Bisakah Beli Tiket Kebun Raya Bogor Langsung Tanpa Online?

ulinulin.com – Salah satu wisata alam murah meriah yang edukatif sekaligus menyenangkan bisa ditemukan di Kebun Raya Bogor , Jawa Barat.

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Jam bukanya setiap Senin-Minggu, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Memiliki luas mencapai 87 hektare dan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, setiap sudut kebun ini bisa menjadi tempat bersantai yang instagramable.

Jika ingin berkunjung, wisatawan bisa membeli tiket secara offline (langsung di tempat) maupun online.

“Bisa dibeli langsung tapi kami tetap mengarahkan melalui website kebun raya yaitu ,” ujar Humas Kebun Raya Bogor bernama Clara, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Ia menambahkan, pembelian tiket secara langsung bisa dilakukan di pintu loket melalui pintu 3 dan pintu 1.

Sebagai informasi, kata Clara, selama pandemi Covid-19 sebenarnya tiket masuk Kebun Raya Bogor juga bisa dibeli secara langsung. Namun, saat itu wisatawan sangat dianjurkan membeli tiket online untuk menyesuaikan kuota kunjungan.

Adapun untuk saat ini, kuota rata-rata pengunjung yang datang pada hari biaya (weekdays) adalah 2.000 hingga 2.500 orang per hari. Sementara, saat akhir pekan (weekend) mencapai 5.000 orang per hari.

“Karena pengunjung ada yang masuk dan ada yang keluar, jadi enggak ada yang enggak boleh masuk. Semua bisa masuk karena waktu kunjungan berbeda-beda,” tutur Clara.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket Kebun Raya Bogor untuk perorangan bervariasi tergantung waktu kunjungan. Pada hari biasa (weekdays), harganya mulai Rp 16.500 bagi warga negara Indonesia (WNI) dan mulai Rp 16.500 bagi warga negara asing (WNA).

Sementara itu, pada akhir pekan dan hari libur, harganya mulai Rp 26.000 bagi WNI dan mulai Rp 26.500 bagi WNA.

Adapun tarif masuk mobil atau kendaraan roda empat pada hari biasa mulai dari Rp 50.000, tarif masuk motor atau kendaraan roda dua mulai dari Rp 5.000, dan tarif masuk sepeda pada akhir pekan mulai dari 20.000.

Perlu diketahui, tidak ada batasan usia pengunjung yang diizinkan masuk Kebun Raya Bogor. Adapun untuk anak-anak dengan tinggi 80 cm sudah harus membeli tiket masuk.

“Pengunjung yang masuk ke Kebun Raya Bogor harus sudah minimal vaksin dua dosis, dan memindai aplikasi PeduliLindungi,” pungkasnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”