Cara Memutihkan Wajah yang Benar untuk Pria dan Wanita

ulinulin.com – Memiliki kulit putih bersih berseri merupakan idaman kaum wanita. Meskipun begitu, tidak sedikit pria yang menginginkan wajah yang terlihat putih juga. Berbagai cara memutihkan wajah pria dan wanita dilakukan untuk membuat penampilan semakin menarik. Mulai dari cara umum, medis, sampai dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Alasan mengapa masyarakat Indonesia banyak yang mengidam-idamkan memiliki kulit putih bersih berseri adalah karena kulit putih selalu diasosiasikan dengan wanita yang cantik atau pria yang tampan. Selain itu, memiliki kulit putih juga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Nah, apabila kamu juga ingin memiliki kulit wajah yang putih merona, Kamini akan memberikan berbagai cara memutihkan kulit wajah pria maupun wanita yang ampuh dan aman. So, check this one out!

Cara Sederhana Memutihkan Wajah

Selalu ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang lebih cerah. Cara sederhana umumnya bisa dilakukan sendiri di rumah dan tidak perlu menghabiskan biaya yang terlalu besar.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan kulit wajah.

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Salah satu penyebab kulit wajah terlihat gelap dan kusam adalah kebiasaan tidak membersihkan wajah secara teratur dan tepat. Kotoran dan sel kulit mati yang menempel akan membuat kulit wajah terlihat kusam.

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara teratur. Gunakan cleanser maupun face wash yang bersifat mencerahkan wajah agar kamu bisa segera memiliki kulit wajah yang putih dan merona. Saat ini sudah banyak produk face wash yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan kulit pria juga, jadi para pria tak perlu lagi kebingunan memilih face wash.

2. Gunakan Pelembab Wajah

* sumber: www.wisegeek.com

Pelembab merupakan rangkaian perawatan yang sangat penting dan wajib masuk dalam skincare list baik pria maupun wanita. Disamping melembabkan dan menjaga elastisitas kulit, beberapa jenis pelembab juga sudah diformulasikan dengan bahan-bahan pencerah. Apabila kamu merasa keberatan untuk menggunakan produk pencerah wajah terpisah, pilih pelembab dengan brightening sangat cocok buatmu.

Tak sedikit pula pelembab yang diformulasikan dengan UV filter utuk membantu perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit semakin gelap. Pilihlah juga pelembab sesuai dengan jenis kulitmu. Apabila kamu pemilik kulit berminyak, gunakan pelembab dengan formulasi bebas minyak (oil-free). Sementara pemilik kulit berjerawat, bisa menggunakan pelembab dengan klaim non-comedogenic.

3. Gunakan Produk Pencerah Wajah

Usaha paling sederhana yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah adalah memakai produk-produk pencerah atau pemutih wajah, mulai dari face wash, pelembab, masker, sampai dengan serum. Pilih produk yang sudah terdaftar di BPOM atau badan kesehatan resmi untuk memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan.

Mulai sekarang, pilih produk perawatan kulit wajah yang terdapat tulisan ‘whitening’ atau ‘brightening’. Produk-produk ini akan membantumu memiliki kulit wajah yang lebih putih, meskipun tidak ada yang bisa memastikan berapa lama pemakaiannya untuk bisa memiliki kulit wajah yang lebih putih.

4. Eksfoliasi

Tahukah kamu bahwa mencuci muka saja ternyata tidak benar-benar mengangkat semua kotoran di wajah? Masih ada sel kulit mati tertinggal yang membuat wajah terlihat kurang cerah. Eksfoliasi atau pengelupasan adalah cara terbaik untuk mencerahkan wajah. Lakukan eksfoliasi secara teratur agar wajah terlihat lebih cerah seiring berjalannya waktu.

Bila kamu tidak mau pusing, kamu bisa memilih face wash yang mengandung butiran scrub. Pembersih wajah ini bahkan kebanyakan dibuat khusus bagi para pria. Pembersih wajah satu ini memang memadukan fungsi ganda membersihkan dan mengeksfoliasi kulit dalam satu produk. Akan tetapi, sebaiknya selalu gunakan pelembab apabila kamu memilih jenis pembersih wajah yang satu ini. Demi menghindari kulit yang terlalu kering dan rapat.

5. Pakai Sunscreen

Sunscreen memang tidak bisa membuat kulit wajah putih. Akan tetapi, setidaknya mampu menjaga agar kulit wajah tidak semakin gelap. Para pria kebanyakan masih merasa tabu dengan pemakaian sunscreen ini. Padahal sunscreen sendiri sudah bukan dikategorikan sebagai skincare khusus wanita, tetapi sebagai produk yang wajib digunakan individu utamanya ketika beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen dinilai penting bagi para pria karena mereka cenderung memiliki aktivitas outdoor lebih sering dibandingkan wanita. Karena itu, gunakanlah sunscreen bila kamu akan beraktivitas di luar. Aplikasikan pula sunscreen 3-4 jam sekali untuk proteksi yang maksimal. Selain mencegah kulitmu dari penggelapan, sunscreen juga akan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

6. Gunakan Masker

Tak keberatan dengan langkah ekstra? Kamu bisa memakai masker. Masker sangat berguna dalam menenangkan wajah dan memperbaiki permasalahan kulit. Tentu saja untuk masalah kulit gelap, sudah banyak produk masker yang dipadukan dengan fungsi brightening atau lightening, bahkan whitening. Dengan menggunakan masker secara konsisten, kamu akan semakin merasakan progress kulitmu yang lebih cerah dengan tambahan kenyal, halus, dan lembut.

7. Konsultasikan pada Ahli

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”