Confluence: Aplikasi Penunjang Kolaborasi Para Pekerja

ulinulin.com – Pernahkah kamu mendengar aplikasi yang bernama Confluence? Confluence adalah salah satu aplikasi yang dapat menunjang pekerjaanmu dalam sehari-hari.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan aplikasi yang satu ini. Confluence memegang peran penting bagi pekerja supaya dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif.

Biasanya, aplikasi ini ditujukan untuk membuat dokumentasi supaya terlihat rapi dan mudah dicari nantinya.

Lantas apa sih Confluence ini? Jangan khawatir, berikut Glints akan menjelaskannya untukmya secara detail.

Apa Itu Confluence?

© Freepik.com

Confluence adalah salah satu bagian dari Atlassian Suite, yaitu sebuah perusahaan di Australia yang berfokus dalam pengembangan perangkat lunak, manajemen konten, dan sebagainya.

Dilansir dari Atlassian, Confluence adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi dan berbagi pengetahuan secara efisien.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menulis, mengedit, memberikan komentar, dan menyelesaikan pekerjaan secara bersamaan di dalam interface Confluence.

Pada dasarnya Confluence tidak berbeda jauh dengan Google Docs. Akan tetapi, dalam hal berkolaborasi aplikasi ini lebih luas dibandingkan dengan Google Docs.

Selain itu, dilansir dari On Point Serv, perbedaan antara Confluence dan Google Docs juga terletak dalam struktur halaman depannya.

Confluence juga menyediakan fitur mention, like, dan berbagi komentar di dalam satu dokumen sehingga kamu dan rekan timmu dapat langsung berdiskusi untuk mengubah konten.

Selain itu, dengan aplikasi ini kamu juga dapat melihat dua versi langsung, yaitu versi sebelum dan setelah diubah.

Hal ini membuat pengguna sangat mudah untuk melihat perkembangan yang terjadi di dalam konten.

Fitur-Fitur Confluence

© Freepik.com

Setelah mengetahui kegunaannya, saatnya kamu memahami beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Fitur-fitur dari Confluence ini di antaranya adalah:

1. Kolaborasi editor

Dengan Confluence kamu dapat melakukan pengeditan secara bersamaan dengan rekan kerjamu. Hal ini membuat berbagai perubahan yang terjadi dapat dilihat secara bersamaan.

Hal ini tentu memudahkan ketika sedang membuat proyek bersama atau membuat kerangka strategi.

Pasalnya, orang lain, misalnya dari tim lain, dapat langsung mengeditnya dan kamu bisa melihat perubahannya dalam sekejap.

2. Dapat disinkronkan ke handphone

Fitur lainnya yang disediakan oleh Confluence adalah kamu dapat menyinkronkan aplikasi ini ke dalam handphone Android ataupun iOS.

Hal ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja. Selain itu, kamu juga dapat melacak aktivitas tim, memberikan feedback, serta tetap sinkron antara handphone dan desktop.

3. Membuat grup

Mungkin ini adalah salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh Google Docs. Confluence membuat penggunanya dapat membuat grup sehingga dapat mengatur pekerjaan dengan baik.

Kamu bisa membuat grup antartim ataupun ketika ada proyek besar lewat aplikasi ini. Hal ini tentu memudahkan kamu dalam mengatur pekerjaan sebaik mungkin.

4. Feedback yang cepat

Confluence memungkinkan penggunanya untuk memberikan feedback yang cepat setelah melakukan perubahan dalam suatu dokumen.

Di dalam aplikasi ini terdapat fitur komentar. Dengan begitu, pengguna hanya tinggal memberikan komentar mengenai dokumen apa yang perlu diubah.

Tidak hanya memberikan feedback yang cepat, Confluence juga dapat membuat penggunanya memberikan feedback secara langsung melalui berbagai file, seperti PDF, spreadsheet, dan lain-lain.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai Confluence dan beberapa fitur yang dapat kamu gunakan. Pada intinya Confluence adalah salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk membantu manajemen proyek.

Dengan aplikasi itu, tugas pekerja terutama project manager akan jadi lebih mudah.

Tertarik mendapatkan informasi lainnya seputar aplikasi penunjang pekerjaan? Tenang saja, kamu tinggal mendaftarkan diri secara gratis ke newsletter blog Glints sekarang juga.

Yuk, daftar!

Sumber

    Confluence basics

    Which Collaboration Tool, Confluence or Google Docs?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”