Bukannya Awet, Ini 5 Kerusakan Jika Mobil Jarang Dipakai

ulinulin.com

Ada beberapa mitos yang menyebutkan kalau mobil jarang dipakai maka bisa lebih awet. Bahkan jika odometer mobil tersebut rendah akibat hanya sering disimpan juga akan membuat harga jualnya tinggi.

Mitos tersebut memang tidak salah, tapi juga tidak semuanya betul. Karena sebenarnya ada beberapa kerusakan yang bisa terjadi jika mobil jarang dipakai. Berikut lima diantaranya:

1. Aki

Aki bisa cepat soak kalau mobil jarang dipakai

Komponen paling cepat rusak kalau mobil jarang sekali digunakan adalah aki alias accu. Penyebabnya adalah si pemilik mobil jarang memanaskan mesin mobil tersebut. Logikanya, jika mobil digunakan setiap hari, maka mesin juga akan bekerja setiap hari. Sehingga tidak butuh waktu khusus untuk memanaskan mesin.

2. Oli

Tetap rutin ganti oli walau mobil jarang dipakai

Ini masih ada hubungannya dengan kebiasaan memanaskan mesin mobil. Jika tidak rajin dipanaskan, selain aki yang mudah soak, oli mesin juga bisa mengental. Kalau sudah seperti itu, tentu akan membuat kerusakan pada komponen mesin dibagian dalam. Jadi walau mobil jarang dipakai, sebaiknya selalu rutin ganti oli.

3. Rem

Rem bisa menempel di cakram

Bagian lain yang bisa rusak jika mobil tidak pernah dijalankan adalah rem, terutama rem parkir atau rem tangan. Karena jika rem tangan aktif terlalu lama, maka bagian rem akan menempel pada piringan rem. Jadi kalau menyimpan mobil dalam waktu lama, sebaiknya cukup ganjal dengan batu atau balok pada bagian roda depan dan belakang.

4. Wiper

Karet wiper akan mudah mengeras

Wiper menggunakan bahan dasar karet. Nah jika karet ini terkena panas dari kaca mobil atau karet berada dalam posisi diam untuk waktu yang lama, maka karet akan mengeras. Untuk menghindari hal ini sebaiknya ganjal karet wiper dengan busa sehingga karet tidak langsung bersentuhan dengan kaca mobil

5. Ban

Karet ban juga mudah mengeras

Sama seperti wiper, ban juga terbuat dari karet yang memiliki risiko akan mengeras jika tidak digunakan dalam waktu lama. Untuk mengatasi hal ini sebagian pemilik mobil menyiasatinya dengan mencopot roda dan mendongkrak mobil. Nyatanya, hal itu malah akan menimbulkan masalah pada bagian suspensi mobil. Suspensi bisa cepat rusak karena menahan beban dari dongkrak mobil akibat mobil jarang dipakai.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”