Bokir, Narapidana Bandar Narkoba yang Sempat Kabur dari Lapas Cipinang Ditangkap

ulinulin.com – Aditya Egatifyan (AE) alias Bokir, narapidana bandar narkoba yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur kembali ditangkap.

Pelarian napi yang tengah menjalani vonis 14 tahun itu akhirnya berakhir. Polisi berhasil meringkus Bokir di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Yang melarikan diri (Aditya Egatifyan alias Bokir) sudah ditangkap kembali,” ujar Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti dalam keterangannya, Selasa 1 November 2022.

Pelarian bokir dari jeruji besi hanya berlangsung dua hari. Dari keterangan Rika, Bokir diringkus polisi pada Senin 31 Oktober 2022, sekitar pukul 22.15 WIB.

Dia diciduk petugas yang bekerja sama dengan kepolisian di Gang Bedol, Pabuaran, Cibinong, Bogor.

“Ditangkap di daerah Cibinong Kerjasama Lapas Kelas 1 Cipinang dengan Polsek Cibinong,” kata Rika, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News.

Kini, Bokir telah kembali ditahan di Lapas Cipinang untuk menjalani sisa-sisa hukuman penjara yang dijalani.

Sebelumnya, Bokir berhasil melarikan diri dari Lapas Kelas I Cipinang pada Sabtu 29 Oktober 2022 dengan cara memanjat tembok. Aksi tersebut dilakukannya sore hari sehabis melaksanakan salat Maghrib.

Kepala Lapas Kelas I Cipinang , Tony Nainggolan menjelaskan diduga Bokir kabur dengan cara memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan pagar ornamesh menggunakan alat bantu sarung.

“Masih dalam pendalaman. Dugaan sementara dengan memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan memanjat pagar ornamesh dengan alat bantu sarung,” ujar Tony, dalam keterangannya di Jakarta Minggu 30 Oktober 2022.

Selain itu, Tony menyampaikan pihaknya sudah melaporkan kasus kaburnya tahanan bandar narkoba tersebut ke Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Reskrim Polsek Jatinegara untuk membantu penyelidikan.

“Dalam pencarian, kita bersama aparat kepolisian dan Babinsa,” kata Tony.***