Curug Muara Jaya, Air Terjun Indah Nan Alami di Majalengka

ulinulin.com – Majalengka ternyata menyimpan banyak potensial wisata yang membuatnya menjadi alternatif tujuan wisata di Provinsi Jawa Barat. Anda bisa menjadikan Curug Muara Jaya sebagai tujuan ketika berada di Majalengka. Air terjun satu ini sudah kondang dengan panoramanya yang indah, termasuk curug bertingkat, Anda bisa menikmati pemandangan air yang jatuh dari ketinggian di tengah hutan yang masih terjaga. Untuk mengintip apa saja pesona keindahannya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Curug Muara Jaya terletak di lereng Gunung Ciremai dan airnya yang mengalir merupakan bagian dari Sungai Muara Jaya. Berada di tengah hutan, tentu saja keindahan alam yang ditawarkan akan membuat Anda enggan untuk pulang. Apalagi airnya yang mengalir juga sangat jernih bahkan terbilang dingin tetapi juga menyegarkan.

Pepohonan rindang mengelilingi air terjun bertingkat ini, terdapat dua tingkatan yang bisa Anda nikmati pesonanya. Untuk tingkatan paling bawah, ketinggian air terjunnya sekitar 15 meter. Sementara di bagian atas akan lebih tinggi lagi, yakni sekitar 60 meter. Dan masing masing air terjun juga akan memiliki kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Untuk tingkatan paling bawah, aliran airnya tidak terlalu deras dengan kolam alami yang cukup besar. tetapi untuk tingkatan yang lebih atas memiliki aliran yang lebih deras dan kolamnya juga lebih luas. Tebing yang menjadi latar belakangnya juga membuat curug ini semakin indah. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu di tengah penatnya aktivitas.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Muara Jaya

Perlu diketahui jika Muara Jaya juga dikenal dengan nama Curug Amuy oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan di sekitar curug banyak ditemukan pohon pisang amuy. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri, mengingat pisang ini termasuk jenis pisang yang istimewa karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Sehingga ketika menginjakkan kaki di Curug ini, Anda juga bisa sekalian menjadikan pisang ini sebagai oleh oleh. Karena banyak yang menjualnya di area wisata air terjun ini. Daya tarik lainnya tentu saja terletak di pemandangan alamnya. Pengunjung akan dihadirkan dengan air yang terjun dari ketinggian yang berbeda di tiap tingkatannya.

Selain air terjunnya, alasan yang menjadikan tempat ini favorit adalah lokasinya yang berada di tengah hutan. Walaupun Anda harus trekking, tetapi akses menuju sudah memadai. Terdapat ratusan anak tangga yang akan memudahkan Anda untuk mencapai air terjun. Nantinya pengunjung harus menuruni ratusan anak tinggi karena lokasinya yang berada di bawah.

Bahkan sebelum Anda mencapai tangga terakhir, Anda sudah akan mendengar suara deburan air yang deras. Begitu mendekat, Anda akan langsung disuguhkan air terjun dengan tingkatan yang paling bawah. Nantinya jika Anda ingin berada di tingkat atas, Anda harus menyusuri jalan setapak dan membayar tiket lagi.

Tingkatan paling atas memang memiliki air terjun yang lebih tinggi, tetapi telaga di bawahnya lebih dangkal. Sehingga Anda yang ingin bermain air dengan lebih aman, Anda bisa ke tingkatan atas. sementara di bagian bawah, Anda harus benar benar pandai berenang. Tetapi jika hanya mencelupkan kaki dan bermain air di pinggirannya tetap aman dimana saja.

Selain bisa menikmati area basah, di Curug Muara Jaya juga ada bagian area kering yang biasanya dijadikan tempat berpiknik. Anda bisa menikmati keindahan dari air terjun dari dekat tanpa takut berbasah basahan. Menikmati waktu bersama dengan keluarga tentu akan semakin menyenangkan. Didukung dengan udaranya yang sejuk pasti akan membuat betah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya berada di Desa Argamukti, tepatnya berada di Kampung Apuy, Kec. Argapura, Kab. Majalengka. Jika mengukurnya, desa ini letaknya sekitar 23 km dari pusat kota Majalengka. Perjalanan untuk menuju curug bisa Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Rute yang bisa Anda lalui yakni menuju Kota Majalengka terlebih dahulu, setelah itu menuju kecamatan Maja dan dilanjutkan ke Desa Argamukti. Barulah nanti Anda bisa menemukan petunjuk arah untuk menuju ke Curug. Bisa dikatakan jika kondisi jalan ini sudah cukup bagus, walaupun medannya berkelok, menanjak dan cukup sempit.

Beberapa bahu jalan kondisi aspalnya sudah terkelupas, menyisakan beberapa lubang di beberapa bagian jalan. Maka dari itu Anda harus hati hati ketika sudah memasuki Desa Argalingga. Untuk Anda yang ingin bepergian dengan kendaraan umum masih terbilang minim aksesnya. Maka dari itu Anda akan dianjurkan untuk pergi dengan kendaraan umum.

Rute menuju lokasi terbilang mudah dan Anda juga bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. Jika Anda sudah menemukan gapura Curug Muara Jaya, maka Anda tinggal memasukinya dan langsung tiba di tempat parkir. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju curug dengan berjalan kaki.

Tenang saja, jalan menuju lokasi sudah mudah untuk Anda lalui. Di kiri kanan Anda akan menemukan perkebunan yang ditanami sayuran dan jalan ini telah di paving. Selanjutnya Anda hanya perlu menuruni sekitar 350 anak tangga untuk sampai di lokasi Curug. Terdapat juga beberapa jembatan, dari perjalanan ini Anda sebenarnya sudah bisa melihat keindahan curugnya.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Muara Jaya

Menikmati keindahan curug bertingkat di Majalengka ini tak membutuhkan budget yang besar. Anda hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 15 ribu sebagai tiket masuknya. Harga tiket tersebut berlaku untuk orang dewasa, sementara untuk anak anak dikenakan tiket sekitar Rp 5 ribu saja. bagi Anda yang ingin menuju tingkatan atas tiketnya berkisar Rp 2 ribu.

Harga tiket masuk belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Tenang saja parkir kendaraan cukup terjangkau mulai Rp 3 ribu sampai kisaran Rp 5 ribu. Tiket parkir akan dibedakan berdasarkan jenis kendaraan. Perlu Anda tahu, jika harga tiket masuk maupun parkir bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari kebijakan pihak pengelola.

Jam operasional Curug Muara Jaya sendiri selama 24 jam dan akan buka Setiap Hari. Anda bisa berkunjung kapan saja, dan akan lebih menyenangkan jika Anda datang dari pagi. Karena Anda bisa memiliki banyak waktu untuk menjelajah setiap sudut curug ini. Bagi Anda yang camping, ketika sudah pukul 17.30 Anda sudah harus kembali ke atas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Muara Jaya

1. Menikmati Keindahan Air Terjun

Pasti hal yang dilakukan ketika mengunjungi tempat ini adalah menikmati keindahan alam yang dimilikinya. Anda bisa menikmati suara air yang jatuh, menghirup banyak banyak udara yang sejuk. Kemudian bisa menatap sekeliling air terjun yang dipenuhi dengan pepohonan rindang. Suasananya yang tenang akan manjur untuk melepaskan penat.

Saat perjalanan menuju curug Anda juga akan trekking terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan Anda sudah akan ditawarkan pesona Curug Muara Jaya yang luar biasa. Sehingga menikmati keindahan bentang alam air terjun ini bahkan ketika pertama menginjakkan kaki di sini. Kegiatan ini akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda.

2. Bermain Air

Aliran airnya yang begitu jernih tentu saja tak bisa dilewatkan, Anda bisa bermain air sepuasnya. Baik berenang atau hanya sekedar membasahi kaki dan merasakan kesegarannya. Aktivitas satu ini menjadi salah satu aktivitas favorit yang tidak bisa Anda lewatkan. Jika berani mendekat ke air terjun, Anda akan merasakan sensasi dipijat oleh aliran air terjun.

3. Piknik dan Camping

Berada di alam terbuka yang memiliki keindahan luar biasa, tentu kegiatan piknik serta camping bisa menjadi pilihan. Anda bisa menikmati bekal bersama keluarga atau menikmati berkumpul di tengah hutan dengan bermalam. Lokasi camping ground juga tidak terlalu jauh, akan semakin seru jika Anda melakukannya bersama rombongan.

4. Berburu foto

Kegiatan seru yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah berburu foto kekinian. Curug Muara Jaya memiliki spot spot foto kekinian yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari spot buatan hingga pemandangan alam yang bisa dijadikan background foto. Spot favorit di sini adalah berfoto dengan background air terjun.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Muara Jaya Majalengka

Pengunjung akan semakin nyaman ketika mengunjungi wisata curug di Majalengka ini karena fasilitasnya telah lengkap. Anda bisa menemukan kamar mandi umum dan juga mushola. Selain itu area parkirnya juga tergolong luas untuk menampung kendaraan wisatawan. Terdapat juga arena bermain anak yang bisa dimanfaatkan saat liburan bersama keluarga.

Anda yang ingin menggelar acara, juga bisa memanfaatkan fasilitas Balai Pertemuan. Warung makan dan minuman turut hadir untuk memanjakan lidah dan perut para pengunjung. Jika Anda ingin menikmati suasananya lebih lama, Anda bisa camping. Terdapat camping ground nyaman yang bisa dijadikan sebagai tempat bermalam.

Menghabiskan liburan di wisata alam memang menjadi obat manjur untuk mendapatkan ketenangan. Curug Muara Jaya memiliki keindahan yang masih alami yang bisa dijadikan tujuan liburan. Saat berlibur kemari, pastikan Anda memilih waktu yang tepat dan hindari musim hujan. selain itu pastikan untuk menjadi wisatawan yang bijak dengan tak buang sampah sembarangan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”