Bocoran Samsung Galaxy M54 5G Beredar, HP Menengah Pakai Chipset Flagship?

ulinulin.com – Samsung dilaporkan tengah mempersiapkan ponsel kelas menengahnya terbarunya dari lini M-series, yaitu Samsung Galaxy M54 5G. Perangkat ini konon merupakan penerus dari Galaxy M53 5G yang sudah lebih dulu dirilis pada April lalu.

Meskipun Galaxy M54 5G masih belum resmi dirilis, bocoran terkait spesifikasi dan desain dari ponsel ini sudah mulai berseliweran di dunia maya. Informasi bocoran tersebut disampaikan oleh YouTuber asal Vietnam di kanal YouTube-nya, The Pixel.

Dari sejumlah bocoran yang diberikan, terdapat satu hal yang cukup menarik perhatian. YouTuber tersebut mengatakan bahwa Galaxy M54 5G akan mengandalkan chipset kelas atas bikinan Qualcomm, yaitu Snapdragon 888.

Snapdragon 888 sendiri pertama kali dirilis pada akhir 2020 lalu dan menjadi andalan di berbagai ponsel flagship.

Apabila prediksi ini benar, ponsel tersebut bakal mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding pendahulunya, Galaxy M53 5G, yang diotaki oleh chipset MediaTek Dimensity 900.

Samsung, sejauh ini, menyematkan chipset kelas menengah untuk lini Galaxy-M. Seperti MediaTek Dimensity 900, Snapdragon 778G, dan Snapdragon 730 SoC ke sejumlah perangkat kelas menengahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari My Smart Price, Minggu (23/10/2022).

Sedangkan Snapdragon 888, yang sudah dirilis pada 2020, memiliki performa yang lebih unggul dan cepat dibandingkan ketiga seri chipset di atas.

Dari bocoran spesifikasi secara keseluruhan, Galaxy M54 5G tampaknya mengalami peningkatan di bagian performanya dan baterainya aja.

Samsung Galaxy M54 5G disebut akan memiliki layar AMOLED seluas 6,67 inci dengan menawarkan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Sementara Galaxy M53 5G, didukung refresh rate yang lebih tinggi, yakni 120 Hz.

Samsung Galaxy M54 5G konon akan dibekali kamera selfie yang beresolusi 32 MP. Sedangkan, konfigurasi kamera yang diprediksi terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 5 MP.

Untuk menunjang performanya, perangkat yang konon mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 888 ini bakal dipadankan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Galaxy M54 5G diprediksi memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAH yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 25 watt.

Jika prediksi ini akurat, baterai yang dimiliki lebih tinggi dibanding Galaxy M53 5G (baterai berkapasitas 5.000 mAH).

Sistem operasi yang dijalankan perangkat adalah Android 13 yang dilapisi tampilan antarmuka OneUI 5.0. Fitur pendukung lainnya terdiri dari Bluetooth 5.0, Wi-Fi 6E, GPS, USB-C, dan pemindai sidik jari (fingerprint).

Banderol harga dari produk ini diprediksi sekitar 10 juta Dong (rupiah Vietnam) atau setara dengan Rp 6,34 juta. Namun, perlu dicatat, harga dan spesifikasi di atas masih sebatas bocoran semata.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”