Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

ulinulin.com

Jika Anda melintas di beberapa ruas jalan tol yang ada di Indonesia, mungkin sering menemui bagian tengah jalan tol tersebut yang ditanami rumput. Hamparan rumput ini biasanya untuk memisahkan antara jalur A dan jalur B di jalan tol.

Hamparan rumput inilah yang dinamakan jalur hijau di tengah jalan tol. Ternyata, fungsi jalur hijau ini bukan sekedar untuk memperindah ruas jalan bebas hambatan tersebut. Ada fungsi utamanya lho!

1. Sebagai Pembatas Jalan

Jalur hijau ini berfungsi sebagai pembatas jalan

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan jalur hijau di tengah jalan tol sebenarnya merupakan pembatas jalan. “Pembatas jalan di tol ada yang menggunakan model barrier, ada yang pakai jalur hijau,” kata Jusri.

Jalur hijau inilah yang berfungsi sebagai pembatas jalan antara jalur yang satu dengan jalur yang lainnya. Dan sama seperti barrier, pembatas berupa hamparan rumput ini memang didesain lunak. Agar tidak menyebabkan kematian ketika ditabrak pengguna jalan.

2. Meminimalisir Kecelakaan

Diharapkan bisa meredam kendaraan agar tidak pindah jalur

Fungsi utama dari jalur hijau di tengah jalan tol kata Jusri, adalah untuk keselamatan pengguna jalan. Jalur ini biasanya terdiri atas hamparan rumput dan parit kecil yang tidak terlalu dalam. Fungsinya sebagai penyerap air saat hujan turun agar air tak mengenangi jalan.

Tapi fungsi yang utama adalah untuk menghentikan laju kendaraan supaya tidak terjadi kecelakaan. Dengan adanya median jalan yang lebih lunak, diharapkan mobil menyebrang ke arah jalur berlawanan bisa diminimalisir. Ini akibat mobil tersangkut di median jalur hijau di tengah jalan tol tersebut.

“Tapi banyak kasus kecelakaan dengan mobil menyebrang hingga ke jalur berlawanan tetap terjadi,” kata Jusri. Hal ini tentu sama nasibnya dengan barrier, yang kerap kali ditabrak oleh pengemudi yang menyebabkan mobil keluar dari jalur jalan. Hal ini bisa terjadi jika mobil melaju dengan kecepatan di atas batas maksimal yang ditentukan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”