Cara Mudah Cek Kondisi 5 Komponen Cukup dengan Melihat Kolong Mobil

ulinulin.com

Saat akan mulai memanaskan mobil di pagi hari, sebaiknya Anda melakukan inspeksi terhadap kendaraan tersebut. Caranya dengan mengelilingi mobil satu kali untuk melihat apakah ada kondisi mobil yang rusak.

Selain mengelilingi mobil, untuk melakukan inspeksi pra berkendara bisa juga dengan melihat ke kolong mobil. Dengan cara sederhana ini ternyata bisa mengetahui kondisi beberapa komponen di mobil tersebut.

Lalu komponen apa saja yang dapat diketahui ketika melihat kolong mobil?

1. Cek Kebocoran Oli

Jika lantai garasi meninggalkan noda hitam, artinya ada oli yang bocor

Dengan melihat ke bagian kolong mobil, Anda bisa mengecek apakah ada kebocoran oli mesin atau oli transmisi. Caranya, lihat ke bagian lantai garasi, apakah ada sisa tetesan oli yang berada dekat ruang mesin. Jika ada, maka boleh jadi itu adalah oli yang bocor dan menetes ke lantai.

2. Cek Kebersihan AC

Wajar jika ada tetesan air AC di kolong mobil

Dengan melihat kolong mobil, Anda juga bisa memastikan apakah sistem pembuangan air AC masih lancar atau tersumbat. Caranya, dengan mengecek ada aau tidak sisa tetesan air dari AC mobil ke lantai garasi. Jika ada, maka saluran pembuangan air AC masih lancar, kalau sebaliknya, maka itu pertanda ada yang kotor di AC mobil Anda.

3. Cek Kondisi Suspensi

Kalau ada lelehan oli di suspensi bisa langsung terlihat

Sama dengan melihat kebocoran oli, apabila Anda menemukan suspensi terdapat lelehan oli, maka itu pertanda ada kebocoran pada suspensi tersebut. Untuk memastikannya, gunakan tisu kering, lalu usap ke batang suspensi mobil. Jika pada tisu meninggalkan noda hitam yang cukup kental, maka itu adalah oli yang bocor dari suspensi.

4. Cek Ban

Ban yang benjol bisa diketahui sebelum Anda berkendara

Saat melihat kolong mobil, Anda juga dapat mengatahui kondisi ban mobil Anda. Jika secara visual terlihat ada salah satu ban yang kurang tekanan angin, maka biasanya akan langsung terlihat jelas. Begitu pula jika misalnya ada ban yang tapaknya sudah habis atau terdapat benjolan di dinding ban.

5. Menghindari Binatang Terlindas

Jangan sampai hewan kesayangan Anda terlindas saat akan keluar dari garasi

Selain mengecek komponen-komponen mobil, dengan terlebih dulu melihat ke arah kolong mobil sebelum beraktifitas, Anda juga dapat menghindari kemungkinan binatang terlindas. Apalagi jika binatang tersebut adalah hewan peliharaan Anda sendiri.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”