Catat, Suhu Air Terbaik untuk Bersihkan Wajah

ulinulin.com – Wajah Bersih

Dream – Mencuci muka adalah perawatan wajah yang paling dasar. Dengan mencuci muka, kulit wajah akan bebas dari kotoran, debu, minyak sehingga meminimalkan risiko jerawat dan masalah kulit lainnya.

Wajib hukumnya wajah dalam keadaan bersih sebelum tidur. Untuk membersihkan wajah, banyak produk yang bisa kamu gunakan. Ada facial foam, micellar water, cleansing balm, cleansing oil dan masih banyak lagi.

Apapun produknya, satu hal yang pasti kamu butuhkan adalah air bersih. Bagaimana dengan suhunya? Hindari membilas wajah dengan air hangat atau sangat dingin. Biar wajah Sahabat Dream selalu sehat, perhatikan suhu air terbaik untuk bersihkan wajah.

” Suhu air yang terbaik untuk mencuci wajah adalah suhu suam-suam kuku – tidak dingin, namun juga tidak terlalu panas. Suhu yang di tengah-tengah ini tidak akan menghilangkan minyak alami kulit karena air yang panas, atau menyusut karena air dingin,” kata Rachel Nazarian, seorang dokter kulit, dikutip dari Byrdie.

Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat memperburuk kondisi kulit seperti rosacea, dan dermatitis atopik atau eksim, dan menghilangkan kelembaban kulit. Meskipun suhu suam-suam kuku merupakan suhu yang terbaik, mencuci muka dengan air dingin juga mempunyai manfaat tersendiri.

© MEN

Salah satu manfaatnya ialah dapat membantu mengatasi iritasi terkait jerawat dan membantu mengurangi bengkak pada kulit. Air dingin juga bisa menyebabkan vasokonstriksi, yaitu penyempitan pembuluh darah yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan tidak meradang selama sementara.

Kekurangan Mencuci Muka dengan Air Dingin

Mencuci muka dengan air dingin memiliki sisi negatif bagi orang tertentu. Air dingin tidak membersihkan wajah dari bakteri dan polutan dibandingkan mencuci muka dengan air sua-suam kuku.

Hal tersebut karena pori-pori dapat bereaksi terhadap air dingin dengan berkontraksi, sehingga dapat menjebak kotoran, bakteri, dan minyak. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencuci wajah dengan benar, ikuti tips berikut agar kulit tetap terjaga.

– Cuci Muka dengan Air Suhu NormalSeperti yang sudah disebut sebelumnya, air suam-suam kuku adalah temperatur terbaik untuk mencuci muka. Namun, kamu bisa menggunakan air dingin untuk menyegarkan wajah pada pagi hari, atau setelah mencuci muka dengan air suam-suam kuku.

– Hindari Air yang Terlalu PanasAir yang terlalu panas dapat mengangkat minyak alami di kulit dan menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga membuat kulit tampak lebih merah.

– Cuci Muka 2 Kali SehariMencuci muka sebaiknya dilakukan dengan konsisten, terutama di penghujung hari untuk menghilangkan kotoran, makeup, dan bakteri lainnya.

– Batasi Eksfoliasi Kulit Menjadi 1-2 Kali Per MingguEksfoliasi yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kulit, seperti iritasi, berjerawat, dan bahkan menghilangkan minyak alami pada kulit.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”