Cocok Untuk Mejeng di Kampus, Pilihan Mobil Bekas Untuk Mahasiswa Dibawah Rp 200 Juta

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/03/6kDubyiR/istock-475851163-102-03e0.jpg”>

Ketika masuk dalam perguruan tinggi, mobilitas mahasiswa semakin tinggi. Jadwal kuliah yang padat hingga semester akhir untuk membuat skripsi membuat pergerakan semakin dinamis. Untuk menunjang aktivitas tersebut, kendaraan pribadi seperti mobil pun cukup penting. Sebuah mobil yang praktis dengan dimensi compact dan juga nyaman menjadi hal wajib untuk dipilih mahasiswa.

Hatchback menjadi pilihan umum untuk mahasiswa karena tampilan yang sporty dan lincah

Mobil pribadi yang dimiliki oleh mahasiswa umumnya tidak hanya digunakan untuk kuliah saja, tetapi juga liburan dengan teman-teman kampus atau bersosialisasi. Mobil yang irit BBM dengan dimensi bodi yang compact akan cocok untuk mahasiswa menghadapi jalanan yang padat di dalam kota. Rata-rata mahasiswa pun baru mempunyai SIM A sehingga akan tepat menggunakan mobil yang berdimensi compact.

Dibandingkan membeli mobil baru, mahasiswa akan lebih bijak memilih opsi membeli mobil bekas. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menunjak aktivitas para mahasiswa.

1. Honda Jazz 2013 (Rp 150 juta – Rp 170 juta)

Hatchback Honda ini cukup banyak diminati oleh mahasiswa dengan tampilan sporty dan lincah

Desain yang sporty ditambah pengendalian yang baik membuat Honda Jazz banyak disukai oleh anak muda khususnya mahasiswa. Populasinya sangat banyak sehingga mudah dijumpai di listing mobil bekas seperti Cintamobil.com. Namun pada generasi ini, Honda Jazz untuk tipe RS belum disematkan tombol audio di setir. Sehingga untuk mengakses fitur hiburan pada headunit harus dalam posisi berhenti atau jalan pelan agar tidak menganggu konsentrasi saat mengemudi. Meski mempunyai dimensi bodi yang compact, kabin Honda Jazz masih terasa nyaman dan lapang. Peliputan bangku yang mudah juga membuat kepraktisan Honda Jazz unggul. Volume bagasi pun bisa ditingkatkan dengan melipat bangku baris kedua bila membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menaruh barang besar.

2. Nissan March 2013 (Rp 90 juta – Rp 100 juta)

Meski desainnya cenderung membulat, Nissan March masih cukup digemari oleh mahasiswi untuk ke kampus

Produk Nissan identik dengan kenyamanan karena bantingan suspensi yang empuk dan stabil. Sama halnya dengan compact hatchback Nissan March yang nyaman ditambah kabin yang luas. Legroom yang lega juga menjadi poin menarik sehingga penumpang tidak cepat lelah. Tetapi semua kenyamanan tersebut menjadi kurang sempurna ketika sandaran kepala (headrest) kursi belakang dibuat menyatu dengan jok, sehingga ketinggannya tidak bisa diatur. Mesin 3-silinder yang terpasang cukup untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota jarak dekat. Soal efisiensi, Nissan March cukup irit mengkonsumsi BBM. Cocok untuk mahasiswa saat ingin menghemat anggaran transportasi.

3. Mazda2 Hatchback 2013 (Rp 120 juta – Rp 130 juta)

Mazda2 mempunyai pengendalian yang mengasyikkan dan disukai oleh mahasiswa

Bila mencari hatchback dengan tampilan sporty ada opsi lain yakni Mazda2 hatchback. Selain tampilan eksterior yang kental aura sporty, fitur hiburannya cukup lengkap. Anda bisa menghubungkan gadget, mendukung sistem navigasi dan internet pada headunit Mazda2 hatchback. Bantingan suspensinya memang terasa agak keras namun membuat pengendaliannya lebih asyik untuk bermanuver. Tidak heran bila kenyamanan bukan menjadi poin terbaik pada Mazda2 hatchback. Citranya sebagai mobil untuk yang berjiwa muda juga terpancar dari desain dasbornya.

4. Toyota Yaris 2013 (Rp 130 juta – Rp 150 juta)

Mesin yang tangguh dan irit menjadi kekuatan Toyota Yaris

Mesin yang tangguh, andal dan irit menjadi poin kelebihan utama pada Toyota Yaris. Bila sering melintasi jalur macet dan ingin anggaran transportasi tidak membengkak, maka Toyota Yaris menjadi pilihan yang tepat. Secara dimensi tidak jauh berbeda dengan hatchback lainnya. Poin menarik dari Toyota Yaris model ini adalah posisi instrumen panel yang berada di tengah dasbor. Memang posisi ini bisa menimbulkan pro dan kontra, namun bila Anda berada di posisi pengemudi akan membuat visibilitas semakin luas.

5. Honda Brio 2013 (Rp 110 juta – Rp 125 juta)

Harga yang terjangkau dan mesin yang irit jadi pilihan menarik untuk mahasiswa

Bila mencari mobil dengan dimensi yang lebih kecil dari Honda Jazz, Anda bisa melirik Honda Brio. Secara desain tidak kalah sporty dengan sang kakak. Meskipun harus diakui kabinnya tidak seluas Honda Jazz namun masih memadai untuk digunakan dalam kota. Fitur mobil ini tergolong lengkap karena sudah mengadopsi rem ABS, immobilizer, sensor parkir dan juga fog lamp. Satu hal yang akan menjadi daya tarik besar Honda Brio adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Tenaganya cukup untuk akselerasi cepat dengan bodinya yang mungil.

6. Suzuki Swift 2013 (Rp 120 juta – Rp 140 juta)

Mesin baru yang digunakan Suzuki Swift membuat performanya lebih baik

Popularitas Suzuki Swift memang tidak setenar para rivalnya seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz. Namun saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, hatchback andalan Suzuki ini mendapat respon yang positif. Desainnya tidak kalah sporty dan terlihat sederhana seperti mobil Eropa. Fitur yang dihadirkan Suzuki Swift bisa mengakomodasi kebutuhan mahasiswa seperti tombol audio di setir sehingga memudahkan untuk mengakses tombol volume atau memindahkan musik favorit. Satu poin yang menarik dari Suzuki Swift ini adalah penggunaan mesin berkode K14B yang juga digunakan oleh MPV Suzuki Ertiga. Meski kapasitas mesinnya diturunkan 100 cc, tetapi Suzuki Swift mempunyai performa yang baik dari sisi tenaga dan efisiensi.

7. Ford Fiesta 2013 (Rp 100 juta – Rp 120 juta)

Bagi Anda yang ingin tampil beda bisa memilih Ford Fiesta merek asal Amerika

Anda ingin memiliki mobil yang berbeda dari mahasiswa lainnya? Ford Fiesta menjadi pilihan menarik dengan desain eksterior yang khas akan mobil negeri Paman Sam. Citranya seagai mobil reli juga terpancar dari Ford Fiesta walaupun spesifikasi yang dihadirkan di Indonesia hanya untuk aktivitas sehari-hari. Berbicara soal fitur, Ford Fiesta punya banyak kelebihan seperti sudah menggunakan tombol start/stop engine untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Ditambah fitur kepraktisan seperti voice command dan SYNC yang membuat Anda bisa melakukan panggilan telepon dengan aman. Ford Fiesta juga dibekali fitur keselamatan yang baik seperti rem ABS, kontrol traksi dan dual airbags. Tetapi harus diperhatikan bahwa Ford mempunyai kendara dalam layanan purna jual sehingga harga mobilnya terkena depresiasi yang tinggi. Meskipun saat ini cukup banyak bengkel spesialis Ford di kota-kota besar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”