Bukan Saudara Kembar Lagi, Ini Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz Generasi Terbaru

ulinulin.com – JAKARTA – Toyota resmi memisahkan Avanza dengan Veloz. Tak main-main, bahkan Toyota sampai rela memproduksi sendiri Veloz di pabrik TMMIN (Toyota Motors Manufacturing Indonesia) dan membiarkan Avanza tetap diproduksi oleh Daihatsu. Lantas seberapa istimewa Veloz dibanding Avanza? Apa yang membuat Toyota sampai harus memisahkan kedua saudara kembar ini?

Lihat keduanya dari depan, wajahnya jelas berbeda. Desain grille, lampu utama, bumper depan hingga kap mesinnya tak ada yang sama. Lampu utama keduanya memang sudah sama-sama LED. Tapi punya Veloz dibekali LED DRL (Daytime Running Light) sedangkan Avanza tidak.

Sampingnya, desain velg dan ukuran ban berbeda. Avanza 1.3 G memakai ban berukuran R15 sedangkan Avanza 1.5 G memakai ban berukuran R16. Sementara itu Veloz MT memakai ban berukuran R16 dan Veloz Q memakai ban berukuran R17. Lalu Veloz punya garnish chrome yang menyambung dari ujung lampu di depan sampai lampu belakang. Avanza tidak.

Bagian belakangnya jelas berbeda pula. Veloz punya full backdoor LED, lampu yang menghubungkan lampu kombinasi belakang sebelah kiri dengan kanan. Avanza tidak punya. Bumper belakangnya juga beda, karena Veloz dihiasi clading berwarna abu-abu yang membuatnya berkesan crossover. Nah pemilik Veloz juga bisa bangga, karena ada emblem Veloz ditulis besar di bawah logo Toyota.

Masuk kabin, rasanya kok ada yang beda. Desain dashboard sama, begitupun dengan lingkar kemudi. Ternyata di depan kursi penumpang Avanza ada kantung kecil. Veloz malah menutup lubang itu. Tapi Veloz menutupnya dengan material soft touch berwarna kontras yang memberi kesan mewah. Material kulit juga membungkus sebagian door trim dan sandaran tangan di depan hingga kabin belakang. Menariknya lagi, kabin Veloz dihiasi lampu iluminasi LED berpendar biru yang memberi kesan bernuansa high-tech nan modern.

Tidak berhenti sampai di situ, ada emblem Veloz menempel di dashboard. Kemudian jok Veloz juga punya motif yang berbeda. Bahkan jok Veloz dibungkus material kombinasi fabric dan kulit. Material kulit juga membungkus lingkar kemudi Veloz.

Duduk di kursi pengemudi, jangan kaget kalau Veloz punya digital spidometer dengan MID (Multi Information Display) TFT berukuran 7-inci. Jadi tak ada lagi jarum spidometer dan penunjuk rpm di cluster meter. Versi digital Veloz ini bisa digianti tema displaynya dalam beberapa pilihan. Avanza masih pakai jarum penunjuk kecepatan konvensional.

Pengaturan AC Avanza dan Veloz sama-sama sudah dibekali indikator digital. Tetapi punya Veloz sudah dengan fitur automatic dan desainnya berbeda karena pakai kenop putar modern. Lalu di atasnya, tertancap di tengah dashboard sistem multimedia. Untuk Veloz tertanam sistem multimedia layar sentuh berukuran 9-inci dengan konsktivitas smartphone dan fitur T-intouch yang di dalamnya berteknologi geofencing. Versi avanza ada dua, tipe 1.3E dibekali head unit audio 7-inci sedangkan varian G pakai head unit 9-inci. Tetapi punya Avanza G belum dibekali fitur T-intouch.

Pengaturan audio bisa diatur lewat lingkar kemudi. Bedanya kemudi Veloz menyediakan tombol pengaturan bluetooth telepnony, Avanza tidak. Lingkar kemudi Veloz juga memiliki tombol pergantian mode berkendara atau Drive Mode. Untungnya baik Avanza atau Veloz pengaturan kemudi sudah bisa dilakukan secara tilt dan telescopic.

Fitur lainnya seperti tombol Start-Stop dan colokan USB untuk mengecas baterai smartphone teresedia di keduanya. Tapi Veloz lebih istiimewa lagi. Karena Veloz punya banyak keunggulan yang tak dimiliki Avanza. Mulai dari wireless charger tray, electric parking brake dengan mode auto hold dan rear seat entertainment alias monitor atap untuk hiburan penumpang belakang selama perjalanan. Selebihnya sama, Kursi Avanza dan Veloz berupa fleksibilitas pelipatan kursi yang disebut couch mode.

Toyota Avanza ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1,3 liter dan 1,5 liter. Jelas performa yang 1,5 liter lebih memadai ketimbang 1,3 liter. Itu sebabnya, Veloz sebagai varian tertinggi kali ini hanya ditawarkan dalam pilihan mesin yang paling tinggi pula, yakni 1,5 liter. Mesinnya ini dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT (Contonuous Variable Transmission). Baik Veloz maupun Avanza bertransmisi CVT, keduanya dibekali dengan mode perpindahan gigi secara manual.

Fitur keselamatan menjadi salah satu daya tarik utama Toyota Avanza dan Veloz terbaru untuk bersaing dengan para rivalnya. Pasalnya baik Avanza dan Veloz kini sudah didukung fitur TSS (Toyota Safety Sense). Fitur keselamatan aktif yang dimiliki keduanya diantara, Pre-Collision Warning and Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Prevention hingga Front Departure Alert. Baik Avanza maupun Veloz tipe tertinggi sudah dibekali dengan seluruh fitur keselamatan aktif TSS tersebut.RIZKI SATRIA

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”