Cara Tepat Pakai Sarung Mobil Saat Parkir

ulinulin.com – Sarung Mobil | Pakai Sarung Mobil

Cover atau sarung mobil memiliki fungsi melindungi bagian eksterior agar lapisan cat mobil tidak mudah rusak. Namun, penggunaan sarung mobil yang tidak tepat justru akan membuat ancaman kerusakan eksterior semakin nyata.

Untuk menjaga lapisan cat mobil agar tidak mudah kusam apalagi hingga berjamur, yang paling utama harus dilakukan adalah selalu memarkir mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena air hujan. Namun, kadangkala hal ini sulit dilakukan karena keterbatasan tempat parkir sehingga banyak pengendara yang terpaksa memarkir mobil di lahan terbuka atau di bawah pohon.

Agar mobil mereka tetap terlindungi saat parkir di areal terbuka, sebagian orang menyiasatinya dengan menggunakan sarung mobil. Sayangnya, upaya ini tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana menggunakan sarung mobil yang tepat dan cara memilih cover mobil.

Dalam menggunakan cover, yang harus diperhatikan pertama kali adalah kondisi eksterior mobil. Jangan pernah menutup mobil dengan cover saat bodi mobil dalam keadaan basah, sebab akan menyebabkan noda yang menempel pada cat mobil. Noda tersebut akan sulit dihilangkan bahkan jika dibersihkan menggunakan mesin poles.

Yang kedua, jika mobil yang diselimuti cover tersiram hujan, jangan biarkan sarung yang basah menutupi mobil hingga kering. Sama seperti di atas, hal ini juga akan menyebabkan noda pada cat mobil. Sebab, tidak semua penutup bodi mobil memiliki kemampuan water proof yang baik. Maka, setelah hujan berhenti, Anda harus segera membuka sarung mobil dan membilas bagian eksterior mobil dengan air bersih.

Memilih cover yang tepat juga sangat penting untuk memastikan mobil Anda terlindungi dengan baik. Hal ini harus dilakukan karena bahan yang digunakan untuk membuat sarung mobil cukup beragam, mulai dari plastik, parasut atau polyester hingga propylene.

Sarung yang berkualitas cukup baik biasanya terdiri dari 4 hingga 5 lapis yang masing-masing lapisan memiliki bahan yang berbeda. Bagian terluar terbuat dari bahan propylene yang anti-air dan mampu menahan sinar ultraviolet. Lapisan kedua umumnya dibuat dari bahan yang bisa ‘bernafas’. Fungsinya mengeluarkan uap-uap air yang kadang menempel, juga mengurangi genangan air di bodi mobil.

Lapisan ketiga berfungsi sebagai penguat dan proteksi, sedangkan lapisan paling dalam dibuat dengan bahan yang halus untuk mengurangi gesekan dengan bodi mobil. Biasanya sarung mobil jenis ini harganya lebih mahal namun jauh lebih aman bagi eksterior mobil dibandingkan dengan sarungnya yang hanya terdiri dari satu atau dua lapisan saja.

Oleh : M.Kamal

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”