Bukit Tangkeban, Destinasi Alam yang Indah di Kaki Gunung Slamet Pemalang

ulinulin.com – Ada banyak jenis objek wisata di Pemalang, Jawa Tengah. Salah satunya adalah Bukit Tangkeban di kaki Gunung Slamet. Bukit ini sekarang populer di kalangan wisatawan dengan sejarah seribu tahun karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Bukit ini terletak di Nyalembeng, Kabupaten Pemalang pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.

Bukit wisata ini awalnya tidak terawat. Belakangan, pemuda setempat mulai mengorganisir dan mengembangkan wisata alam di Bukit dan menjadikannya badan usaha milik desa. Alhasil, Bukit Gunung Slamet menjadi objek wisata baru yang populer bagi wisatawan lokal dan membawa manfaat ekonomi bagi daerah sekitarnya.

Mengenal Bukit Cantik di Pemalang

Jika Anda bosan dengan jenis rekreasi yang sama, tempat yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan. Bukit Tangkeban yang ada di Pemalang ini adalah tempat wisata yang awalnya berupa tanah kosong biasa dan kemudian menjadi tempat wisata yang indah. Berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, taman wisata ini menawarkan taman bermain bertema outdoor.

Lahan yang luas menawarkan berbagai kegiatan rekreasi. Meskipun dikelola oleh penduduk setempat, fasilitas Bukit ini dapat diadu. Tempat yang bisa ditemukan diantaranya Taman bermain anak, kegiatan outbond, cafe yang nyaman dan spot foto semuanya tertata rapi dan nyaman untuk berkumpul bersama keluarga

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Tangkeban

1. Taman Bermain Outdoor

Saat memasuki kawasan wisata Bukit Tangkeban, pengunjung tidak langsung menemukan keramaian. Hal ini dikarenakan jarak dari gerbang menuju pusat rekreasi sekitar 200 meter. Selain itu, pengunjung dapat berjalan kaki dari tempat parkir depan atau menggunakan transportasi off-road. Namun, Anda dapat memarkir mobil Anda lebih dekat ke sana.

Area pertama yang akan Anda temukan adalah taman bermain anak-anak dan arena pacuan kuda ATV. Ada banyak tempat bermain anak yang menarik di sini. Dari ayunan hingga pertunjukan bianglala kecil ada di sini. Di area ini juga terdapat kolam renang anak yang nyaman. Anda bisa mencoba semua wahana atau memilih sesuai dengan yang diinginkan

2. Taman Langit

Sky Park adalah drive paling populer dari Tangkeban Hill. Sesuai dengan namanya, Taman Langit mewakili taman yang indah di dataran tinggi. Ada hiasan unik di deretan bunga-bunga cantik. Dekorasi apa pun bisa menjadi titik foto yang menarik. Selanjutnya adalah Sky Bridge atau jembatan langit yang menjadi spot foto paling banyak dikunjungi dalam antrian.

Meski namanya Jembatan, tapi kendaraan ini sebenarnya adalah sebuah dek. Lantainya terbuat dari kaca yang membuatnya terlihat menarik dan ditujukan bagi anda yang berani. Pada hari yang cerah, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Slamet langsung di latar belakang dari titik ini. Kawasan Sky Garden juga memiliki toko persewaan kostum untuk mendukung selfie.

Pilihannya adalah pakaian dari Negeri Sakura atau Negeri Ginseng. Pengunjung bisa berfoto di tempat-tempat bernuansa Jepang. Ada juga halte bus yang dihiasi dengan foto-foto aktor dan aktris Korea. Wisata ini sangat up to date dengan trend masa kini sehingga mampu menarik wisatawan dalam jumlah yang cukup banyak.

4. ArCafe

Jika Anda bosan memotret, Bukit Tangkeban juga memiliki kafe yang nyaman. Pengunjung bisa datang ke AR Cafe yang secara khusus mengusung konsep alam terbuka. Di sini, wisatawan bisa mencoba berbagai jajanan khususnya makanan khas Pemalang. Kursi cafe ini sendiri berada di teras dan di luar ruangan dengan menikmati pemandangan indah.

Anda juga bisa menikmati panorama Gunung Slamet yang mempesona sambil menikmati secangkir kopi panas. Kafe ini juga bisa jadi tempat nongkrong yang asyik. Pastikan anda mengunjungi tempat satu ini ketika mengunjungi wisata bukit indah ini. Ajak serta keluarga maupun teman untuk menikmati keindahan Gunung Slamet dari atas ketinggian.

5. Area Perkemahan

Daya tarik lainnya dari Bukit Tangkeban ini yang tidak boleh dilupakan adalah bumi perkemahan. Perkemahan yang tersedia menempati area yang luas berupa teras. Bahkan, area ini bisa menampung lebih dari 20 tenda. Setiap tendanya bisa menampung atau isi hingga 4 orang. Selain itu, wisatawan bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah ada.

Camping adalah salah satu cara menikmati suasana alam Tangkeban sepuasnya. Wisatawan dapat melihat matahari terbenam dan matahari terbit tanpa terburu-buru pada jam kerja. Tidak jarang acara musik live diadakan di malam hari. Berkat suasana yang semarak, udara Pemalang yang dingin pastinya tidak akan cepat terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Bukit Tangkeban terletak di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan kota Pemalang. Pengunjung bisa mengendarai sepeda motor atau mobil selama kurang lebih satu jam. Bukit ini berada di kaki Gunung Slamet yang menawarkan banyak destinasi wisata lainnya.

Tidak sulit untuk sampai ke lokasi objek wisata. Untuk bus besar, jalanan ini cukup sempit dan pastinya akan sulit untuk masuk. Namun, kondisi jalan sudah beraspal dan sebagian tertutup beton. Jika anda membawa kendaraan motor maupun mobil pastinya dapat melalui lintasan wisata Bukit di Pemalang ini dengan aman dan nyaman.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Bukit Tangkeban ini adalah salah satu tempat wisata yang paling terjangkau untuk semua orang. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bersantai di sini. Selain tiket masuk, ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan diantaranya tiket untuk masuk wisata taman langit. Untuk memasuki taman langit, anda perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000

Untuk tiket Tangkeban Park, biaya yang diperlukan adalah Rp 20.000 sama dengan ketika anda mengambil paket camping. Sedangkan untuk ATV Adventure 1 putaran Rp 15.000 dan untuk 2 putaran seharga Rp 25.000. ketika berfoto di taman, anda bisa menyewa kostum dengan harga Rp 25.000 untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak dibandrol Rp. 20.000

Untuk anda yang ingin camping dan menyewa tenda di lokasi, biaya untuk tenda yang diperlukan adalah Rp 75.000 dengan kapasitas yang dapat digunakan oleh 3 sampai dengan 4 orang. Selain itu juga terdapat sewa shelter lama Rp 200.000 dan baru Rp 250.000

Tangkeban Hill dibuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore hari. Jika Anda menginginkan panorama terbaik untuk foto Anda, Anda bisa datang sebelum jam 9 pagi. Pendaftaran camp dilakukan di Sekretariat Bukit Tangkeban mulai sore hingga menjelang tengah malam. Jam operasional yang diterapkan yaitu pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Perbukitan

Tangkeban Hill menawarkan fasilitas pendukung penuh. Tempat parkir, toilet dan mushola tidak menyulitkan pengunjung di sini. Di sini juga terdapat warung dan kafe dengan jaringan WiFi. Ada juga ruang konferensi yang luas dan panggung terbuka untuk acara khusus. Selain itu, ada juga pilihan hiburan seperti taman bermain dan taman selfie.

Taman bermain ini juga menawarkan penyewaan kostum Jepang dan Korea. Ingatlah bahwa ada juga area perkemahan dan outbond yang besar. Ada wahana flying fox dan sepeda gantung untuk anak-anak dan orang dewasa. Anda dapat menikmati keindahan sekitar Pemalang dan juga Gunung Slamet dari tempat yang tinggi.

Objek Wisata Lain di Sekitar Bukit Tangkeban

1. Bukit Kukusan

Wisata yang berada tidak jauh dari Bukit Tangkeban adalah bukit Kukusan. Wisata ini berada di atas bukit sebelah Gunung Slamet. Jadi, Anda bisa melihat Gunung Slamet dari dekat jika berada di puncak Bukit Kukusan. Anda tidak hanya dapat melihat keindahan Gunung Slamet, tetapi juga persawahan hingga pemukiman penduduk yang tertata apik.

2. Telaga Rengganis

Danau Rengganis sangat populer di media sosial karena sering dijadikan sebagai background foto. Objek wisata Pemalang ini merupakan sebuah danau dengan luas lebih dari 1 hektar. Danau ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh pohon pinus. Pinus hijau segar terlihat sangat indah dengan kombinasi warna biru air danau dan sangat rugi jika tidak dikunjungi.

Anda bisa berfoto di display yang berkemampuan Instagram dan terdapat area khusus untuk berkemah sehingga Anda bisa berkemah di sini. Tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa dikunjungi ketika berlibur di kota pemalang. Banyak berbagai jenis wisata alam yang begitu indah dan mempesona untuk anda temukan di kawasan atau kota satu ini

3. Kedung Bening

Kedung Bening merupakan wisata pemalang yang populer di media sosial karena sering dijadikan sebagai background foto. Destinasi wisata ini merupakan danau yang terbentuk selama proses erosi. Di pinggiran kota ini terdapat tebing-tebing berwarna kecoklatan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang terlihat sangat eksotis dengan air berwarna hijau pirus karena reaksi mineral.

4. Kedung Bunder

Selain Kedung Bening, ada juga Kedung Bunder yang juga merupakan danau air Pemalang dan memiliki tampilan yang sangat indah serta asri. Kedung dekat Bukit Tangkeban ini memiliki kedalaman hingga 4,5 meter dan memiliki air terjun kecil di beberapa sisi. Banyak wisatawan yang hanya sengaja berfoto di background view Kedung Bunder yang diaktifkan Instagram.

Selain mengambil gambar, anda juga berenang dan bermain air di kedung bunder ini. Lokasi ini cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat berenang karena airnya tidak terlalu dalam. Jadi nikmati keindahan alam di kedung satu ini. Anda dapat menenangkan diri dengan mendengarkan gemericik air danau dan menikmati pemandangan sekitar

5. Curug Bengkawah

Selain itu, ada Air Terjun Bengkawah yang memiliki tampilan alam yang sangat eksotis. Tampilan eksotik ini menjadi incaran para pemburu foto karena terlihat sangat instagramable saat diabadikan dalam sebuah foto. Benkawa Falls sangat cocok untuk ibu-ibu yang ingin menghabiskan liburannya sendirian, karena banyak wisatawan yang tidak mengunjungi destinasi wisata ini.

Ini karena akses ke Curug Bengkawah sebenarnya sulit karena harus mendaki. Namun sesampainya di sana, Anda tidak akan kecewa karena air terjun, tebing coklat, dan pepohonan hijau terlihat indah. Anda bisa menikmati keindahan sambil mendengarkan gemericik air terjun yang memberikan kesan ketenangan

Anda perlu mengunjungi destinasi wisata alam Bukit Tangkeban di Pemalang ini karena berbagai sensasi bisa dirasakan. Tidak hanya wisata ketinggian, anda juga bisa menikmati wisata lainnya yang berlokasi tidak jauh dari Tangkeban. Dengan begitu liburan anda akan semakin berwarna jika memadukan beberapa jenis wisata alam seperti keindahan curug dan juga kedung yang ada.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”