Catat! Ini 16 Barang yang Wajib Dibawa ke Rumah Sakit saat Melahirkan

ulinulin.com – Menjelang persalinan, ada banyak sekali persiapan yang harus Mama siapkan sebelum bertemu dengan si Kecil. Mulai dari persiapan mental, kesiapan tubuh, hingga persiapan kebutuhan selama di rumah sakit.

Biasanya, sebulan atau beberapa minggu sebelum melahirkan, Mama sudah harus menyiapkan beberapa barang-barang penting sebagai keperluan yang akan digunakan selama di rumah sakit.

Berikuttelah merangkum 16 barang yang wajib dibawa ke rumah sakit saat melahirkan. Dicatat, ya, Ma!

1. Pakaian ganti untuk Mama

Pakaian merupakan barang yang paling penting dan wajib ada di tas mama. Beberapa pakaian ganti seperti daster yang berkancing atau busui friendly sangat disarankan untuk dipakai sebelum bahkan sesudah melahirkan.

Mama dapat menyiapkan 4-5 pakaian, dan jangan lupa siapkan pakaian yang akan dikenakan saat keluar dari rumah sakit.

2. Lotion dan minyak pijat

Kedua barang ini juga tidak kalah penting harus berada di dalam tas mama. Karena sebelum menunggu persalinan, Mama akan merasa pegal. Sehingga, Mama dapat meminta tolong Papa untuk memijat bagian tubuh mama yang terasa pegal saat di rumah sakit nanti.

3. Bantal atau guling

Meskipun di rumah sakit sudah tersedia bantal dan guling, ada baiknya Mama membawa satu bantal tambahan untuk berjaga-jaga jika membutuhkan, baik itu untuk Mama atau pendamping yang akan menjaga Mama.

4. Birth ball

Birth ball juga wajib masuk ke dalam list yang harus dibawa ke rumah sakit jika Mama berencana melahirkan dengan normal.

Biasanya, birth ball sangat perlu digunakan sebelum Mama akan masuk ke ruang persalinan.

Dilansir dari Healthline, duduk di atas birth ball dapat meredakan sakit punggung, mengurangi tekanan panggul, dan bahkan dapat mempersingkat waktu persalinan.

5. Breast pad

Barang satu ini juga wajib ada di tas mama. Hal ini dikarenakan, setelah melahirkan Mama akan mulai menyusui dan memompa ASI untuk si bayi mama.

Fungsi dari breast pad ini untuk mengantisipasi ASI yang merembes ke pakaian mama.

6. Pembalut khusus untuk ibu melahirkan/ pembalut nifas

Setelah melahirkan, Mama akan mengalami nifas. Dalam masa pemulihan, Mama akan mengalami nifas selama 40 hari. Hal ini dikarenakan, rahim mama sedang menyusut seperti semula.

Oleh karena itu, Mama perlu membawa pembalut nifas secukupnya.

7. Breast pump

Breast pump atau pompa ASI merupakan barang yang tidak boleh tertinggal. Karena, setelah melahirkan nanti, Mama akan memberikan asupan kepada si Kecil dengan cara menyusui.

Terkadang, menyusui langsung terus-menerus dapat membuat Mama kelelahan, mengingat Mama masih dalam masa pemulihan pasca persalinan.

Maka dari itu, pompa ASI sangat dibutuhkan untuk memberikan asupan kepada bayi melalui media lainnya, seperti sendok, cup feeder, atau spuit.

Editors’ Picks

8. Peralatan mandi dan skincare

Barang yang satu ini harus dan bahkan harus ada di tas mama. Pasalnya, tidak semua rumah sakit menyediakan keperluan mandi, seperti sampo, sabun mandi, sikat gigi, dan pasta gigi.

Selain itu, Mama juga dapat membawa basic skincare seperti sabun cuci muka, toner, pelembab, dan sunscreen agar kulit mama tetap terjaga seperti biasanya.

9. Alas kaki yang nyaman

Sebelum atau bahkan sesudah persalinan, tentunya Mama akan berjalan-jalan disekitar ruangan kamar agar punggung mama tidak pegal. Maka dari itu, Mama perlu membawa alas kaki yang nyaman.

10. Korset

Korset merupakan barang yang perlu dibawa. Barang ini tentunya sangat bermanfaat untuk menyangga perut yang kendur setelah melahirkan.

11. Popok bayi

Selain pakaian bayi, popok bayi juga dapat menjadi salah satu barang yang harus dibawa. Untuk popok bayi, Mama dapat membawa secukupnya untuk berjaga-jaga. Mama bisa membawa popok kain atau popok sekali pakai.

12. Sarung tangan dan kaus kaki

Meskipun terkadang sudah disediakan dari rumah sakit, ada baiknya untuk Mama selalu berjaga-jaga membawa sarung tangan dan kaus kaki bayi.

Selain itu, sarung tangan dan kaus kaki bayi sangat penting untuk menjaga suhu bayi tetap hangat.

13. Selimut bayi

Barang yang juga tak boleh terlupakan untuk dibawa ke rumah sakit adalah selimut bayi. Sebaiknya bawa selimut bayi yang berbahan dasar katun dan tidak banyak aksesoris.

14. Topi atau kupluk khusus bayi

Selain selimut, kaus kaki, dan sarung tangan, topi bayi atau kupluk juga merupakan barang penting yang wajib dibawa. Topi bayi atau kupluk memiliki manfaat untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap stabil.

15. Pakaian bayi

Barang yang paling penting untuk dibawa ke rumah sakit adalah pakaian bayi. Karena, tidak semua rumah sakit menyediakan pakaian untuk bayi mama.

Sehingga, Mama perlu membawa sebanyak 8 sampai 10 pasang untuk kebutuhan bayi mama.

16. Gendongan bayi

Barang yang perlu Mama bawa selanjutnya adalah gendongan bayi. Barang yang satu ini sangat penting dan harus ada di list barang bawaan Mama ke rumah sakit.

Ada beberapa jenis gendongan bayi yang dapat Mama gunakan, seperti kain jarik, gendongan woven wrap, gendongan ring sling, dan gendongan stretchy wrap.

Selain membawa perlengkapan-perlengkapan Mama dan bayi, Mama perlu meminta Papa untuk menyiapkan perlengkapan yang mesti dibawa ke rumah sakit untuk menemani Mama, seperti pakaian, snack, selimut, charger handphone, kamera, dan lain-lain.

Itu dia 16 barang yang wajib dibawa ke rumah sakit saat melahirkan. Jangan lupa untuk dipersiapkan sejak satu bulan atau satu minggu sebelum hari perkiraan lahir, ya, Ma!

Semoga bermanfaat!

Ini Dia, Ma, Manfaat Birth Ball untuk Persiapan Persalinan

5 Rekomendasi Gendongan untuk Bayi Baru Lahir yang Nyaman dan Aman

Kapan Bayi Boleh Duduk di Stroller?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popmama.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”