Cegah Bocor, Inilah Tips Rawat Karet Pada Mobil

ulinulin.com

Kebocoran pada mobil yang berakibat air masuk ke dalam kabin bisa terjadi pada mobil apapun. Karet pada bagian pintu bisa aus atau bocor karena tidak terawat. Kebocoran juga bisa dikarenakan pemilik kendaraan sering kali lupa untuk rawat karet atau seal yang posisinya tersebar di sekitaran eksterior hingga interior.

Periksa karet pada bagian mobil secara periodik untuk memastikan tidak ada kebocoran

Jika tak diperiksa, bukan tak mungkin karet menjadi keras dan getas. Apabila hal itu terjadi, bukan tak mungkin ketika hujan, air akan masuk melalui celah karet yang retak. Lantas bagaimana cara rawat karet pada mobil yang tepat?

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk rawat karet adalah memeriksa pada bagian jendela. Jika karet bagian ini kaku atau rusak, air hujan ataupun kotoran pasti akan masuk ke dalam sela-sela tersebut. Biasakan untuk menyemprotkan cairan khusus karet, hal ini tentunya akan memiliki manfaat agar tidak mudah getas dan kering.

Langkah kedua yang bisa dilakukan dalam rawat karet ialah cek karet atap mobil, karet kaca depan dan karet pada engsel pintu. Perawatannya tidak harus rutin setiap hari, namun harus ada waktu periodik untuk pengecekan. Setidaknya satu atau dua minggu sekali.

Ketika hujan karet yang getas akan membuat bocor dan masuk air ke kabin mobil

Cara terakhir ialah hindari parkir di tempat yang panas. Ini karena bila mobil sering terparkir pada area yang terkena sinar matahari langsung bisa membuat karet lebih cepat getas. Semoga berguna tips rawat karet pada bagian mobil dari kami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”