Cara Mudah Membersihkan Plafon Mobil

ulinulin.com

Berbeda dari komponen interior lain yang langsung bersentuhan dengan tangan atau badan seperti jok, dashboard, door trim, atau setir, kondisi plafon sering kali diabaikan pengemudi, alhasil jarang dibersihkan.

Namun tanpa disadari, ketika Anda membuka kaca mobil secara otomatis plafon terkena debu dari luar kaca dan akhirnya meninggalkan noda dan kotoran. Hal seperti ini mungkin tidak terlalu menyulitkan jika material platform mobil Anda menggunakan kulit, namun akan sangat menjengkelkan jika yang digunakan bersifat sensitif seperti fabric berserat.

Anda tidak perlu khawatir, dengan metode yang benar Anda bisa membersihkan plafon mobil Anda hingga kondisinya kembali kinclong terlepas material plafon apa yang digunakan mobil Anda.

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan seperti sikat interior yang bersifat halus dan juga kain berbahan lembut dan halus seperti kain microfiber. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang disesuaikan dengan material interior mobil Anda. Untuk langkah-langkah selanjutnya, anda bisa lihat pada uraian di bawah ini:

Sikat plafon secara perlahan dengan gerakan satu arah menggunakan sikat dengan material yang halus

1. Langkah pertama, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih interior pada bagian bagian plafon dan menyikatnya secara perlahan dengan gerakan satu arah. Sebisa mungkin jangan sampai ada yang terlewat, karena jika bagian yang tersemprot itu tidak tersentuh akan menciptakan noda baru.

2. Setelah itu, bersihkan plafon yang sudah disikat dengan lap microfiber yang dibersihkan menggunakan lap microfiber yang sudah dibasahkan sedikit dengan air. Jika noda plafon masih membandel, Anda bisa mengulangi langkah pertama untuk memastikan plafon mobil Anda sudah bersih.

Setelah itu, Anda bisa mengelapnya dengan lap microfiber yang sudah sedikit dibasahi air

3. Hal lain yang harus Anda perhatikan saat membersihkan plafon mobil, gosokan kain dan sikat secara lembut dan searah dengan plafon mobil Anda. Hal ini diperlukan untuk menjaga plafon mobil Anda rapi dan tidak cepat rusak, hindari juga penggunaan vacuum cleaner ketika membersihkan plafon mobil, karena daya hisap vacuum yang yang kuat dapat membuat plafon cepat mengendur.

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, kondisi plafon Anda akan selalu bersih dan sama baiknya seperti bagian interior mobil lainnya. Untuk tips & trik yang tak kalah menarik lainnya, simak link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”