Cara Merawat Rambut Berhijab agar Tetap Wangi, Kuat, & Cantik

ulinulin.com – Berhijab alias menutup aurat merupakan kewajiban semua wanita muslim. Tidak seperti dulu, sekarang sudah tidak ada lagi penghalang bagi siapa saja untuk berhijab. Model pakaian muslim sudah sangat beragam, sehingga orang-orang tidak akan bosan dengan pilihan pakaian yang ada. Selain itu, lapangan pekerjaan pun banyak yang membebaskan pegawainya untuk berhijab.

Sayangnya, tentu saja wanita berhijab tidak akan luput dari masalah, dan masalahnya itu terletak pada kesehatan rambut. Banyak wanita berhijab yang berpikir kalau merawat rambut mereka sama saja dengan rambut yang tidak dihijab. Padahal, rambut yang dihijab membutuhkan perawatan ekstra.

Beberapa Masalah Rambut Berhijab

Bayangkan saja, Anda sekolah atau bekerja selama seharian penuh dengan rambut terikat dan tertutup oleh kerudung. Pastinya rambut Anda akan jadi lepek karena keringat, bukan? Anda perlu tahu kalau rambut juga membutuhkan oksigen yang cukup untuk bisa tumbuh sehat. Makanya, sudah tidak aneh lagi jika ada wanita berhijab yang mengeluh memiliki masalah rambut seperti bau apek, lepek, berminyak, rontok, hingga berketombe.

Cara Merawat Rambut Berhijab

Rambut berhijab membutuhkan trik khusus dan perawatan ekstra supaya bisa tetap sehat dan cantik. Sekarang Kamini mau membagikan tips bagaimana cara merawat rambut berhijab agar tetap wangi, kuat, dan cantik. Seperti apa tipsnya? Yuk, ikuti kiat-kiat di bawah ini!

1. Rajin Dibersihkan

Jika normalnya orang keramas dua hari sekali, untuk Anda yang aktif berhijab tidak ada salahnya untuk keramas setiap hari. Akan tetapi, jangan lupa menggunakan conditioner sesudah keramas agar rambut tidak jadi kering akibat terlalu sering dikeramas. Atau, jika Anda ingin menghindari keramas setiap hari, Anda bisa membilas rambut dengan air saja saat mandi.

2. Gunakan Sampo Khusus

* sumber: www.jeanmilka.com

Teknologi sudah berkembang mengikuti keinginan pasar dan gaya hidup masa kini. Sehingga sudah mudah untuk para wanita berhijab memilih kosmetik dan perawatan rambut khusus untuk rambut mereka yang ditutupi. Salah satu perawatan rambut yang paling sering digunakan adalah sampo. Kami sudah merangkum merk sampo khusus rambut berhijab yang terbaik di artikel ini.

3. Keringkan Rambut dengan Benar

Ketika sehabis keramas, apakah Anda sudah mengeringkannya dengan benar? Seringkali ketika keramas di pagi hari, Anda jadi terburu-buru karena mau berangkat sekolah atau kerja, sehingga rambut pun tidak benar-benar kering. Rambut yang masih basah atau lembap ketika diikat dan dibungkus dengan ciput serta kerudung akan jadi bau apek.

Masalah pun akan berlanjut pada ketombe karena kulit kepala Anda ikut-ikutan jadi lembap. Jika sudah berketombe, kulit kepala Anda akan terasa gatal yang tentunya sangat mengganggu. Rambut Anda juga berpotensi jadi lebih rapuh karena sudah diikat ketika masih basah.

4. Gunakan Hair Tonic & Vitamin

* sumber: www.beautyundercover.sg

Penggunaan hair tonic dan vitamin rambut sangatlah esensial jika ingin rambut berhijab Anda tetap sehat dan cantik. Hair tonic akan menguatkan rambut supaya tidak patah dan rontok. Hair tonic juga berfungsi untuk melebatkan rambut jika Anda mengidamkan memiliki rambut yang lebih tebal.

Lalu untuk vitamin fungsinya adalah mempercantik rambut. Ingin rambut yang berkilau, lembut, mudah diatur, dan harum? Pakailah vitamin rambut secara rutin. Anda bisa menemukan daftar hair tonic yang bagus di sini dan merk vitamin rambut yang recommended di sini.

5. Rajin Perawatan

Perawatan rambut yang kami maksud di sini bisa Anda lakukan di salon, seperti masker atau creambath. Ketika weekend, mampirlah ke salon favorit Anda untuk merawat rambut sekalian me time. Tapi, kalau Anda lebih suka perawatan sendiri di rumah juga bisa, kok. Baca cara creambath sendiri di rumah dengan benar di sini, yuk.

Dengan rajin masker atau creambath, maka rambut Anda akan jadi lebih bersih, sehat, dan cantik. Gunakan masker atau creambath secara tepat, seperti mengandung mint atau yang ada keterangan anti dandruff-nya untuk rambut berketombe. Jika ingin rambut jadi lebih kuat dan tidak mudah rontok, gunakan masker atau creambath ginseng, kemiri, atau lidah buaya. Sedangkan untuk membuat rambut jadi wangi dan lembut Anda bisa memilih yang varian stroberi, cokelat, kopi, kiwi, dan lain-lain.

6. Buka Rambut Sesekali

* sumber: www.pinterest.ca

Maksud buka rambut di sini bukan berarti Anda lepas hijab, ya! Jadi, maksudnya adalah Anda memberi waktu rambut untuk bernafas selama beberapa saat, jangan sampai ditutup seharian penuh. Tentu Anda melaksanakan ibadah, bukan? Kecuali jika Anda sedang halangan tentunya.

Nah, pada saat itu lepas kerudung dan ikatan rambut Anda. Sehingga, rambut Anda mendapatkan waktu untuk rehat sejenak. Anda juga akan merasa lebih segar pastinya setelah berjam-jam mengikat rambut dan menutupnya dengan ciput serta kerudung. Oh, iya, jangan ikat rambut terlalu kencang, ya! Selain dapat membuat rambut jadi rapuh, Anda juga lama-lama akan merasa pusing.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”