Curug Barong, Pesona Air Terjun Indah dengan Panorama Memukau di Bogor

ulinulin.com – Ada banyak sekali wisata air terjun di Jawa Barat yang bisa menjadi referensi liburan. Salah satunya adalah Curug Barong yang berada di daerah Sentul, Bogor. Tempat ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan karena lokasinya yang tidak jauh dari beberapa wisata terkenal seperti Leuwi Lieuk dan Leuwi Hejo.

Wisata air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di sekitar kaki Gunung Pancar, Sentul. Memiliki iklim sejuk dengan udara yang bersih dan bebas dari polusi. Menawarkan pemandangan menakjubkan dari air terjun dan hutan hijau yang menjadi daya tariknya.

Tempatnya sangat indah dengan aliran sungai yang dihiasi banyak bebatuan. Beberapa batuan yang sangat besar semakin menambah keunikan tempat ini. Selain untuk liburan dan refreshing, wisata alam Curug Barong juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menyukai petualangan seperti trekking hutan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Barong

1. Pemandangan Air Terjun

Keindahan Curug Barong memang langsung tertuju pada pemandangan aliran air terjunnya yang keluar dari celah bebatuan. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun alirannya cukup deras sehingga terlihat begitu indah.

Airnya begitu jernih dan bersih memberikan pemandangan yang benar-benar menyegarkan mata. Suara air terjun dan cipratan air akan semakin menyempurnakan keindahan yang ada. Membuat pengunjung semakin betah dan nyaman selama berlibur di wisata curug cantik ini.

2. Lanskap Bebatuan dan Hutan yang Menawan

Daya tarik lain dari Curug Barong adalah lanskap unik yang ada di sekitar air terjun. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari bebatuan besar yang cukup banyak, di kanan kiri aliran air terjun.

Batu-batu yang cukup tinggi ini membuat pemandangan curug ini berbeda dan unik dari air terjun pada umumnya. Pengunjung bisa menggunakannya untuk duduk atau sebagai latar foto yang estetik.

Lanskap indah lainnya yang disajikan di tempat ini adalah panorama hutannya yang hijau dan asri. Dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang rindang memberikan pemandangan indah sekaligus nuansa yang tenang untuk para wisatawan.

3. Suasana yang Teduh dan Tenang

Keindahan Curug Barong menyita banyak perhatian traveller. Namun kunjungan wisatawan ini tidak begitu banyak, terutama saat weekdays atau hari-hari biasa. Pengunjung yang datang biasanya dari sekitar daerah Sentul yang ingin menikmati waktu bersantai di alam yang jauh dari pemukiman.

Pengunjung yang tidak terlalu ramai ini justru membuat lokasi wisata tidak terlalu bising. Suasananya lebih tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin refreshing atau tidak suka keramaian. Udaranya sangat segar dan bersih, begitu juga dengan airnya yang terasa cukup dingin.

4. Berada di Dalam Hutan

Menembus hutan dengan pohon-pohon besar menjadi perjuangan untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan Curug Barong. Lokasinya yang tersembunyi di dalam hutan dengan medan jalan yang tidak mudah justru menjadi daya tarik tersendiri.

Jalur ekstrem dengan jalanan yang masih berupa tanah dengan fasilitas pengaman yang sangat minim merupakan tempat menarik untuk para pecinta trekking. Walaupun bukan jalur panjang, namun perjalanan menuju lokasi air terjun cukup menguras tenaga. Cocok sekali untuk Anda yang masih berjiwa muda dan haus akan tantangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Curug Barong berada di kaki Gunung Pancar, Sentul. Jadi untuk wisatawan yang datang dari luar daerah bisa langsung mengambil rute menuju Sentul, Bogor, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk lanjut ke arah Mall Belanova. Kemudian ambil rute yang menuju ke arah The Jungle Land.

Jika Anda sudah sampai di sekitar gerbang Jungle Land, belok kanan atau ambil rute menuju perkampungan Karang Tengah. Di pertigaan pertama, Anda bisa belok kiri untuk masuk ke daerah Sukamakmur.

Anda bisa mengikuti papan petunjuk arah ke wisata Leuwi Hejo karena memang lokasinya masih dalam satu kawasan. Air terjun Leuwi Hejo, Barong, dan Leuwi Lieuk berada di lokasi yang cukup berdekatan. Wisatawan yang ingin ke Air Terjun Barong akan melewati Leuwi Hejo terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Jika Anda tertarik untuk melihat keindahan Curug Barong di Sentul, siapkan Rp 10.000,- untuk membayar tiket masuk. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, harus membayar parkir dengan tarif Rp 10.000,- untuk mobil dan Rp 5.000,- untuk sepeda motor.

Wisata curug yang memukau ini bisa dikunjungi wisatawan setiap hari. Dibuka mulai jam 7 pagi hingga 5 sore untuk para pengunjung. Sebaiknya Anda datang lebih awal di pagi hari untuk bisa lebih puas berpetualang di tempat ini. Pertimbangkan juga kondisi cuaca apabila ingin liburan ke curug atau air terjun untuk berjaga-jaga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Barong

1. Trekking

Jalan menuju lokasi air terjun memiliki medan yang cukup ekstrem. Jalur yang cukup menantang ini sering dimanfaatkan oleh penggemar aktivitas trekking untuk menyalurkan hobinya. Bagi Anda yang berencana liburan ke tempat ini, sebaiknya sudah siap dengan alas kaki yang kuat dan nyaman untuk trekking ke Curug Barong.

Jika dari tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki memasuki kawasan hutan. Jalanan di sini masih berupa tanah sehingga harus berhati-hati, terlebih saat kondisi jalannya basah. Suasana asri dengan lingkungan yang masih sangat alami akan menemani perjalanan ke air terjun yang memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Beberapa tanjakan dan turunan akan dilewati dengan kanan kiri jalan yang dihiasi pepohonan rindang. Kemudian melewati beberapa tangga dan menurun ke lokasi air terjun. Petualangan dan perjuangan Anda trekking akan terbayar dengan pemandangan indah dari air terjun dan bebatuan besarnya.

2. Menikmati Pemandangan

Melepas penat dengan liburan ke Curug Barong menjadi salah satu cara efektif yang bisa Anda coba. Tempatnya tenang dan tidak bising seperti kantor dan suasana pemukiman yang setiap hari Anda hadapi.

Pemandangannya sangat memukau dengan air terjun yang cukup deras mengalir di celah bebatuan. Jika Anda datang ke tempat ini, pemandangan batu-batu besar akan menjadi pertunjukan utama selain air terjun.

Ada banyak sekali batuan berukuran besar di sekitar air terjun yang membuat pemandangannya kian menawan. Tidak perlu mencari tempat yang jauh karena Anda bisa duduk santai di atas batu-batu besar tersebut.

3. Bermain Air

Air di Curug Barong masih sangat bersih dan bebas dari pencemaran. Suhu airnya pun cukup sejuk untuk membasuh kaki-kaki yang lelah setelah melakukan trekking.

Anda bisa telanjang kaki dan berjalan-jalan di aliran sungai di bawah air terjun. Di beberapa titik memang memiliki arus yang cukup kuat sehingga wisatawan harus lebih hati-hati.

Namun, ada juga yang di bawahnya berupa batu dengan permukaan yang cukup luas dan datar. Wisatawan bisa berjalan di atas batuan tersebut untuk bermain air dan menyeberang sungai.

4. Berenang

Bagi wisatawan yang sudah siap dengan baju ganti, mungkin bisa langsung menuju kolam alami di bawah Curug Barong. Airnya sangat segar untuk para pengunjung yang ingin berenang.

Kolam di sini tidak terlalu luas dan bentuknya memanjang dan mengalir ke samping dengan cukup banyak bebatuan di kanan kiri. Wisatawan yang berenang harus hati-hati dan tidak terlalu dekat dengan tepian kolam yang banyak batuannya.

Kedalaman kolam ini juga bervariasi, di dekat aliran air terjun memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Pilih kolam yang lebih dangkal dan lebih aman untuk Anda yang ingin berenang.

Selalu berhati-hati saat berenang di sekitar air terjun. Perhatikan juga kondisi cuaca untuk keamanan. Jika terlihat mendung atau akan turun hujan, sebaiknya Anda menepi ke tempat yang kering.

5. Berfoto Ria

Panorama alam yang mempesona bukan hanya untuk mengobati mata yang lelah dengan pemandangan kota. Wisatawan juga bisa memanfaatkannya untuk background foto. Bagi penggemar fotografi, Curug Barong cukup estetik dengan pemandangan air terjun dan batu-batu besar di sekitarnya.

Tempat ini juga tidak terlalu ramai pengunjung sehingga lebih mudah untuk Anda yang ingin selfie atau berfoto-foto bersama teman. Kolam alami tepat di bawah aliran air terjun merupakan spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto ria. Jika ingin foto prewedding dengan konsep alam, tempat ini bisa Anda pertimbangkan.

6. Piknik di Curug Barong

Siapa yang suka piknik dengan keluarga atau teman? Wisata curug indah ini menawarkan tempat yang bagus untuk makan-makan di alam bebas. Namun wisatawan sebaiknya membawa makanan dan minuman dari rumah karena tidak ada warung makan di sekitar air terjun.

Bawa makanan ringan seperti roti dan snack agar tidak terlalu berat untuk dibawa trekking. Jangan lupa air minum secukupnya karena Anda tidak bisa membeli minuman saat sudah sampai di lokasi air terjun.

Setelah puas bermain dan berenang, Anda bisa menikmati makanan atau camilan sambil menyaksikan keindahan panorama alam di lokasi ini. Suara air dan kicauan burung akan menemani Anda menyantap bekal yang sudah dibawa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Lokasi Curug Barong berada di dalam hutan dengan fasilitas yang masih sangat minim. Anda tidak akan menemukan toilet maupun tempat ganti seperti di kebanyakan tempat wisata. Jadi Anda hanya akan menemukan hutan dan air terjun saat berlibur di tempat ini.

Sedangkan untuk fasilitas tempat makan juga masih sangat terbatas. Di sekitar air terjun tidak ada warung makan. Namun Anda bisa menemukan beberapa warung di sepanjang jalur trekking menuju curug Leuwi Hejo dan Barong. Disarankan untuk membawa bekal makanan dan air minum yang cukup jika ingin berlibur ke sini.

Di loket masuk, wisatawan bisa menemukan fasilitas tempat parkir yang cukup sederhana. Namun area parkir ini cukup luas dan dapat menampung kendaraan pengunjung, baik sepeda motor maupun mobil. Wisatawan disarankan untuk memastikan kondisi kendaraan terlebih dulu sebelum digunakan ke curug karena jalannya yang cukup menantang.

Bisa disimpulkan bahwa Curug Barong adalah salah satu tempat wisata yang masih sangat alami. Lokasinya di tengah hutan dan harus melewati jalur menegangkan membuat tempat ini lebih cocok untuk liburan dan petualangan anak-anak muda dan orang dewasa. Selalu berhati-hati dan jangan lupa untuk membawa bekal serta perlengkapan yang dibutuhkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”