Cara Merawat Kesehatan Telinga yang Benar dan Tepat

ulinulin.com – Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting untuk tubuh kita. Telinga digunakan sebagai indera untuk fungsi pendengar. Menjaga kesehatan telinga adalah sesuatu yang penting agar pendengaran kita sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk itulah kita perlu mengetahui berbagai cara merawat telinga kita dengan benar dan tepat.

Dengan mengetahui cara untuk merawat telinga dengan benar dan tepat, pastinya Anda akan bisa mendengar secara optimal dan terhindar dari penyakit. Pasalnya, ungsi adanya telinga bukan hanya untuk mendengar saja tetapi juga digunakan untuk keseimbangan tubuh kita.

Setiap harinya, telinga memiliki fungsi untuk membersihkan sendiri, yaitu dengan cara memproduksi serumen atau cairan yang berwarna kuning di dalamnya. Cairan normal inilah yang biasa akan keluar dan diproduksi saat kita tidur. Dengan keluaran cairan ini akan sangat bermanfaat dan berfungsi untuk menangkap kotoran pada telinga kita.

Selain menangkap kotoran, cairan serumen juga menangkap debu, binatang kecil atau kuman yang masuk pada telinga kita. Cairan serumen memiliki anti bakteri yang berfungsi untuk membunuh kuman serta menjaga kelembaban pada telinga. Lalu bagaimana cara kita untuk merawat telinga secara ‘manual’?

Cara Merawat Telinga Dengan Benar Dan Tepat

Kita sudah mengetahui bahwa telinga adalah salah satu anugerah yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan memiliki telinga yang berfungsi dengan normal dan maksimal, maka kita juga dapat menjalani aktivitas dengan normal.

Pendengaran telinga yang normal dan maksimal pastinya dalam perawatannya juga menggunakan cara yang benar dan tepat. Nah, berikut adalah beberapa tips dalam merawat telinga dengan cara yang benar dan tepat, yaitu:

    Jangan menggunakan cotton bud

Membersihkan atau mengorek kotoran dengan menggunakan cotton bud ini tidak benar. Karena jika Anda menggunakannya, Anda malah akan mendorong kotoran ke dalam dan bukannya keluar. Bahkan jika tidak berhati-hati, korek kuping tersebut juga bisa melukai organ dalam telinga.

Sangat disarankan untuk menggunakan alat pembersih khusus telinga, dan bukan cotton bud. Alat tersebut biasanya banyak dijual di apotek. Namun ingat, jangan terlalu sering menggunakan alat tersebut jika telinga Anda masih normal.

Pasalnya, seperti disinggung di atas, telinga pada dasarnya memiliki mekanisme secara otomatis untuk mengeluarkan kotorannya sendiri. Selain itu, cairan kuning tersebut juga sangat berguna untuk mencegah debu atau binatang kecil yang masuk.

    Mengunyah makanan dengan baik

Kotoran di telinga juga bisa dikeluarkan secara otomatis dengan mengunyah makanan. Melakukan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang tepat akan mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Untuk membuktikannya, Anda bisa mencoba dengan cara mengunyah permen.

    Terapi lilin

Melakukan terapi lilin ini juga akan sangat membantu Anda dalam mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga. Cara melakukannya, Anda cukup membeli lilin untuk terapi telinga, kemudian bakar dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan.

    Jangan menggaruk telinga

Saat telinga terasa gatal, hindarilah untuk menggaruknya karena ini malah akan menjadi infeksi. Sangat disarankan untuk segera ke dokter dan periksakanlah keadaan telinga Anda.

    Hubungi dokter jika terjadi infeksi

Saat telinga mengalami infeksi, segeralah untuk menghubungi dokter. Ada 2 jenis infeksi pada telinga yaitu infeksi pada telinga luar dan tengah. Umumnya, infeksi pada telinga luar ini terjadi karena ada air yang kotor di luar telinga. Telinga akan merasa sakit, bengkak atau bahkan bernanah. Pengobatan jenis ini biasanya adalah antibiotik, dan tentunya sesuai resep dari dokter.

Sedangkan infeksi yang terjadi pada telinga tengah ini akan berakibat buruk di bagian gendang telinga Anda. Gendang telinga akan bisa pecah dan biasanya obat tetes dari resep dokter seperti antibiotik yang akan bisa menyembuhkannya.

Selain akibat infeksi, biasanya telinga juga akan terasa sakit karena masalah lainnya. Masalah-masalah ini bisa terjadi karena Anda menderita nyeri pada tenggorokan atau leher. Jika hal tersebut muncul, Anda juga disarankan untu langsung berkonsultasi ke dokter dan jangan malah melakukan cara yang tidak benar.

    Tutup telinga di perjalanan udara

Saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat, kadang telinga kita akan terasa sakit ketika mendengar deru mesin dan lainnya. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda sebaiknya menutup atau meniup telinga dengan cara yang lembut.

    Bersihkan daun telinga dengan baby oil

Jangan lupa pula untuk membersihkan area luar telinga atau daun telinga dari kotoran yang menumpuk. Untuk urusan ini, Anda dapat menggunakan baby oil dan juga cotton bud. Bersihkanlah sela-sela daun telinga dengan seksama agar tidak ada kotoran yang mengendap dan tersembunyi.

    Perawatan Rutin

Melakukan perawatan secara rutin dengan berkonsultasi ke dokter sangatlah dianjurkan. Melakukan konsultasi ke dokter THT akan sangat membantu menjaga kesehatan terutama telinga Anda. Selain itu, kita juga bisa mencegah timbulnya penyakit telinga yang tidak kita sadari.

    Bersihkan lingkungan sekitar

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”