Cara Sederhana Rawat AC Mobil

ulinulin.com – AC Mobil | Cara Rawat AC Mobil

Penyejuk udara atau AC mobil (air conditioner) menjadi salah satu fitur penting penunjang kenyamanan pengendara dan penumpang. Terutama selama bulan Ramadan yang dibarengi musim kemarau seperti saat ini.

Bisa dibayangkan, Anda sekeluarga berkendara menempuh perjalanan panjang (misalnya mudik jelang Lebaran) dalam kondisi panas sambil berpuasa, namun AC mobil tidak berfungsi baik. Kepanasan dan mudah letih dapat menghantui selama perjalanan.

Dampaknya bukan hanya mengganggu kenyamanan berkendara. Kondisi keletihan juga bisa mempengaruhi konsentrasi dan stamina pengendara, yang jika terganggu berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Agar AC mobil tetap berfungsi baik dan terjaga kesejukannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan rutin memeriksakannya dan merawatnya ke bengkel khusus. Namun, ada juga cara-cara lain yang sebenarnya tergolong mudah dan sederhana, seperti Momobil rangkum dari berbagai sumber:

1. Geber AC

Jalankan AC ke posisi paling dingin dan kecepatan kipas (fan) paling kencang selama 10 menit. Lakukan ini minimal sebulan sekali. Cara ini diyakini bisa menjaga tekanan di pendingin AC, mencegah selang-selang mengeras, dan kerusakan pada sil.

2. Rutin bersihkan mobil

Kabin kotor membuat debu dan kotoran menumpuk pada permukaan ventilasi AC. Itu bisa membuatnya tidak berfungsi optimal dan udara yang dihasilkan kurang dingin. Bersihkanlah kabin mobil secara rutin.

3. Jangan merokok

Asap dan abu rokok dapat terhisap ke dalam blower dan menempel pada evaporator. Dampaknya komponen tersebut menjadi kotor dan menganggu kinerja AC. Jadi selain menjaga kesehatan Anda, menjauhi rokok juga bisa merawat dan membuat kinerja AC mobil tetap prima.

4. Jauhkan pengharum

Hindari menaruh pengharum mobil dekat AC. Zat kimia pada pengharum dapat mengendap dan menjadi sarang debu atau jamur dalam evaporator. Kandungan kimia yang tinggi juga berpotensi membuat AC mobil mengembuskan bau tidak sedap.

5. Matikan AC mobil saat buka jendela

Biasanya ketika mudik, pengemudi atau penumpang gampang bosan dan mengantuk. Salah satu cara mengusirnya dengan membuka jendela melihat pemandangan. Namun, AC biasanya lupa dimatikan.

Selain membuat AC bekerja keras, debu dan kotoran dari luar juga dapat menumpuk pada permukaan ventilasi dan menempel pada evaporator sehingga menggangu kinerjanya.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”