Cara Pakai Cuka Apel Sebagai Perawatan Kulit

ulinulin.com – Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Dream – Mudah ditemukan dan memiliki harga terjangkau, bahan alami masih jadi andalan masyarakat dalam perawatan kulit tubuh termasuk wajah dan kepala.

Meski bahan alami juga sering didapati di dalam produk kecantikan, tapi menggunakan bahan alami lewat DIY atau Do It Youself jadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk dilakukan.

Sebab, bahan alami biasanya bekerja dengan waktu yang tidak sebentar.

Yup, walau hasilnya tidak singkat, namun banyak orang tetap senang membuat DIY skincare dari bahan alami. Salah satu bahan alami yang umum untuk dimanfaatkan adalah cuka apel.

Cuka apel terjadi karena adanya proses fermentasi dari ekstrak apel. Memiliki rasa yang kurang sedap, cuka apel sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam perawatan kulit.

Agar tetap nyaman selama penggunaan, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan, Sahabat Dream.

Kira-kira untuk apa saja, ya?

    Toner

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai toner. Namun, kamu harus mencampurnya bersama air dengan perbandingan 1:3 agar kulit tidak kaget ketika pengaplikasikan cuka apel.

Tapi buat kamu yang sudah terbiasa dengan penggunaan cuka apel sebagai skincare, campurkan perbandingan 1:1 saja, ya.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggal aplikasikan saja ke wajah dengan menggunakan kapas.

    Obat Totol Jerawat

Untuk kamu yang memiliki jerawat di wajah, kamu juga dapat menggunakan cuka apel sebagai obat totol.

Cuka apel memiliki kemampuan untuk melawan jerawat di wajah. Kamu bisa mengaplikasikan cuka apel dengan menggunakan cotton bud, tepat pada titik jerawat di wajah, dan biarkan semaleman.

    Eksfoliator Kulit Kepala

Kulit kepala butuh untuk dieksfoliasi agar sehat dan terbebas dari berbagai macam masalah rambut.

Cuka apel yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, bisa dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit kepala.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, kamu tinggal mencampurkan cuka apel ke dalam sampo yang kamu miliki, dan keramas seperti biasa.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan selain kulit kepala yang lebih bersih adalah terbebas dari ketombe.

Sumber: Femina.in

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”