Cegah Kulit Dehidrasi, Ini Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit

ulinulin.com – Menjaga kesehatan kulit memang menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi banyak wanita. Alhasil berbagai macam produk kecantikan kini makin diburu, demi mendapatkan kulit bersih dan sehat.

Sayangnya, tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit, karena semua bergantung dengan kandungan apa yang digunakan dalam produk tersebut.

Berbicara soal produk perawatan kulit, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Hyaluronic Acid. Pasalnya ada banyak sekali produk perawatan kulit yang memakai Hyaluronic Acid sebagai kandungan utamanya.

Namun pertanyaan pun muncul, apa itu Hyaluronic Acid? Apa saja manfaatnya? Sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini.

Makanya kali ini Kamini akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan Hyaluronic Acid. Sudah pada penasaran? Jangan sampai terlewatkan, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa sih Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid atau HA adalah senyawa alami yang bisa ditemukan di seluruh jaringan ikat yang ada di tubuh. Dikutip dari Healthline, senyawa ini hanyalah karbohidrat panjang yang tidak bercabang atau gula yang disebut polisakarida.

Faktanya kandungan hyaluronic acid alami dalam tubuh akan terus berkurang, seiring dengan bertambahnya usia.

Seperti yang kita ketahui, bertambahnya usia akan membuat kulit terasa kendur, muncul kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menambah kandungan hyaluronic acid buatan yang terdapat dari berbagai produk skincare. Alasannya karena hyaluronic acid bekerja untuk membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga proses regenerasi bisa berjalan dengan baik.

Hyaluronic acid dapat mengikat 1000 kali berat air dalam kulit, karena fungsinya sebagai humektan. Jadi bisa menahan molekul air ke permukaan kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Fyi, kulit yang disebut sehat adalah kulit yang terhidrasi yang bisa memancarkan rona alami pada kulit. Jadi tidak heran jika banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk terlihat cantik alami.

Nama hyaluronic acid memang sudah tidak asing lagi dalam dunia kosmetik dan perawatan kulit. Bahkan bisa disebut hyaluronic acid menjadi salah satu bahan wajib, terutama untuk produk serum wajah.

Penggunaan hyaluronic acid mulai melonjak di Indonesia, semenjak kepopuleran perawatan kulit ala Korea Selatan melanda banyak perempuan.

Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Wajah

Siapa yang baru tahu kalau hyaluronic acid adalah senyawa yang berasal dari tubuh? Sudah mengetahui penjelasan mengenai apa itu hyaluronic acid.

Sekarang waktunya untuk mencari tahu apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari hyaluronic acid ini? Untuk mendapatkan jawaban lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Menghidrasi dan Melembabkan Kulit

Salah satu hal yang kerap dialami oleh banyak orang adalah kulit yang kurang terhidrasi. Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi hal ini, contohnya dari kebiasaan hidup atau dehidrasi kulit.

Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari dan ruangan yang memakai AC, bikin kulit jadi kering. Makanya untuk mengatasi hal ini, kamu membutuhkan produk berbahan dasar hyaluronic acid.

Alasannya karena hyaluronic acid dapat mengikat hingga seribu molekul air dari berat aslinya. Molekul air yang diserap dari dalam tubuh tersimpan di kulit, sehingga dapat menjaga kelembaban di permukaannya. Kehebatan dari hyaluronic acid tidak hanya sampai disitu saja, pasalnya ia juga bisa menarik air dari udara juga lho.

Makanya saat memakai berbagai produk yang mengandung hyaluronic acid di dalamnya, pasti akan langsung merasakan sensasi segar.

Hal ini karena kadar air dalam kulit telah kembali, sehingga tekstur kulit bisa kembali lembut dan halus. Mungkin kamu akan membutuhkan cleanser atau face wash berbahan utama hyaluronic acid, setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Selain dapat menghidrasi kulit, hyaluronic acid juga disebut-sebut ampuh untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Pasalnya penuaan tidak hanya terjadi pada perempuan yang sudah melewati usia 25 tahun ke atas saja lho. Para remaja pun bisa terkena yang namanya penuaan dini, karena sering terpapar sinar matahari atau radikal bebas.

Alhasil kulit yang awalnya terasa kencang, secara perlahan namun pasti akan terasa kendor. Tanda yang cukup signifikan adalah datangnya bintik hitam dan kerutan halus di kulit wajah.

Hal ini akan membuat penampilan jadi tidak maksimal, makanya kamu butuh hyaluronic acid untuk memberantasnya. Alasannya karena hyaluronic acid akan secara efektif mengembalikan kadar air yang cukup untuk kulit.

Ketika kulit sudah terhidrasi dengan baik, secara otomatis kulit akan terasa kencang, lembut dan kenyal. Sementara itu untuk menghilangkan garis halus dan bintik hitam, kamu harus memakai hyaluronic acid secara teratur.

Selain itu, alangkah baiknya jika perawatan kulit dari luar ini di imbangi dengan pola hidup dan makan yang sehat.

3. Merawat Luka Bekas Jerawat

Berbicara soal luka, hal ini bisa berarti luka yang diakibatkan karena jerawat atau hal lainnya. Memiliki bintik hitam yang sama-sama saja sudah membuat penampilan jadi tidak maksimal.

Apalagi dengan bekas luka akibat jerawat membandel, hal ini memang selalu jadi masalah para perempuan. Makanya kamu akan membutuhkan hyaluronic acid, untuk mengatasi hal tersebut.