stretch marks secara maksimal. Mulai dari mengurangi paparan AC, menggunakan tabir surya dengan tepat, menghindari polusi dan pemakaian produk yang mengandung bahan iritan, minum air putih cukup, mandi menggunakan air bersuhu maksimal 36 derajat, hingga menjalani pola hidup sehat.

Adapun teknik pemakaian pelembap dan minyak pada tubuh disarankan segera setelah mandi agar bisa mengunci kelembapan secara ekstra. Tapi, pastikan kulitmu benar-benar kering terlebih dulu dengan menepuk-nepuk handuk lembut pada kulit hingga sisa air terserap. Lalu, gunakan pelembap dan minyak secukupnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”