Coinsquare Diduga Manipulasi Volume Perdagangan Aset Kripto

ulinulin.com – Bursa aset kripto Coinsquare asal Kanada diduga memanipulasi volume perdagangan di platform-nya. Dugaan itu berdasarkan bukti e-mail dan percakapan antara CEO dan karyawan perusahaan itu.

Bukti yang disebut otentik itu diperoleh oleh media ternama, Vice, pada beberapa waktu lalu. Menurut Vice, seorang karyawan mengaku dipaksa oleh Cole Diamond CEO Coinsquare, untuk menggelembungkan data volume perdagangan sejumlah pair aset kripto.

“Mau tak mau saya harus melakukannya, karena dia [Cole] yang memerintahkannya. Saya dan beberapa karyawan lain juga kerap diminta secara khusus untuk berlatih wash trading,” sebut Vice mengutip isi e-mail tersebut.

Wash trading merujuk pada penggunaan software khusus agar volume perdagangan aset kripto tampak besar sehingga menarik lebih banyak lagi trader yang masuk ke aset kripto itu. Lazimnya praktik itu dilakukan dan dikendalikan oleh pihak bursa sendiri.

Dari sekian banyak aset kripto yang diperdagangkan, ada sejumlah pair yang diterapkan wash trading itu, yakni BTC/CAD, BTC/ETH dan BTC/LTC.

Kristen Rose, Direktur Publik Ontario Securities Commission (OSC) menolak mengatakan apakah komisi itu sedang menyelidiki dugaan wash trading oleh Coinsquare. [Vice/red]

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website blockchainmedia.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”