Bukit Candi Lawang Saketeng, Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian di Majalengka

ulinulin.com – Apakah Anda pernah mendengar Bukit Candi Lawang Saketeng? Bukit cantik ini merupakan salah satu destinasi wisata yang hits di Majalengka, Jawa Barat. Sangat cocok untuk Anda yang kangen dengan pemandangan hijau dan perbukitan. Tempat wisata ini juga banyak direkomendasikan untuk para traveller yang hobi hiking gunung atau bukit.

Bisa langsung dibayangkan bahwa wisata alam ini berada di ketinggian. Pengunjung akan disuguhi dengan panorama bukit dan terasering. Lokasi di sekitar bukit ini merupakan lahan perkebunan bawang yang dibuat dengan berundak-undak. Menyajikan pemandangan spektakuler dari puncak bukit.

Latar pemandangan yang kece membuat tempat ini ramai terutama oleh wisatawan yang sedang hunting lokasi foto yang instagramable. Wisatawan dapat naik ke sebuah panggung yang dibuat sebagai tempat untuk wisatawan menikmati pemandangan dengan lebih nyaman. Namun tenang saja, ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Lawang Saketeng.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Candi Lawang Saketeng

1. Pemandangan perbukitan

View cantik yang tersaji di Bukit Candi Lawang Saketeng membuat banyak wisatawan datang, tidak hanya dari Majalengka tetapi dari luar daerah. Panorama hijau yang menyegarkan mata akan membuat takjub setiap mata yang memandangnya.

Perbukitan di tempat ini merupakan perkebunan bawang milik warga sekitar. Kebun bawang dibuat terasering dengan tanaman bawah yang tumbuh rapi mengikuti pola bedengan yang dibuat petani. Dari kejauhan, tanaman-tanaman bawang ini membentuk barisan-barisan yang begitu estetis.

Pada saat musim tertentu, tanaman bawang tumbuh subur dan hijau memberikan panorama yang indah untuk dipandang. Nuansa perkebunan yang asri menghiasi pemandangan alam di sini.

2. Spot foto

Sebuah papan pandang yang dibangun dengan pagar menjadi salah satu spot foto menarik di Lawang Saketeng. Pengunjung bisa naik ke atas untuk hunting foto yang bagus dan estetik. Panggung ini memang dibangun di lokasi yang sangat pas untuk pengunjung mendapatkan view terbaik di bukit ini.

Adanya gardu pandang ini juga sangat membantu wisatawan untuk menikmati pemandangan dengan lebih nyaman dan aman. Selain panggung ini, ada spot foto lain yang bisa Anda temukan yakni rumah segitiga.

Bangunan unik yang ini bisa menjadi spot alternatif untuk Anda yang ingin foto prewedding atau foto untuk Instagram. Namun lokasi spot foto ini memang lebih tinggi dari gardu pandang. Wisatawan perlu mendaki lagi untuk sampai ke rumah segitiga.

3. Tempat nyaman dan bersih

Mungkin beberapa orang menggambarkan wisata alam sebagai tempat yang liar dan tidak nyaman. Namun berbeda di Bukit Candi Lawang Saketeng yang menawarkan destinasi wisata alam dengan pengelolaan yang cukup baik.

Wisatawan dapat melihat fasilitas-fasilitas di tempat ini yang ditata rapi dan bersih. Jadi liburan akan lebih nyaman dan menyenangkan tanpa perlu khawatir kotor-kotoran. Udara di ketinggian ini pun begitu segar dan jauh dari polusi.

Beberapa pepohonan rindang di sekitar tempat ini sedikit memberikan keteduhan untuk para pengunjung. Cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman di akhir pekan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Bukit Candi Lawang Saketeng sangat mudah untuk ditemukan dan Anda bisa memanfaatkan google map. Berada di Kabupaten Majalengka di kawasan perbukitan Desa Sukasari, Jawa Barat. Wisatawan yang datang dari pusat Kota Majalengka membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk mencapai lokasi bukit.

Perjalanan menuju kawasan wisata alam ini berupa jalan yang cukup menanjak. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan dapat lebih mudah mengakses kawasan ini menggunakan kendaraan roda dua karena jalan aspal di sekitar bukit yang tidak terlalu lebar.

Siapkan stamina yang fit untuk naik ke tempat wisata ini. Pastikan sepeda motor yang Anda gunakan memiliki performa yang bagus untuk melewati tanjakan.

Tempat wisata bukit candi ini sebenarnya juga bisa diakses dengan mobil. Namun Anda harus siap untuk terjebak macet, terutama saat libur panjang dengan banyak wisatawan yang datang. Mobil harus bergantian untuk melewati salah satu titik jalan yang hanya bisa dilewati satu mobil.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket masuk terjangkau hanya Rp 5.000-, untuk setiap pengunjung. Namun untuk wisatawan yang datang pada hari libur nasional maupun akhir pekan akan dikenai tiket masuk kurang lebih Rp 20.000,- untuk sekali masuk.

Retribusi parkir untuk wisatawan Bukit Candi Lawang Saketeng yang membawa sepeda motor dikenai biaya Rp 2.000,- dan mobil sebesar Rp 5.000,- saja. Tempat parkir berada di bawah dan cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan wisatawan.

Jam buka tempat ini adalah setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Khusus untuk weekend dari hari libur, operasional tempat ini lebih panjang hingga jam 9 malam. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi bukit yakni pada pagi dan sore hari. Jika datang siang, Anda harus siap dengan terik matahari yang cukup panas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lawang Saketeng

1. Menikmati pemandangan bukit hijau

Pengunjung dapat langsung menikmati pemandangan bukit hijau yang memukau. Anda bisa naik ke gardu pandang untuk menyaksikan keindahan terasering dari perkebunan bawang dan beberapa persawahan warga.

Namun untuk bisa menikmati pemandangan yang hijau, sebaiknya Anda datang setelah musim tandur. Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar atau mencari informasi di internet kapan musim terbaik untuk melihat panorama alam yang hijau dan asri di tempat ini.

Apabila datang di waktu yang salah, Anda mungkin sedikit kecewa karena pemandangan hijau yang dicari tidak ditemukan. Panorama alam di sini akan berganti dengan warna-warna kuning dari tanaman bawang yang mulai siap untuk panen.

2. Menyaksikan jalanan indah

Jalanan di sekitar kawasan perbukitan memang sering dibuat berkelok. Hal tersebut juga dapat ditemui saat Anda mengunjungi bukit ini. Wisatawan dapat melihat ke jauh ke bawah dan menyaksikan keindahan jalan yang cukup ramai kendaraan.

Mobil-mobil melewati jalanan tersebut yang membuat pemandangan di tempat ini semakin hidup. Jalan aspal yang menanjak dan berkelok di tengah-tengah terasering memberikan keindahan yang tiada duanya.

3. Hiking di Lawang Saketeng

Jika Anda tertarik untuk berlibur di Bukit Candi Lawang Saketeng sebaiknya siapkan stamina yang fit dan jaga kesehatan. Wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari puncak bukit harus melewati jalan menanjak yang cukup menguras tenaga.

Namun untuk pengunjung yang menyukai petualangan dan aktivitas hiking, tempat ini menjadi lokasi menarik untuk dikunjungi. Butuh kaki yang kuat dan tips mengatur napas agar Anda tidak terlalu kelelahan. Jangan lupa bawa air minum, karena perjalanan naik bukit ini dapat membuat Anda merasa haus.

4. Berfoto-foto

Mungkin berfoto-foto bisa dikatakan sebagai kegiatan wajib untuk wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Liburan di alam yang menakjubkan tentu akan sayang sekali jika terlupakan karena Anda tidak mengabadikan pemandangan indah tersebut dengan kamera.

Pengunjung bisa memanfaatkan beberapa spot selfie yang tersedia untuk mendapatkan hasil jepretan yang terbaik. Anda bisa naik ke panggung atau gardu pandang untuk berfoto-foto. Tempatnya cukup luas dan nyaman sehingga pengunjung bisa berfoto dengan rombongan.

5. Makan-makan

Fasilitas dan layanan tempat ini cukup bagus dengan beberapa tempat duduk untuk pengunjung bersantai. Pepohonan di dekat tempat duduk ini juga melindungi pengunjung dari sengatan matahari.

Jangan hanya duduk saja, Anda bisa memesan makanan dan minuman di tempat ini. Pengunjung bisa meminta daftar menu makanan yang disediakan di warung makan. Tersedia beragam pilihan menu yang siap menggugah selera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Liburan nyaman di Bukit Candi Lawang Saketeng yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Area parkir pengunjung yang luas untuk parkir puluhan motor dan mobil. Fasilitas standar seperti toilet juga tersedia jadi tidak perlu khawatir jika Anda termasuk sering buang air kecil.

Toilet di kawasan wisata ini juga bersih, Anda bisa selesaikan urusan dengan nyaman. Fasilitas penunjang yang juga sudah di bangun antara lain bangku atau tempa duduk dan gardu pandang.

Bangku memanjang di sekitar tempat ini bisa digunakan untuk wisatawan beristirahat. Gardu pandang yang ada juga dibangun dengan kokoh bukan hanya bambu seperti kebanyakan fasilitas di tempat wisata.

Soal makanan, pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah tersedia warung makan yang dibangun di tempat ini. Pengunjung bisa mencoba aneka menu lezat yang ditawarkan. Jangan lupa untuk pesan minuman segar karena untuk mengobati haus setelah mendaki. Harga makanan dan minuman di sini juga tidak terlalu mahal.

Sekian beberapa informasi menarik mengenai Bukit Candi Lawang Saketeng yang perlu Anda ketahui. Tempat ini sudah ramai dikunjungi wisatawan jadi Anda bisa mencari informasinya di berbagai media sosial. Pemandangan yang indah dan tidak biasa serta fasilitas yang lengkap dan nyaman bisa menjadi pertimbangan untuk Anda berkunjung ke sini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”