Cara Merawat Lampu LED Biar Terus Bersinar Terang

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/16/ZXn5Pos1/merawat-lampu-led-4-b4e5.jpg”>

Mobil-mobil baru umumnya sudah menggunakan lampu jenis LED, baik untuk lampu utama, maupun lampu stop di belakang. Lampu jenis ini memang memiliki banyak kelebihan dibanding lampu biasa atau halogen.

Beberapa keunggulan lampu LED antara lain pancaran cahayanya lebih terang dari lampu halogen. Namun disisi lain, lampu LED hanya membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dibanding lampu konvensional.

Tapi bagaimana caranya untuk merawat lampu LED di mobil biar terus menyala terang? Berikut tipsnya dari tim Cintamobil:

1. Mika Jangan Retak

Jaga agar mika lampu jangan sampai retak atau pecah

Merawat lampu LED maupun lampu konvensional sebenarnya tidak jauh berbeda. Antara lain jaga jangan sampai mika lampu retak atau pecah. Jika mika lampu sampai retak atau pecah maka khawatir akan terjadi arus pendek pada lampu akibat lampu terkena cipratan air saat hujan atau mobil dicuci.

2. Perhatikan Seal Batok Lampu

Air rembes ke batok lampu bisa menyebabkan konsleting

Selain menjaga agar mika lampu tidak retak atau pecah, perhatikan juga seal atau lem-lem di batok lampu. Jangan sampai ada lem yang terkelupas yang menyebabkan air bisa rembes ke dalam lampu. Kalau ada air masuk ke batok lampu, khawatir akan terjadi konsleting.

3. Kondisi Aki

Aki yang prima membuat cahaya lampu tetap terang

Terang tidaknya lampu LED sangat tergantung dari suplai arus listrik ke lampu tersebut. Karenanya menjaga tegangan arus listrik pada kendaraan menjadi sangat penting. Dan arus listrik pada mobil ini bersumber dari kinerja aki yang prima. Untuk itu jaga kondisi aki mobil Anda agar usia pakai lampu LED lebih panjang.

Demikian cara merawat lampu LED agar terus bersinar terang. Selamat mencoba!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”