Bisa Terbuka Sendiri, Prototipe Pintu Mobilitas Jaguar Land Rover Permudah Penyandang Disabilitas

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/20/Ay6TmsFs/jaguar-land-rover-mobility-door-prototype-1-7145.jpg”>

Prototipe pintu mobilitas, yang bisa dibuka juga dengan kontrol gerakan, menggunakan sensor gerak dan teknologi entri tanpa kunci yang ada untuk mendeteksi pengemudi ketika mereka mendekati kendaraan. Mobil yang digunakan dalam pengujian ini adalah sebuah Range Rover Sport.

Proyek yang sudah dikerjakan selama enam bulan ini disebut akan digunakan untuk produk masa depan Jaguar Land Rover (JLR). Perusahaan asal Coventry, Inggris, ini mengibaratkan fitur baru sebagai ‘valet tak terlihat’, dan menegaskan bahwa teknologi ini digunakan untuk membantu penyandang disabilitas yang menggunakan mobil sebagai moda transportasi utama mereka.

Teknologi pintu mobilitas digunakan untuk mempermudah pengemudi

Dalam survey yang dilakukan oleh JLR mengungkapkan bahwa sebanyak sepertiga penyandang disabilitas yang menggunakan mobil mengatakan bahwa mereka menghadapi kesulitan praktis dalam pemakaian sehari-hari mereka. Tidak hanya itu, teknologi ini juga akan menguntungkan pengemudi yang membawa kursi anak atau barang-barang besar lainnya yang tidak memiliki tangan yang bebas untuk membuka pintu.

Prototipe pintu mobilitas akan menutup melalui tombol overhead untuk membuat penumpang tidak perlu lagi menjangkau untuk menutup pintu. Status setiap pintu, apakah masih terbuka atau sudah tertutup, bisa dilihat pada sistem infotainment mobil. Sedangkan sensor radar pada pintu pengemudi mendeteksi tiang atau halangan lainnya untuk membuat pintu tidak terbuka ketika ada benda-benda di sekitar mobil.

“Teknologi Jaguar Land Rover yang inovatif ini akan sangat bermanfaat bagi saya dan memiliki kekuatan nyata untuk mengubah kehidupan bagi mereka yang menghadapi masalah masuk dan keluar dari mobil,” kata mantan pelaut dan atlet Invictus Games Mark Ormrod, yang membantu Jaguar Land Rover menguji teknologi baru.

Teknologi ini mempermudah penyandang disabilitas menggunakan mobil

“Membuka dan menutup pintu mobil mungkin tampak seperti tugas yang tidak berarti bagi banyak orang, tetapi kadang-kadang itu adalah rintangan kecil sehari-hari yang orang-orang anggap remeh yang paling membuat frustasi bagi mereka yang hidup dengan disabilitas,” lanjutnya.

“Prototipe pintu mobilitas adalah bagian teknologi yang menarik yang menawarkan nilai dunia nyata kepada pelanggan kami,” kata Xu Zhou, manajer riset teknis belajar mendalam di Jaguar Land Rover. “Ada juga sesuatu yang sangat ramah tentang pintu yang membuka pendekatan Anda – sesuatu yang kami pikir akan sangat dihargai karena kami menjadi lebih akrab dengan mobilitas bersama.”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”