Cara Sukses di TikTok Shop pada Momen 9.9: Pahami Kebutuhan Audiens hingga Kolaborasi

ulinulin.com – Parapuan.co – Penggemar belanja online selalu menantikan momen festival belanja yang biasanya digelar pada tanggal dan bulan kembar. Misalnya saja, festival belanja 7.7, 8.8, 9.9, dan 10.10.

Pasalnya, pada momen tersebut banyak promo belanja online yang dapat diraih. Dulu, tradisi menjadikan tanggal dan bulan kembar sebagai momen memberikan promo belanja hanya dilakukan oleh platform e-commerce.

Kini, sudah banyak platform digital yang memiliki fitur belanja atau shop. Tradisi tersebut pun “digemburkan” di platform digital dengan fitur tersebut. Kesuksesan festival belanja pada tanggal dan bulan kembar di platform digital pun tidak kalah apabila dibandingkan dengan platform e-commerce.

Contohnya, kesuksesan TikTok dengan fitur TikTok Shop pada festival belanja online 9.9 yang berlangsung Jumat (9/9/2022). Dengan fitur Shoppable Livestream yang mumpuni, TikTok Shop memungkinkan kreator dan penonton berinteraksi selama sesi live yang mendorong terjadinya pembelian produk.

Pada festival belanja TikTok Shop 9.9 Big Sale, TikTok Shop berhasil mencatat rekor baru dengan peningkatan gross merchandise value (GMV) sebesar 189 persen dibandingkan hari biasa.

Sebagai informasi, GMV adalah akumulasi nilai pembelian dari pengguna aplikasi. TikTok Shop berhasil meningkatkan GMV empat kali lipat dibanding hari biasa pada jam pertama festival belanja 9.9 dimulai. Pesanan produk melalui TikTok Shop meningkat sebesar 139 persen pada momen 9.9.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari kreativitas dan strategi yang diterapkan para kreator yang berpartisipasi pada momen 9.9 di TikTok Shop. Apa saja cara sukses jualan di TikTok Shop pada momen tersebut?

1. Membuat TikTok LIVE yang interaktif dan solutif

Salah satu kreator TikTok Shop, Nia dengan akun @niafitri1701, menyadari bahwa platform tersebut mengusung konsep shoppertainment. Dalam keterangan tertulis yang diterima Parapuan, Selasa (25/10/2022), kreator yang berjualan produk fesyen tersebut mengatakan, para pengguna TikTok Shop ingin mencari hiburan sekaligus berbelanja.

Kesadaran tersebut membuatnya sukses meningkatkan GMV-nya berkali-kali lipat pada momen festival belanja 9.9. Ia membuat sesi live lebih interaktif dan menghibur sehingga penonton betah berlama-lama menonton sesi live.

Tak hanya itu, sesi live yang interaktif membuat penonton merasa terhubung dengan kreator dan brand. Peluang mereka membeli produk jadi lebih besar.

Dalam sesi live yang dilakukan selama delapan kali, mulai Sabtu (3/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022), Nia mencoba untuk interaktif dan solutif dengan menjawab pertanyaan yang diajukan penontonnya di kolom komentar.

Tak lupa, Nia juga memberikan rekomendasi produk yang paling populer serta produk yang cocok dengan kebutuhan konsumennya. Dengan cara itu, ia berhasil meningkatkan angka penjualan selama festival belanja 9.9.

Cara itu juga membuahkan kesuksesan bagi kreator lainnya, Fitria Nindy. Fitria yang berjualan skincare dan produk kecantikan melalui akun @fitrianindy membuat sesi live interaktif dengan berbagi tip serta cerita “perjalanannya” dalam mencoba beragam produk skincare.

Ia juga berupaya peka terhadap komentar-komentar yang ada. Untuk membuat sesi live lebih seru, Fitria memberikan promo khusus dalam waktu terbatas semacam flash sale. Promo tersebut mendorong banyak penonton untuk check out dalam waktu cepat selama sesi live berlangsung.

2. Tidak ragu menambah durasi live saat traffic tinggi

Bagi @Kohcun, salah satu kreator TikTok Shop yang berjualan gadget, tidak ada durasi sesi live yang baku untuk sukses menjual sebuah produk. Menurutnya, kreator harus peka dengan angka traffic penonton selama sesi live.

Traffic penonton yang tinggi merupakan cerminan antusiasme terhadap produk yang dijual. Oleh sebab itu, ketika traffic sedang tinggi-tingginya, @Kohcun malah semakin gencar berinteraksi dengan penonton.

Pada momen 9.9, ia bahkan berhasil menembus rekor live terlama, yakni 8 jam. Padahal, durasi live paling panjang yang @Kohcun pernah lakukan hanya 2 jam. Dengan strategi itu, ia berhasil meningkatkan GMV sebesar 1.175 persen dibanding sesi live di hari biasa pada momen 9.9.

Strategi itu juga dipakai oleh Alice Norin. Saat ini, Alice aktif sebagai kreator TikTok Shop dengan akun @alicenorin. Ia tak ragu menambah durasi live ketika traffic penonton sedang tinggi. Ia pun membawakan materi live secara enerjik sehingga penonton bersemangat untuk melakukan pembelian.

3. Berpartisipasi dalam kampanye yang diadakan TikTok

TikTok Shop memiliki kampanye menarik selama festival belanja 9.9, yakni 999 Alasan Sayang TikTok Shop. Pada kampanye tersebut para kreator dapat menggunakan special effect dan mengungkapkan rasa sayangnya pada TikTok Shop dengan tagar #999AlasanSayangTikTokShop.

Para kreator dan pengguna TikTok Shop dapat menyampaikan alasan memilih TikTok Shop sebagai tempat berbelanja. Alasan bisa berupa banyaknya diskon, kejutan, dan promo tematik. Sebagai balasan, TikTok Shop memberi jawaban yang bertuliskan “TikTok Shop loves you too”.

Berpartisipasi dalam program ini akan membuat kreator terekspos. Salah satu kreator populer yang memanfaatkan program ini adalah Natasha Surya. Ia mengungkapkan alasannya mencintai TikTok Shop melalui kampanye tersebut.

Menurutnya, TikTok Shop mempermudah pelanggan memilih barang yang dibutuhkan. Proses check out pun lebih mudah.

“Selain itu TikTok Shop juga tepercaya. Banyak brand lokal dan internasional ada di TikTok Shop. Ada banyak barang yang disubsidi sehingga harganya kompetitif bagi pelanggan,” ujar Natasha.

Kolaborasikan kreator, selebritas, dan brand selama 9.9

Perwakilan TikTok Shop Indonesia mengatakan, pada momen festival belanja 9.9, TikTok Shop tetap mempertahankan konsep shoppertainment.

“Dalam momen belanja 9.9 ini, kami berkomitmen untuk mendukung brand dan bisnis lokal agar bisa terus berkembang. Kami sekaligus memberikan pengalaman belanja yang seru dan menguntungkan untuk konsumen lewat konsep shoppertainment, yaitu kegiatan belanja yang digabungkan dengan hiburan,” ujarnya.

Agar momen festival belanja tersebut meriah dan menghibur, TikTok Shop mengolaborasikan kreator dan selebritas dengan brand. Selama festival belanja 9.9 berlangsung, TikTok Shop mengadakan Fans Talk, Fans Hour, dan Fans Session.

Kreator diajak untuk berkolaborasi dengan selebritas idolanya dalam sesi live. Selebritas hadir sebagai co-host. Kemudian, selebritas juga dilibatkan dalam pemilihan video #999AlasanSayangTikTokShop dengan jumlah like paling banyak untuk dinobatkan sebagai video paling kreatif.

Pada sesi Fans Hour dan Fans Session, selebritas diberi kesempatan untuk mengajak penggemarnya live sebagai co-host. Salah satu selebritas yang melakukan live bersama penggemarnya adalah Aurel Hermansyah.

“Selain kolaborasi dengan selebritas, kami juga menghadirkan kampanye-kampanye menarik yang menambah keseruan momen belanja setiap bulan. Dengan begitu, kami berharap semakin banyak pengguna, kreator, dan brand yang semakin sayang dengan TikTok Shop,” tambah Perwakilan TikTok Shop Indonesia.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang TikTok Shop, momen belanja, kisah sukses brand, serta bagaimana brand mengembangkan bisnisnya di TikTok dan TikTok Shop, silakan kunjungi https://seller-id.tiktok.com/.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website grid.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”