Cara Mencegah Rambut Mengembang yang Mudah dan Efektif

ulinulin.com – Rambut panjang, sehat dan mudah diatur tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Selain membuat kesan lebih feminin, rambut yang tertata penampilannya akan menjadi semacam daya dongkrak untuk penampilamu. Jika sudah begitu, maka kamu tidak perlu lagi repot mencoba cara agar rambut tidak mengembang.

Namun tidak jarang lho perempuan mengeluhkan mengenai rambut mereka yang susah diatur gara-gara terlalu mengembang. Rambut mengembang terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya perawatan, tidak cocok dengan produk perawatan yang dipakai, atau hairstyling yang berlebihan.

Be cool, girls! Pada kesempatan kali ini, Kamini akan mencoba berbagi tips bagaimana caranya agar rambut tidak mengembang dan gampang ditata. Namun sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Penyebab Rambut Mengembang

Rambut mengembang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Maka dari itu kamu harus mengetahui berbagai faktor penyebabnya tersebut agar masalah tersebut tidak kembali lagi setelah Anda berhasil mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

    Kurang Perawatan

Penyebab utama dari munculnya masalah rambut mengembang adalah kurangnya perawatan rambut seperti jarang keramas, jarang menyisir, dan sebagainya. Bahkan, kalau kamu malas menggunakan conditioner, rambutmu bisa menjadi kering, kasar, dan mengembang seperti singa, lho!

    Menggunakan Produk yang Kurang Tepat

Sangat penting untuk mengenali jenis rambutmu dan menyesuaikan produk perawatan rambut yang akan digunakan. Pasalnya, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga dapat menjadi penyebab rambut mengembang. Maka dari itu, pastikan kamu selalu menggunakan shampo, conditioner, dan produk perawatan rambut lainnya yang sesuai dengan jenis rambutmu, ya!

    Penggunaan Alat Penata Rambut

Penyebab rambut mengembang yang lain adalah penggunaan alat penataan rambut secara berlebihan seperti hair dryer, catok, dan sejenisnya. Suhu panas yang dihasilkan dari alat penata rambut ini memang dapat menata rambut secara tepat. Akan tetapi, paparan suhu panas dari alat styling itu akan membuat rambutmu kering dan lama-lama jadi mengembang.

    Penggunaan Sisir yang Salah

Masalah sederhana bisa menjadi salah satu penyebab rambut mengembang dan sulit diatur, seperti penggunaan sisir yang salah. Untuk mencegah rambut mengembang, gunakan sisir bergigi rapat. Sisirlah rambutmu sesering mungkin agar tidak mengembang.

    Keramas Pakai Air Panas

Paparan suhu panas pada rambut tidak hanya berasal dari alat styling. Kalau kamu punya kebiasaan keramas pakai air panas, kebiasaan tersebut bisa menjadi faktor penyebab rambut mengembang seperti singa. Cucilah rambutmu dengan air biasa atau air dengan suhu suam-suam kuku agar rambut lebih halus dan tidak kering.

Sudah tahu faktor-faktor penyebab rambut mengembang? Kini, tugasmu adalah menghindari faktor penyebab rambut mengembang di atas!

Aturan Keramas yang Benar

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cara keramas yang salah bisa menyebabkan rambut jadi kering dan mengembang, lho. Nah, untuk mencegah rambutmu jadi mengembang, ikuti aturan keramas yang benar berikut ini deh!

    Jangan Terlalu Sering Keramas

“Makin sering keramas, rambut makin indah….” Siapa bilang? Terlalu sering keramas justru bisa memunculkan dua kemungkinan, yakni rambut semakin berminyak atau justru jadi kering dan mengembang. Keramas lah dua hari sekali. Jangan membiarkan rambut kotor sampai melebihi dua hari karena kebiasaan ini juga tidak sehat untuk rambut dan kulit kepalamu.

    Pakai Shampo untuk Rambut Kering dan Mengembang

Rambut mengembang selalu identik dengan rambut kering. Jadi, dari pada coba-coba shampo yang tidak pasti, pilih saja shampo untuk rambut kering atau shampo yang diformulasikan untuk rambut mengembang. Temukan shampo terbaik dalam artikel merk shampo untuk rambut kering.

    Tidak Melewatkan Conditioner

Salah satu cara agar rambut tidak mengembang setelah keramas adalah menambahkan conditioner setiap habis keramas. Ketika rambut masih dalam kondisi basah, segera aplikasikan conditioner ke seluruh bagian rambut. Pemakaian conditioner secara rutin akan memberikan treatment pada rambut Anda agar tidak mengembang dan lebih mudah ditata.

    Biarkan Rambut Kering Alami

Tak sedikit orang yang langsung mengeringkan rambutnya dengan hair dryer setelah keramas. Rambut basah memang jadi lebih cepat kering berkat hair dryer, tetapi udara panas dari hair dryer juga berpotensi membuat rambutmu kering dan mengembang. Apabila kamu tak buru-buru menata rambut, biarkan saja rambut basahmu kering secara alami.

Produk untuk Mencegah Rambut Mengembang

Lebih baik mencegah dari pada mengatasi, bukan? Sebelum rambutmu semakin mengembang seperti singa, rawatlah rambutmu sebagai langkah pencegahan. Rambut mengembang dan sulit diatur sejatinya bisa dicegah dengan beberapa produk khusus selain shampo dan conditioner.

    Vitamin

Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan vitamin. Untuk mencegah salah satu tanda kerusakan rambut, yakni rambut mengembang, gunakan vitamin rambut secara teratur. Temukan produk yang tepat dalam artikel vitamin rambut yang bagus.

    Masker

Selain vitamin rambut, perawatan dengan masker rambut juga diperlukan untuk mengempiskan rambut mengembang sehingga lebih mudah diatur. Jika kamu masih bingung memilih masker yang tepat untuk rambutmu, cek artikel masker rambut yang bagus berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”