Bisa Tahan Lama, Inilah 5 Cara Meningkatkan Usia Pakai Ban

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/30/6kDubyiR/tsregbgtrreqjh3k3hbf-e539.jpeg”>

Tekanan angin pada ban merupakan faktor utama untuk memperpanjang usia pakai ban. Setiap pabrikan mobil telah menetapkan standar tekanan angin yang bisa diaplikasikan pada ban sesuai dengan kebutuhan serta beban setiap mobil yang berbeda-beda. Lakukan pemeriksaan tekanan angin minimal seminggu sekali agar tetap aman dan nyaman. Tekanan angin yang tepat akan meningkatkan stabilitas berkendara, meningkatkan efisiensi serta tetap aman saat bermanuver.

Ban yang sering kekurangan tekanan angin bisa merusak dan memperpendek usia ban

Tidak hanya tekanan angin, untuk menjaga kesehatan ban lakukan balancing secara periodik. Idealnya, balancing dilakukan setiap setahun sekali atau setiap 10.000 Km agar mobil tetap seimbang dan ban tetap terawat.

Satu hal yang juga tidak boleh diacuhkan adalah kebersihan ban dari batu kerikil. Saat melalui jalan bebatuan, segera bersihkan kerikil pada sela-sela ban. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran serta keausan pada ban. Sehingga ban akan lebih awet.

Batu kerikil yang menempel pada celah tapak ban bisa mempercepat kerusakan dan memperpendek usia ban

Tidak kalah penting yang harus dilakukan untuk merawat ban adalah merotasinya. Dengan merotasi ban maka usia ban bisa merata. Anda bisa melakukan rotas ini setiap 10.000 Km sehingga tidak perlu setiap bulan.

Adapun untuk melakukan rotasi bisa dilakukan secara horizontal maupun diagonal. Tidak hanya memperpanjang usia ban tapi juga meningkatkan efisiensi dan membuat ban lebih terawat.

Setiap mobil mempunyai perbedaan roda penggerak, lakukan rotasi agar ban tidak cepat aus

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia ban adalah segera memperbaiki ban yang kempis. Ketika ban dalam kondisi kurang angin, segera cek untuk menghindari kerusakan yang semakin parah. Karena ketika lapisan ban rusak parah seperti sobek, maka Anda lebih baik menggantinya dengan yang baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”