Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang

ulinulin.com – BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial yang disediakan pemerintah. Agar bisa mendapatkan jaminan itu, kita harus memiliki kartunya. Lalu, bagaimana jika kartu BPJS hilang?

Kartu BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan dibuat untuk memudahkan proses administrasi. Bentuk dari kartu ini tidak berbeda jauh dengan kartu identitas yang kita miliki, seperti KTP maupun SIM.

Karena bentuknya inilah, kartu rawan hilang. entah kita lupa menyimpannya, atau memang kartu itu terjatuh secara tidak sadar ketika kita memakainya.

Ketika kartu ini hilang, apa yang harus kita lakukan?

Tentu kamu tidak boleh panik ketika kartu BPJS hilang. Ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan kartu BPJS pengganti.

Bagaimana caranya? Di dalam tulisan ini, Glints akan menjelaskannya kepada kamu.

Baca Juga: Ini Caranya Daftar Ulang Kepesertaan BPJS Kesehatan

Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

© bpjs-kesehatan.go.id/

Untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang, kamu bisa mengurusnya secara offline maupun online.

Mari kita ulas terlebih dahulu cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang secara offline.

Syarat Pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

Pertama, kamu harus menyiapkan dokumen persyaratan. Dokumen itu berisikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Kehilangan dari Kepolisian.

Khusus surat kehilangan ini, cara pengurusannya sama seperti ketika kamu kehilangan KTP atau kartu identitas lainnya.

Pergi ke kantor polisi terdekat, dan nantinya pihak kepolisian akan membuatkan surat kehilangan untuk kartu BPJS Kesehatan kamu.

Simpan surat ini, beserta dengan KTP dan KK-mu. Kemudian, kunjungi kantor BPJS terdekat dengan membawa semua persyaratan tersebut.

Usahakan bawa juga materai Rp6.000 untuk berjaga-jaga, jika kelak kamu harus membuat surat pernyataan.

Setelah sampai di kantor BPJS, datangi pusat layanan. Sampaikan kepada petugas bahwa kamu kehilangan kartu BPJS, sekaligus meminta untuk dibuatkan kartu BPJS duplikat.

Setelah ini, petugas biasanya akan mengecek dokumen-dokumen persyaratan yang kamu bawa.

Setelah persyaratan lengkap, proses pencetakan kartu BPJS bisa dilakukan. Lazimnya, kamu harus menunggu satu hari untuk proses pencetakan kartu.

Proses Pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

Jika kamu mau mengurus secara online, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Mobile JKN di smartphone. Cara ini disarikan dari penjelasan Kontan.

Selain itu, kamu juga harus ingat nomor kartu BPJS kamu yang hilang, karena ini akan berguna saat proses registrasi.

Kalau kamu belum daftar, kamu bisa mendaftar di aplikasi ini dengan menggunakan nomor kartu BPJS, KTP, dan nomor telepon.

Kamu juga diharuskan memasukkan email untuk aktivasi serta kata kunci. Di sini, kamu melakukan registrasi data.

Setelah itu, kamu tinggal login menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang telah diaktivasi. Pilih menu Peserta BPJS, lalu pilih menu cetak kartu e-ID. Klik pada ikon email dan ikuti proses yang diminta.

Kamu akan mendapatkan email dari BPJS yang berisi kartu atas namamu.

Proses ini lebih cepat dan kamu tidak perlu mengurus surat kehilangan ke polisi ataupun antre di kantor BPJS. Syaratnya, kamu jangan lupa nomor kartu BPJS Kesehatanmu.

Baca Juga: Ingin Cek Status BPJS Ketenagakerjaan? Begini Cara-caranya

Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

© suarasurabaya.net

Untuk proses pengurusannya, hampir tidak jauh beda dengan kartu BPJS Kesehatan. Persyaratannya juga tidak begitu banyak.

Kamu hanya perlu memiliki kartu fotokopi BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, atau setidaknya kamu ingat nomor kartunya.

Syarat Pengurusan Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Sama seperti BPJS Kesehatan, jika kamu berniat mengurus secara offline, selain nomor/fotokopi kartu, kamu juga harus mengurus surat kehilangan ke kantor polisi.

Pergilah ke kantor polisi terdekat untuk mengurusnya.

Agar lebih mudah, jika kamu mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dari perusahaan tempatmu bekerja, mintalah surat pengantar dari HRD kantormu. Ini akan mempermudah proses pengurusan.

Setelah berkas lengkap, datanglah ke kantor BPJS terdekat. Proses pencetakan tidak akan berlangsung lama. Kamu sudah bisa mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dalam waktu satu hari.

Proses Pengurusan Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Jika ingin cara lebih cepat, ada cara online yang bisa kamu coba. Syarat utamanya, kamu harus benar-benar ingat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Ada dua cara yang bisa ditempuh, yakni via situs resmi atau aplikasi.

Lewat situs resmi, langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, kunjungi situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Kemudian, masuk/login dengan memasukkan email dan kata sandi yang sudah kamu registrasi.

Sesudahnya, pilih menu Pengaturan. Lalu klik Tambah KJP, pilih segmen sesuai kartu BPJS Ketenagakerjaan-mu (Penerima Upah/Bukan Penerima Upah/Pekerja Migran Indonesia), kemudian klik Submit.

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya muncul menu klik Kartu Digital. Kamu dapat melihat kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital milikmu. Kamu bisa mengklik kartu itu untuk mendaparkan rincian data lengkap tentang status kartu.

Sementara jika lewat aplikasi, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi BPJSTKU.

Jika sudah terinstal, klik Login dan masukkan alamat email berserta kata sandi untuk akun BPJSTKU milikmu. Email dan kata sandi ini harus sesuai dengan yang kamu masukkan saat proses registrasi aplikasi.

Setelah Login dan masuk ke halaman utama, klik Profil, lalu akan muncul halaman Akun Saya. Klik Pengaturan, setelah itu klik Tambah KJP.

Pilih segmen dan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Jika proses ini rampung, klik Layanan dan pilih Kartu Digital. Kamu bisa mendapatkan rincian data lengkap kartu BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Proses online ini cocok bagi kamu yang memang tidak suka antre dan tidak punya waktu untuk datang ke kantor BPJS.

Baca Juga: Tak Usah Bingung, Inilah Cara-Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Nah, itu adalah cara-cara mengurus kartu BPJS hilang. Meski mudah, idealnya kamu tetap harus menjaga kartumuu agar tak hilang, ya!

Selain artikel ini, ada beragam informasi lain tentang BPJS dan jaminan penunjang kerja lainnya dari Glints.

Cukup berlangganan newsletter blog, informasi itu akan dikirim langsung ke emailmu.

Mudah bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, daftar gratis sekarang!

Sumber

    Cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang secara online

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”