Bukit Timah, Daftar Pilihan Gunung Mini Yang Menjadi Puncak Tertinggi di Singapura

ulinulin.com – Singapura dijuluki sebagai negeri pencakar langit, hal ini tentu tidak diragukan lagi. Sebab di sini perkantoran dan hunian berlomba-lomba menjadi yang tertinggi dari satu sama lain.

Setiap hari warganya disana pun punya kesempatan untuk bersantai di dataran tinggi dengan view sekitaran yang sangat luas tanpa perlu repot-repot dengan aklimatisasi ketinggian.

Jika kamu berpikir bahwa warga di negara Singa ini hanya dapat menghalau rutinitas dengan jogging ataupun berlari di taman sekitaran tempat tinggal maupun apartmentnya saat weekday

Atau berjalan-jalan di mall-mall modern yang tinggi menjulang saat akhir pekan. Itu tak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, Negeri tersebut terbilang merupakan kombinasi antara modernisasi dan juga ekosistem alami.

Selain sungai, Singapura punya gunung berupa bukit dengan hutan hujan tropis alami yang terselip diantara lautan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi. Ibarat sebuah mutiara yang baru akan terlihat saat cangkang kerasnya disibak.

Jika kamu termasuk casual turis yang ingin mengeksplorasi keindahan alam Singapura saat weekend. Tak ada salahnya untuk mencoba mencapai puncak tertinggi di Negeri Singa ini kala pagi ataupun sore hari.

Kamu pasti akan terkejut dengan adanya hutan alami yang hanya berjarak sekitar beberapa kilometer saja dari orchardroad yang sangat terkenal itu. Nama tempat tersebut adalah Bukit Timah.

Gambaran Lokasi

Singapura mungkin akan mengejutkan kamu dengan aneka satwa serta kehidupan liar yang dimilikinya. Salah satu permata yg paling tak terduga di negeri ini adalah rerimbunan hijau yang tersembunyi, yakni Bukit Timah Nature Reserve.

Dengan ketinggian hanya sekitar 164 meter diatas permukaan laut, Bukit Timah merupakan puncak tertinggi di Singapura, selain Mount Faber. Namun ini bukanlah berupa gunung berapi seperti pada umumnya yg ada di Malaysia, Myanmar, Vietnam, Thailand ataupun pegunungan api di Indonesia yang kerap meletus.

Dibandingkan dengan gunung yang ada di negara lain, mungkin Bukit Timah adalah paling terendah. Namun seperti Brainly sebutkan, ini adalah puncak tertinggi di Singapura.

Disini, kamu dapat belajar mengenal berbagai jenis flora dan juga fauna yang ada. Untuk fasilitasnya pun terbilang sudah sangat modern.

Lokasi Dimana

Bukit Timah yang merupakan sebuah cagar alam kecil ini memiliki luas sekitar 1,64 kilometer persegi dan letaknya sendiri berada di dekat pusat geografis negara Singapore. Cuma 12 kilometer saja dari Downtown Core, yakni distrik bisnis sentral Singapura.

Meski ukurannya kecil, Bukit Timah tersebut dianggap salah satu daerah alami yang cukup produktif di Singapura. Hutan lindungnya bahkan secara resmi telah dinyatakan sebagai Taman Warisan ASEAN pada 18 Oktober 2011 lalu.

Asal Usul Nama

Meski nama bukit tersebut menyandang kata “timah”, namun sebenarnya tidak ada cadangan timah yang ditemukan di sini seperti yg telah disebutkan.

Bukit ini dulunya berfungsi sebagai tambang granit selama bertahun-tahun. Namun sejak pertengahan tahun 90-an, semua operasi penambangan telah ditinggalkan dan kawasan ini kemudian diubah menjadi tempat rekreasi, bahkan kerap jadi lokasi pembuatan film.

Pendakian Bukit Timah

Menjadi bukit tertinggi di Singapura, Bukit Timah Hill, para pengunjung ditantang untuk melintasi area hutannya yang rimbun. Tak perlu khawatir jalurnya mudah dilalui, karena sudah difasilitasi dengan tangga, trotoar, serta pagar tali baru.

Namun bagi yg suka memacu adrenalin, ada beberapa rute dengan beragam kesulitan yang dapat dijelajahi, tergantung pada keinginanmu, apa mau jalan santai atau berolahraga.

Fasilitas Yang Ada

Bagi kamu yang lebih memilih untuk menjelajahinya dari atas roda, alih-alih berjalan kaki, ada rute bersepeda yang dapat diikuti.

Selain itu, ada juga The Eco-Link, sebuah jembatan ekologi sepanjang 62 m yg membentang di Bukit Timah Expressway. Fasilitas tersebut dirancang untuk memperluas habitat satwa.

Yang Bisa Dilakukan

Bukit Timah Nature Reserve ini menjadi salah satu tujuan terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga besar saat berada di negara Singapura.

Menghabiskan waktu pagi di akhir pekan dengan cara meninggalkan hiruk pikuk kota dan bawalah anak-anak kamu sekedar berjalan-jalan singkat melintasi puncak terindah di Singapura ini.

Untuk sekadar catatan, kalau sebahagian rute di Bukit Timah ada beberapa yang sangat sulit untuk dilalui, maka dari itu pastikan kamu memilih trek dengan baik sesuai kemampuanmu.

Bersepeda Gunung

Tak hanya menawarkan tempat rekreasi keluarga, puncak tertinggi di Singapura ini juga menyediakan Bukit Timah MountainBike Trail.

Bisa dibilang, Bukit Timah Mountain Bike Trail ini adalah area bersepeda gunung terbaik di negara Singapura. Dibuka sejak tahun1997, jalur sepanjang 7 kilometer tersebut sudah sangat melegenda di kalangan pesepeda lokal berkat trek yang ditawarkannya.

Kawasan tersebut cocok dieksplor dalam semua musim karena permukaannya padat dan kering, lebat dengan pohon-pohon tropis yang tumbuh subur, sehingga memberikan sensasi mendebarkan dan penuh tantangan dalam setiap tikungannya yang ada.

Namun Bukit Timah Mountain Bike Trail ini ditujukan terutama bagi pengendara sepeda gunung yang sudah sangat berpengalaman.

Tapi para pemula juga bisa sebenarnya menikmatinya asalkan tetap berada di jalur yang tepat.Untuk jalur yang tersedia di Bukit Timah ini terbagi menjadi beberapa tingkatan.

Diantaranya ada blue diamond khusus untuk pemula, black buat para ahli, dan black diamond khusus bagi mereka para pencari jalur ekstrem yang suka memacu adrenalin.

Jam Buka

Bukit Timah sendiri berada di zona yang sama dengan kawasan Chestnut Nature Park. Puncak tertinggi di Singapura ini buka dari mulai pukul 07:00 sampai 19:00 setiap harinya.

Di dekat jalur utamanya telah tersedia sebuah toko yang siap melayani segala kebutuhan suku cadang para pengendara sepeda.

Nah, buat yang tidak membawa sepeda sendiri, tak perlu khawatir karena kamu juga bisa menyewanya di sini!