Cara Mengatasi Lapar Mata Kalau Lihat Tempat Makan Baru, Agar Sehat Keuangan dan Sehat Badan

ulinulin.com – Apakah Anda sering ingin mengonsumsi makanan walaupun tidak lapar? Berarti Anda lapar mata. Lapar mata dapat disebabkan saat Anda melihat makanan enak atau jika Anda sedang stres. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mari kita lihat bagaimana cara mengatasi lapar mata agar sehat keuangan dan sehat badan.

Rubrik Finansialku

Sehat Keuangan dan Sehat Badan

Menjaga kesehatan keuangan itu penting, namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan badan. Tahukah Anda bahwa lapar mata dapat berbahaya bagi kantong dan badan? Dengan terus mengonsumsi makanan, terdapat potensi munculnya penyakit seperti obesitas, diabetes atau kolesterol.

Selain itu, biaya yang digunakan untuk membeli makanan juga akan terus meningkat jika Anda tetap mempertahankan gaya hidup ini. Finansialku akan menjabarkan beberapa cara untuk mengatasi lapar mata, agar Anda sehat baik dari segi keuangan maupun kesehatan.

#1 Konsumsi Lebih Banyak Air

Beberapa studi kesehatan menunjukkan bahwa terkadang rasa haus disalahartikan menjadi rasa lapar. Sehingga sebaiknya Anda memastikan rasa lapar Anda dengan meminum air terlebih dahulu. Anda juga dapat mengonsumsi air di sela-sela waktu luang untuk membantu mengisi perut dan melupakan rasa lapar.

[Baca Juga: Moms, Ini Cara Hemat Keluar Uang untuk Makan di Resto]

#2 Hindari Makanan Kecil

Cemilan atau makanan kecil sering kali membuat Anda menjadi lapar mata. Banyak orang yang masih mencari camilan sesaat setelah makan siang atau makan malam. Solusinya adalah dengan menyimpan makanan kecil di luar jangkauan mata Anda, dengan demikian dapat meminimalkan potensi lapar mata.

#3 Atur Porsi Makan Anda

Salah satu cara yang dapat membantu mengatasi lapar mata secara efektif adalah dengan mengatur porsi makan. Buatlah porsi makan Anda menjadi lebih sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering, dengan demikian saat Anda merasa lapar, Anda hanya perlu menunggu sebentar saja.

#4 Mengunyah Secara Perlahan

Mungkin Anda setelah mengonsumsi semangkuk mie, namun mulut masih belum merasa puas. Bagaimana cara mengatasinya? Kunyahlah makanan secara perlahan agar makanan terserap secara maksimal dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Mengunyah makanan lebih dari 10 kali membuat makanan menjadi lebih lembut, yang mengakibatkan reseptor kenyang dalam perut aktif lebih awal.

[Baca Juga: Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Makan Enak]

#5 Sering Menyikat Gigi

Gigi yang bersih dan nafas yang segar biasanya membantu Anda menahan hasrat untuk makan karena tidak ada rasa makanan yang tersisa di mulut. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk selalu menyikat gigi setelah makan agar menghindari Anda untuk tergoda dengan cemilan atau makanan lainnya.

#6 Konsumsi Permen Rendah Kalori

Terkadang Anda ingin makan hanya karena mulut gatal karena ingin mengunyah sesuatu. Daripada Anda mengonsumsi makanan berat atau camilan, Anda dapat menyiasati dengan mengonsumsi permen rendah kalori. Dengan demikian tidak akan menimbulkan perasaan bersalah karena makan berlebihan.

#7 PIlihlah Sayur Daripada Daging

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi sesuatu walaupun Anda sudah makan, pilihlah untuk mengonsumsi sayur seperti salad atau buah segar. Selain untuk menjaga kesehatan, sayur dan buah memiliki kalori yang rendah sehingga tidak akan mengakibatkan obesitas.

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

#8 Hindari Makanan Pedas

Banyak orang mengatakan bahwa rasa pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi Anda pecinta rasa pedas, cobalah untuk menghindari makanan pedas sehingga dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

#9 Mencari Kesibukan

Saat Anda memiliki waktu luang, Anda memiliki banyak waktu untuk memikirkan rasa lapar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat untuk melupakan rasa lapar berlebih.

#10 Biasakan Sarapan

Beraktivitas dengan perut kosong dapat mengakibatkan rasa lapar berlebih di siang hari dan Anda biasanya akan menutupi rasa bersalah dengan asumsi Anda sudah menghindari makan pagi. Dengan demikian, sarapan menjadi salah satu komponen penting dalam menjaga nafsu dan porsi makan siang.

[Baca Juga: 7 Cara Memotong Anggaran Makan tapi Tetap Sehat]

#11 Menghubungi Kekasih

Mungkin Anda merasa menghubungi kekasih atau keluarga tidak ada hubungannya sama sekali dengan rasa lapar. Namun kenyataannya, banyak kasus lapar mata yang disebabkan oleh stres atau depresi. Dengan meluangkan waktu untuk menghubungi kekasih atau keluarga, Anda dapat meredakan depresi atau stress dengan sehat tanpa melampiaskannya dengan cara makan.

Atasi Lapar Mata dengan Mudah

Lapar mata dapat menyerang siapa saja dengan mudah, dan tanpa sadar Anda akan merasakan penyesalan yang terlambat. Tubuh yang sehat dan keuangan yang baik adalah impian semua orang, dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengatasi lapar mata tersebut.

Dengan menggunakan beberapa trik yang telah dijelaskan sebelumnya, atasi lapar mata dengan mudah dan peroleh sehat badan dan sehat keuangan seperti yang Anda idamkan.

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk mengatasi lapar mata? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Febrianti Diah Kusumaningrum. 12 Juni 2014. Sering mengalami lapar mata? Lakukan 3 cara ini untuk menghadapinya. Merdeka.com – https://goo.gl/k0VyjN

    Agustin Fatimah. 2015. 7 Cara Supaya Kamu Tak Gampang Lapar Mata Saat Melihat Makanan di Meja. Hipwee.com – https://goo.gl/CqXCuw

    Chatarina Komala. 15 Februari 2014. Redakan Lapar Mata Dengan 6 Cara Ini. Grid.id – https://goo.gl/N3DC7r

Sumber Gambar:

    Lapar Mata – https://goo.gl/Ma7XgI

    Sehat Keuangan – https://goo.gl/19MUbG

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website finansialku.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”