Cumi Asin Sambal Bawang, Pedasnya Menantang Lidah

ulinulin.com

    17SHARES

Cumi Sambal Bawang/ Foto: Shutterstock

Dream – Perpaduan rasa asin yang gurih dan pedasnya rawit, tak pernah salah. Bagi Sahabat Dream penggila makanan pedas pasti akan suka dengan menu cumi asin sambal bawang.

Chef Fajar Alam, lewat akun Instagramnya @fajaralam_s, membagikan resep cumi pedas favorittnya. Ternyata tak terlalu sulit untuk membuatnya.

Kamu bisa segera membuatnya di rumah. Ikuti saja resep simpelnya berikut.

Bahan:

– 250 gr cumi asin- 150 gr cabai rawit merah- 100 gr bawang putih- 50 gr bawang merah- 1/2 sdt garam- 1/2 sdt penyedap rasa- minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

© MEN

– Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan cumi asin yang telah dicuci- Rebus sekitar 5 menit, tiriskan- Haluskan cabai rawit, cabai merah dan bawang putih- Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga, aromanya keluar- Masukkan cumi asin yang telah direbus- Tambahkan garam dan penyedap sesusai selera- Cumi asin sambal bawang siap disantap dengan nasi hangat

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Cumi Saus Padang Seenak Restoran, Catat Resepnya

Dream – Menyantap hidangan laut selalu saja bikin semangat makan. Terutama jika menu yang disantap memiliki citarasa pedas, seperti cumi saus padang. Hidangan tersebut merupakan menu favorit banyak orang saat ke restoran seafood.

Untuk membuatnya sendiri di rumah, sebenarnya cukup mudah. Sahabat Dream bahkan bisa membuatnya dengan rasa yang enak seperti restoran. Penasaran caranya? Ikuti saja resep berikut.

© MEN

Bahan-bahan :- 250 gram cumi (kupas bersih kulitnya)- 1 buah jagung manis, potong-potong- 1 sdm air jeruk nipis- 1 siung bawang bombay, iris halus- 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil.- 3 lembar daun jeruk- 1 sdt tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air- 250 ml air- Secukupnya garam,gula dan merica- Secukupnya minyak untuk menumis

Bahan Saus :- 3 sdm saus tomat botolan- 2 sdm saus cabe botolan- 1 sdm saus tiram- ½ sdm kecap manis- ½ sdm kecap asin

Bumbu Halus :

– 3 siung bawang merah- 2 siung bawang putih- 5 buah cabe merah keriting- 5 buah cabe rawit merah

© Shutterstock

Cara Membuat :- Cuci bersih cumi, beri air jeruk nipis, remas-remas. Diamkan kira-kira 10 menit. Cuci kembali sampai bersih- Rebus jagung sampai matang. Angkat dan sisihkan- Tumis sebagian bawang bombay sampai harum. Masukkan bumbu halus dan daun jeruk- Masak sampai bumbu harum dan matang- Masukkan bahan saus dan air. Aduk rata, masak sampai mendidih. Masukkan cumi, aduk rata. Masak sampai cumi berubah warna- Masukkan jagung dan sisa bawang bombay. Masukkan garam, lada dan gula. Cek rasa- Masukkan daun bawang. Aduk kembali. Terakhir masukkan larutan maizena. Masak sampai mengental. Matikan api- Cumi saus padang siap disantap dengan nasi hangat

Sumber: Diadona.id

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”