Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Setelah Terkena Banjir

ulinulin.com

Setelah mobil terkena banjir, langkah perawatan yang harus dilakukan satu diantaranya adalah mengganti oli mesin. Penggantian ini perlu dilakukan karena khawatir air dari banjir akan masuk ke ruang mesin dan membuat kerusakan lebuh fatal.

Untuk itulah sebaiknya ketika mobil terendam banjir, jangan langsung dipaksakan untuk dinyalakan mesinnya. Lakukan pengecekan sejumlah komponen, termasuk melakukan penggantian oli. Ini untuk memastikan tidak ada lagi air di dalam ruang mesin.

Sebenarnya untuk ganti oli mesin tidak harus selalu dilakukan di bengkel. Anda bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Cukup siapkan beberapa alat seperti kunci pas, tang, wadah plastik, serta tentunya oli sesuai spesifikasi mesin mobil Anda berikut filter olinya. Berikut tahapan ganti oli mesin mobil sendiri yang bisa Anda lakukan tanpa bantuan montir:

1. Buka Tutup Oli Mesin

Buka tutup oli di mesin

Langkah pertama untuk mengganti oli mesin adalah dengan membuka kap mesin. Kemudian buka tutup oli mesin dengan cara memutarnya. Melalui lubang ini pula nanti Anda bisa memasukkan oli baru.

2. Buka Baut Penutup Bak Oli

Buka baut di bak penampungan oli mesin

Setelah tutup oli mesin terbuka, selanjutnya Anda harus sedikit ke kolong mesin mobil. Cari bak datar yang posisinya dekat di bawah mesin dan memiliki baut penutup pada bagian dasarnya. Itulah yang disebut oil tank atau bak penampungan oli. Buka baut penutupnya dengan kunci pas, namun jangan sampai terbuka penuh. Cukup kendurkan saja sampai baut bisa diputar dengan jari tangan.

3. Siapkan Wadah Plastik

Wadah plastik untuk menampung oli yang tercampur air

Sebelum oli keluar dari bak penampungan, siapkan dahulu wadah plastik di bawah lubang penutup tangki oli tersebut. Wadah ini berguna menampung oli yang keluar dari mesin agar tidak berceceran di lantai. Wadah yang digunakan bisa apa saja, misalnya ember atau baskom dengan ukuran sedang. Jika wadah sudah siap di bawah oil tank, maka Anda sekarang bisa membuka penuh penutup oli sampai oli mengucur ke bawah dan ditampung wadah plastik tersebut.

4. Buka Filter Oli

Ganti pula filter olinya

Setelah semua oli dari mesin keluar, langkah selanjutnya untuk ganti oli mesin mobil sendiri adalah membuka filter oli. Bentuknya berupa tabung dekat dengan oil tank. Filter ini dapat dibuka dengan mengendurkan kuncinya menggunakan kunci pas. Copot untuk menggantinya dengan filter oli yang baru.

5. Tutup Tangki Oli

Tutup kembali baut oil tank sebelum memasukkan oli baru

Untuk memastikan oli lama sudah benar-benar keluar dari mesin, sebaiknya diamkan dahulu 5-10 menit sampai sama sekali tidak ada lagi oli yang menetes ke wadah plastik. Lebih baik Anda tidak gunakan kompresor angin untuk memaksa oli keluar dari mesin. Karena jika kompresor mengandung air, maka itu sama saja memasukkan air lagi ke ruang mesin. Nah jika oli sudah benar-benar habis, baru tutup kembali oil tank dengan baut penutupnya. Gunakan lagi kunci pas untuk mengencangkan baut.

6. Pasang Filter Oli

Pasang filter oli yang baru dan kencangkan

Setelah bak oli tertutup rapat, maka tahapan selanjutnya ganti oli mesin mobil sendiri adalah memasang filter oli yang baru. Pastikan membeli filter sesuai spesifikasi mesin mobil Anda. Lalu putar filter untuk mengencangkan, dan gunakan lagi kunci pas sampai filter terpasang dengan rapat sehingga tidak ada oli yang bocor dari filter.

7. Masukkan Oli Baru

Masukkan oli baru yang sesuai spesifikasi mesin mobil

Setelah dipastikan tutup tangki oli dan filter oli terpasang dengan presisi, maka masukkan oli baru melalui lubang yang ada di mesin. Tuang secara hati-hati agar tidak ada oli yang tumpah. Pastikan oli dituang sesuai takaran yang dianjurkan oleh produsen mobil Anda. Misalnya dianjurkan 4 liter, maka jangan sampai oli kurang atau lebih dari 4 liter.

8. Cek Dipstick Oli

Cek kondisi dan level oli melalui dipstick

Setelah dirasa selesai, cek terlebih dahulu dipstick. Pastikan level oli ada di batas maksimal, tidak kurang dan tidak lebih. Jika sudah yakin dan langkah-langkah ganti oli mesin mobil sendiri sudah dilakuakn dnegan benar, maka Anda boleh untuk mencoba menyalakan mesin mobil tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”