Challenger Black Ghost Jadi Edisi Perpisahan Muscle Car Ikonik Dodge

ulinulin.com – MICHIGAN – Bagi pecinta muscle car ada kabar menarik dari Dodge, yang baru saja mengumumkan akan merilis Challenger Black Ghost edisi khusus namun dengan unit yang terbatas. Kabarnya pabrikan hanya akan memproduksi 300 unit Dodge Challenger Black Ghost untuk konsumen di seluruh dunia.

Performa pada Challenger Black Ghost diambil dari mesin SRT Hellcat Redeye Widebody yang memproduksi tenaga maksimal hingga 807 hp. Angka tersebut merupakan yang terbesar dari sebuah muscle car yang pernah ada selama ini.

Inspirasi lahirnya Dodge Challenger Black Ghost ini sebenarnya diambil dari sosok Godfrey Quails dengan Dodge Challenger RT SE 1970. Ia dan kendaraannya tersebut menjadi legenda di kalangan street race Woodward Avenue pada era 1970-an karena mampu mengalahkan seluruh lawannya.

Quails yang juga diketahui sebagai polisi ini selalu merahasiakan keberadaan balap liar di Woodward Avenue dan membuatnya disebut sebagai Black Ghost. Bermodalkan mesin Hemi V8 426, Quails selalu mendapatkan tempat di seluruh Detroit bahkan masuk ke dalam daftar kendaraan bersejarah nasional di National Historic Vehicle Register pada 2020 lalu.

“Ada begitu banyak muscle car legendaris dalam sejarah merek Dodge, sulit untuk memilih tujuh kendaraan yang ingin kami beri penghormatan dengan jajaran Last Call kami, tetapi Black Ghost adalah pilihan yang mudah. Dodge Challenger Black Ghost 2023 adalah awal dari apa yang akan kami ungkapkan dengan model edisi khusus ketujuh dan terakhir kami,” kata Tim Kuniskis, Dodge Brand Chief Executive Officer – Stellantis.

Sementara itu, terdapat beberapa ciri khas kendaraan Quails yang kemudian diterapkan pada Challenger Black Ghost yakni kelir bodi yang didominasi oleh warna hitam dengan grafis spatbor belakang berkelir putih. Sedangkan pada bagian atapnya terdapat stiker motif gator atau sisik yang serupa dengan vinil kulit gator milik Quails. Dodge juga menyematkan beberapa ornamen lainnya seperti grille Challenger, emblem belakang dan penyematan nama Challenger di bagian sisinya.

Kehadiran Dodge Challenger Black Ghost ini akan menjadi kendaraan keenam edisi Last Call yang diproduksi Dodge dan diproduksi pada tahun ini. Beberapa kendaraan Last Call yang sudah dirilis ialah Dodge Challenger Shakedown, Charger Super Bee, Challenger dan Charger Scat Pack Swinger, dan Dodge Charger King Daytona sebagai kendaraan perpisahan untuk mobil kesayangan.

Sekarang kita tinggal menunggu apakah Black Ghost adalah edisi khusus Last Call terakhir yang diumumkan pada SEMA 2022 mendatang. Rencananya gelaran otomotif yang mengumpulkan para builder dan modifikator sedunia ini akan digelar pada 1 – 4 November 2022 mendatang di Las Vegas, AS.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”