Cara Membuat Rambut Terlihat Mengembang dan Tidak Lepek

ulinulin.com – Bosan dengan penampilan rambut lepek yang membuatmu tidak percaya diri? Kamu bisa membuat rambutmu nampak mengembang dengan styling, produk perawatan rambut, maupun kebiasaanmu dalam merawat rambut sehari-hari. Bahkan, beberapa cara tersebut memberikan efek rambut bervolume dalam waktu singkat, lho.

Pada kesempatan ini, Kamini akan berbagi semua cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki tampilan rambut yang lebih rapi dan mengembang. Buat kamu yang mulai frustasi menghadapi masalah rambut lepek, cara-cara dari Kamini berikut ini bisa kamu coba.

Penyebab Rambut Tidak Mengembang

Susah memiliki tatanan rambut yang mengembang alami? Sebelum kami membahas berbagai cara untuk membuat tampilan rambut jadi mengembang, sebaiknya kenali dulu penyebab rambutmu susah terlihat bervolume berikut ini.

    Rambut Lepek

    Rambut Tipis

Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, tentu kamu akan mengalami kesulitan ketika ingin menata rambut jadi bervolume. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan melakukan cara untuk menebalkan rambut atau menggunakan hair clip agar rambutmu jadi lebih tebal.

    Pernah Diluruskan

Rambut yang pernah diluruskan dengan metode rebonding atau smoothing tentu akan sangat sulit mengembang. Pemilik rambut yang sudah diluruskan harus bekerja ekstra dengan menge-blow rambutnya agar mengembang. Selain itu, penggunaan hair spray juga sangat diperlukan untuk mempertahankan volume rambut rebonding yang ditata mengembang.

    Rambut Terlalu Panjang

Pemilik rambut yang terlalu panjang juga akan kesulitan saat harus menata rambutnya agar terlihat mengembang. Rambut panjang memiliki massa yang terlalu berat sehingga akan sulit jika ingin dibentuk bervolume.

Dari sejumlah penyebab rambut tidak mengembang ini mungkin salah satunya adalah masalah yang sedang kamu alami saat ini. Jadi, atasi dulu penyebab rambut sulit mengembang ini agar kamu lebih mudah menata rambutmu agar terlihat lebih bervolume.

Penataan Rambut Agar Terlihat Mengembang

Tak dapat dipungkiri bahwa styling adalah jalan pintas untuk membuat rambut terlihat rapi dan mengembang. Dengan penataan tertentu, rambut yang tadinya terlihat lepek dan lesu akan terlihat bervolume dan lebih indah.

Penataan rambut apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memberikan efek rambut mengembang? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

    Potong Rambut Model Pendek

Rambut panjang tentu mudah terlihat lepek. Jadi, beranikan diri untuk keluar dari gaya rambut lamamu dengan memotong rambut model pendek. Rambut pendek akan terlihat mengembang secara alami.

    Keriting Rambut

Ingin tetap mempertahankan rambut panjang tanpa terlihat lepek? Pengeritingan adalah styling yang paling tepat untukmu. Rambut yang dikeriting akan nampak mengembang alami dan pasti terhindar dari kelepekan. Tak percaya? Yuk, buktikan sendiri.

    Blow Berlawanan dari Arah Jatuhnya Rambut

Yang satu ini adalah jenis temporary styling alias kamu harus melakukan blow setiap saat kamu menginginkan rambutmu terlihat mengembang. Contohnya, blow rambut ke arah kanan, setelah rambutmu kering sisirlah ke arah kiri. Rambut akan tampak lebih mengembang dan kamu bisa menyemprotkan hair spray untuk mempertahankan model rambutmu itu.

    Pindah Belahan Rambut

Kalau kamu terbiasa dengan rambut yang dibelah tepat di tengah kepala, mungkin saatnya melakukan pemindahan belahan rambut ke sisi lain kepala, entah itu di sebelah kiri atau kanan. Cara sederhana ini bisa membuat rambutmu terlihat lebih bervolume.

    Rol Rambut

Walaupun terkesan jadul, ternyata rol rambut bisa memberikan efek rambut mengembang yang cukup tahan lama, lho. Gunakan rol rambut dengan diameter lebar agar rambutmu terlihat lebih mengembang. Untuk mempertahankan bentuknya, kamu bisa menge-blow rambut saat masih memakai rol atau menyemprotkan sedikit hair spray.

    Mengepang Rambut

Solusi lain untuk mengatasi rambut lepek agar terlihat mengembang alami adalah dengan mengepang rambutmu. Buat kepangan dari bagian paling atas sampai dekat ujung rambut. Diamkan kepangan minimal 3 jam, lalu lepas kepangan tersebut. Setelah melepas kepangan, rambutmu nampak lebih mengembang alami.

    Sasak Rambut

Selain rol rambut, metode untuk menambah volume rambut yang satu ini juga terbilang lawas. Namun, sasak rambut bisa memberikan hasil yang memuaskan bagi kamu yang ingin tatanan rambut mengembang. Sasak rambut dengan sisir pada bagian pangkal rambut. Selanjutnya, semprotkan hair spray untuk mempertahankan tatanan rambut tersebut.

Dengan penataan rambut ini kamu bisa memiliki rambut yang mengembang dan terlihat lebih rapi. Sekarang kamu sendiri lah yang menentukan ingin memiliki tampilan rambut bervolume yang permanen atau untuk sementara saja.

Produk untuk Membuat Rambut Mengembang

Opsi lain untuk memiliki rambut mengembang secara alami adalah dengan menggunakan sejumlah produk perawatan rambut. Produk-produk ini bisa dipakai sehari-hari, tapi ada pula yang hanya dipakai ketika kamu membutuhkan tampilan rambut mengembang saja.

    Shampo

Ada shampo yang bisa dipakai untuk membuat efek rambut bervolume, lho. Shampo tersebut biasanya memiliki keterangan “volumizing” pada kemasannya. Namun, kalau kamu nggak berhasil menemukan shampo jenis tersebut, atasi saja rambut lepekmu dengan shampo yang terdapat dalam artikel shampo untuk rambut berminyak.

    Dry Shampoo

Shampo kering juga bisa menjadi pilihan lain untuk menghilangkan lepek dan membuat rambut terlihat mengembang. Pasalnya, dry shampo memiliki kemampuan untuk menyerap minyak sehingga rambut yang semula lepek akan menjadi lebih bervolume.

    Vitamin

Vitamin rambut tidak dipakai setiap hari. Kamu bisa memakainya sesekali saja. Temukan vitamin rambut yang bisa mengatasi rambut lepek sekaligus mampu memberikan volume alami untuk rambutmu. Kamu bisa mencari vitamin terbaik untuk mahkotamu di artikel vitamin rambut yang bagus.

    Hair Spray

Nah, kalau yang satu ini adalah produk yang bisa membuat rambutmu terlihat mengembang lebih lama. Hair spray dipakai setelah kamu menge-blow rambut atau menyasak rambut dengan sisir. Setelah rambut jadi mengembang, semprotkan hair spray agar rambut mengembangmu lebih tahan lama.

    Hair Clip

Hair clip bukan produk perawatan rambut. Ini merupakan rambut palsu yang disambung dengan rambut aslimu sehingga kamu memiliki rambut yang tebal dan panjang, Pilih hair clip yang tidak terlalu panjang agar kamu bisa menata rambutmu dengan blow.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”