Bumbu Truck, food truck dengan menu khas Indonesia di Amerika

ulinulin.com – Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang menggugah selera. Tak hanya di negeri sendiri, makanan Indonesia juga kini mulai dilirik oleh mancanegara.

Makanan-makanan khas Indonesia pun mulai banyak ditemui di luar negeri. Salah satunya adalah Bumbu Truck, sebuah food truck yang terletak di Bothell, Washington, Amerika Serikat.

Food truck milik Tino Syamsir dan sang istri Hilda Hilman ini telah dibuka sejak tahun 2013 lalu. Tak heran, jika Bumbu Truck sudah banyak dikenal di Amerika.

Bumbu Truck pun juga pernah memenangkan kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi Amerika yang berjudul “Chopped”. Tak hanya itu, Bumbu Truck juga banyak diliput oleh saluran televisi Amerika hingga oleh para YouTuber.

Kendati demikian, kesuksesan Bumbu Truck juga sempat terdampak oleh pandemi COVID-19. Dikutip dari YouTube King 5, Sabtu, Tino menceritakan bahwa dia bersama istrinya sempat mengalami kendala di awal tahun 2020 lalu.

“Kami memulainya di tahun 2013, saat itu kami membeli satu buah truk dan usaha ini berjalan sangat baik. Namun, saat mulai awal tahun 2020 di mana pandemi Covid merajalela, segalanya berubah,” ungkap Tino.

“Kami tidak memiliki tempat untuk pergi (berjualan). Dulu kami sering memarkirkan food truck di dekat kantor Amazon, Microsoft, T-Mobil. Namun, karena mereka tutup kami tidak memiliki jadwal berjualan seperti dulu,” sambungnya.

Namun, Tino bersama istrinya tak menyerah. Mereka pun tetap semangat menjajakan Food Trucknya. Hingga kini, Bumbu Truck pun mulai kembali meningkatkan penjualannya.

Hari ini pun, Bumbu Truck hadir di acara “Food Truck Friday” dari saluran tv Amerika Fox 13 Seattle. Momen ini pun diunggah oleh Hilda di akun Facebook pribadi milik Hilda.

“Food Truck Friday @Fox News pagi ini. Hanya dengan kasih dan karunia-Nya,” tulis Hilda sambil mengunggah foto-foto saat food trucknya diliput oleh acara tersebut.

Bumbu Truck menyediakan berbagai menu makanan khas Indonesia. Tino mengatakan, salah satu menu yang menjadi favorit warga di sana adalah sate ayam, kari ayam, lumpia, hingga martabak telur.

“Makanan yang menjadi favorit di sini adalah sate ayam dengan sambal kacang, ada juga kari ayam, roti canai, lumpia, dan martabak telur. Ada juga menu spesial kami yaitu nasi kuning atau kita sering menyebutnya sebagai celebration ricekarena orang Indonesia biasa menyajikannya saat perayaan,” ujar Tino.

Dilihat dari web milik Bumbu Truck, makanan-makanan tersebut pun dijual berkisar 6 dolar AS (Rp93,233) hingga 15 dolar AS (Rp233,058) saja.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”