BMW Stop Produksi Mesin V12 Tahun Ini, akan Ada Edisi Spesial

ulinulin.com – MUNICH – Masa depan mesin berkapasitas besar memang bisa dibilang tidak akan berlangsung lama. Tapi tetap sedih mengetahui ketika telah ditentukan kapan waktunya tiba. Baru-baru ini, BMW mengumumkan produksi untuk mesin V12 akan berakhir pada tahun ini. Berakhirnya produksi V12 juga akan ditandai dengan model edisi khusus.

Seiring waktu beberapa tahun belakangan, mesin-mesin berkapasitas besar seperti V12, V8, terutama V10 semakin langka diproduksi oleh pabrikan. Alasan utamanya tentu pada tuntutan emisi yang semakin ketat dan beralihnya fokus bisnis pabrikan ke segmen elektrifikasi. Umumnya hal ini terjadi pada pabrikan mainstream dengan kapasitas produksi yang terbilang besar.

Mesin V12 terakhir yang akan BMW produksi adalah yang berkapasitas 6.6 liter twin-turbo, yang dipakai di model M760Li. Dijadwalkan varian tertinggi dari BMW Seri 7 itu akan diproduksi terakhir kalinya pada musim panas tahun ini, tepatnya di bulan Juni 2022. Varian ini akan diproduksi sebagai edisi khusus dengan jumlah terbatas juga.

Varian Seri 7 yang saat ini hanya dipasarkan di Amerika Serikat itu akan dapat sentuhan khusus di akhir masanya. Dilansir oleh CarThrottle, M760Li dengan edisi yang disebut The Final V12 itu akan dapat velg eksklusif 20 inci dengan laburan waran Window Grey atau Jet Black. Opsi warna ini konon tidak tersedia di varian Seri 7 lainnya, meski dengan opsi personalisasi Individual.

Lebih lanjut, sentuhan istimewa emblem V12 yang lebih menonjol dan sederhana di bagian belakang. Setiap sisi pintu pun akan diberi emblem senada, menyusul cover mesin yang tampil spesial dengan tulisan The Final V12. Tidak hanya di luar, bagian interior akan mendapat sentuhan Individual dengan plakat khusus bertuliskan ‘1 of 12’. Artinya hanya 12 unit M760Li The Final V12 akan dibuat.

Mesin V12 6.6 liter TwinPower Turbo sebagai menu utamanya sendiri menyediakan paduan tenaga 609 hp di rentang 5.500 – 6.500 rpm dan torsi 800 Nm di 1.500 rpm. Dengan output tersebut dan penggerak all-wheel drive alias xDrive, M760Li sanggup berlari 0-100 km/jam dalam 3,7 detik menurut data klaim resmi BMW. Transmisinya mengandalkan sistem otomatis 8-percepatan.

Akan ada beberapa paket menarik juga yang BMW sajikan lewat The Final V12, mulai dari sistem hiburan yang didukung Bowers & Wilkins Diamond Surround Audio System. Kemudian ada juga Luxury Rear Seating Package dan Driving Assistance Professional Package. Setelah diproduksi, seluruh 12 unit M760Li The Final V12 akan dikirim ke setiap konsumen pada bulan Juli.

Tapi yang masih menjadi tanda tanya, apakah BMW akan menyudahi sepenuhnya produksi mesin V12 ini? Karena seperti diketahui Rolls-Royce yang ada di bawah naungan BMW Group juga menggunakan mesin V12 dengan varian 6.75 liter. Mesin ini adalah basis yang sama dengan kapasitas yang diperbesar khusus untuk seluruh line up Rolls-Royce.WAHYU HARIANTONO

Sumber: CarThrottle

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”