Curug Sangiang, Pesona Air Terjun Eksotis Nan Alami di Kuningan

ulinulin.com – Curug Sangiang merupakan satu dari beberapa curug yang berada di Kuningan, Jawa Barat. Curug hits ini menawarkan keindahan yang masih alami dan belum banyak dicampur tangani oleh manusia baik dari masyarakat sekitar maupun pemerintah setempat. Menurut pihak pengelola yaitu Dedi Rosadi, wisata sejuk ini terbentuk sebagai akibat dari letusan Gunung Papandayan tepatnya pada tahun 2002. Dedi merupakan orang pertama yang menemukan wisata indah ini ditambah menjadi orang pertama yang menginisiasi penataan kawasan curug dengan dana pribadi.

Nama Curug Sangiang lantang berasal dari dua suku kata yaitu curug yang berarti air terjun, dan sangiang yang berarti tempat berkumpul. Sehingga menurut pemilik dan pengelola, curug asri ini berarti air terjun yang menjadi titik berkumpul dan nama ini sepertinya terwujud dimana curug ini sering kali dijadikan lokasi bermain dan berkumpul bagi orang-orang yang menyukai kegiatan wisata alam khususnya curug. Curug hits ini cukup terkenal di media sosial instagram karena keaslian dan keindahannya. Untuk anda yang penasaran dengan curug unik ini, yuk simak artikel ini hingga akhir

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Sangiang

Terdapat sangat banyak curug di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat. Karena banyaknya tempat wisata yang menawarkan keindahan curug, tentunya setiap wisata harus memiliki daya tarik agar tetap bertahan di arus pasar sehingga pengunjung mau dan tertarik untuk mengunjungi curug tersebut. Sama seperti hal tersebut, curug Sangiang juga memiliki daya tarik yang unik yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Keindahan Curug dan Sekitarnya

Curug yang dikenal dengan keindahan air terjunnya yang tetap berarus deras walaupun dalam keadaan kemarau membuat curug unik ini menjadi sangat hits di media sosial. Selain itu, hijaunya pepohonan dan rumput menjadi kombinasi warna yang sangat menyejukkan mata dan pikiran setiap pengunjung. Terdapat juga batu-batu yang besar dan beberapa pendopo kecil yang menambah kesan alami dan asrinya lingkungan sekitar curug eksotis ini.

2. Destinasi yang Masih Alami

Untuk mencapai Curug Sangiang, anda perlu melakukan perjalanan yang cukup menanjak. Untuk itu, pengelola menyediakan rute berbentuk jalan yang akan menuntun anda hingga sampai lokasi utama curug. Hal yang unik dan menarik adalah jalannya dibentuk dengan menggunakan bilah-bilah bambu yang membuat kesannya semakin alami dan menyatu dengan alam. Selain itu, bangunan-bangunan lainnya pun memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kawasan curug sehingga keasrian curug masih tetap terjaga.

3. Spot Foto yang Keren

Terdapat banyak spot foto yang dilengkapi dengan properti dan hiasan indah yang mendukung agar anda memperoleh foto dengan kualitas yang baik dan tentunya instagramable. Properti yang digunakan untuk membuat spot foto ini pun sangat alami yang memanfaatkan bilah bambu dan kayu yang berasal dari sekitar kawasan wisata. Spot foto ini tidak akan anda temui lagi di kawasan wisata lain.

4. Kegiatan Berkemah

Jika anda berkemah di sekitar Curug Sangiang, anda akan disuguhi indah dan alaminya alam sekitar kawasan. Ini menyebabkan anda akan benar-benar menyatu dengan alam. Perkemahan umumnya dilakukan di lokasi yang tidak terlalu ramai dan curug ini memberi anda kesempatan untuk menikmati pengalaman tersebut karena lokasinya yang jauh dari bisingnya perkotaan.

5. Menawarkan Ketenangan

Jaranya yang jauh dari perkotaan menyebabkan curug indah ini jauh dari segala jenis polusi. Polusi udara dan air sangat jarang ditemukan di curug asri ini karena lokasinya jauh dari pemukiman serta pengunjung umumnya akan diarahkan untuk menjaga kebersihan wilayah curug. Selain itu, yang paling vital adalah jauh dari polusi suara atau bisingnya suara. Tidak adanya suara kendaraan, mesin, pabrik, bahkan manusia menyebabkan curug indah ini akan sangat sesuai bagi anda yang sedang mencari kedamaian dan ketenangan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Curug Sangiang ini terletak di Sagarahiang, Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Anda sangat dianjurkan mengunjungi lokasi curug ini saat anda melakukan perjalanan atau kunjungan ke Jawa Barat. Anda dapat mencapai lokasi ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Namun, anda akan melakukan trekking untuk sampai ke lokasi curug sehingga anda harus meninggalkan kendaraan pribadi anda di lokasi parkir.

Curug alami ini menawarkan begitu banyak keindahan dengan harga yang murah. Pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket masuk dengan harga Rp 5.000. Dengan harga itu anda sudah dapat menikmati segala keindahan yang ada di curug indah ini termasuk air, batuan, pondok, dan lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Sangiang

Saat melakukan wisata, tentu saja yang kita lakukan bukan hanya duduk diam menikmati pemandangan. Kita pasti melakukan kegiatan lain yang dapat menambah nilai perjalanan wisata kita masing-masing. Sama halnya dengan itu, saat berkunjung ke curug eksotis ini pun anda dapat melakukan kegiatan atau aktivitas yang dapat membuat pengalam wisata anda semakin menarik. Berikut merupakan beberapa aktivitas menarik yang dapat anda lakukan saat berkunjung atau berwisata ke curug unik ini:

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Curug menawarkan objek alam yaitu air sebagai objek wisatanya. Oleh karena itu, anda dapat menikmati kenikmatan dan kesejukan air yang ada di Curug Sangiang. Selain itu, anda juga dapat menikmati keindahan dari hijaunya pepohonan dan rerumputan sekitar serta alaminya bangunan-bangunan sekitar. Akan tersedia bangku atau saung yang dapat anda gunakan sebagai alat pendukung anda dalam melakukan aktivitas ini.

2. Berswafoto

Berswafoto merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat anda mengunjungi suatu lokasi apalagi lokasi wisata yang indah seperti curug eksotis ini. Anda dapat memperoleh foto-foto yang indah dan menarik dan tentunya tidak hilang dimakan waktu. Foto adalah bukti bahwa anda pernah mengunjungi suatu lokasi wisata dan anda pernah memiliki waktu liburan yang sangat berkesan dan menyenangkan. Foto-foto dari kawasan curug asri ini sudah tersebar luas di instagram dan akan sangat menyenangkan bahwa anda memiliki foto tersebut dengan hasil jepretan anda sendiri.

3. Bermain Air

Air yang ada di Curug Sangiang terkenal dengan kebersihan dan kejernihannya. Anda tidak hanya dapat menikmati keindahannya, namun anda dapat bermain air untuk menikmati kesenangan dan ketenangan dalam bermain air di perairan yang bersih dan jernih. Segala kepenatan anda yang anda dapatkan setelah perjalanan jauh maupun segala pekerjaan yang anda kerjakan, anda dapat setidaknya relaksasi untuk sementara waktu. Namun, harap berhati-hati dalam bermain di sekitar air terjun karena kadang batuan sekitar curug sangat licin.

4. Menikmati Sajian

Kegiatan makan umumnya akan sangat sempurna jika dilengkapi dengan kesejukan udara dan keindahan dari hijaunya pepohonan sekitar. Hal ini akan membuat kita menikmati makanan dengan pikiran yang tenang yang tentunya akan menambah nafsu makan kita. Anda dapat membawa makanan dari rumah anda maupun membeli makan di warung-warung yang sudah tersedia tentunya dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Untuk mendukung segala aktivitas yang dilakukan pengunjung di curug indah ini, pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang digunakan. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung secara bebas di Curug Sangiang:

1. Warung Makan

Ana tidak perlu takut jika tiba-tiba di tengah waktu liburan anda, anda merasa lapar ataupun haus. Terdapat warung makan yang menyediakan berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dapat anda beli untuk mengisi perut dan memuaskan dahaga anda. Tidak perlu khawatir karena harga dari makanan dan minuman tersebut tidak mahal. Anda juga diperbolehkan untuk membawa makanan dari rumah anda, namun bukankah lebih menyenangkan jika kita makan makanan khas dari lokasi wisata yang kita kunjungi?

2. Tempat Duduk

Tempat duduk yang dapat anda gunakan saat bersantai menikmati sejuknya udara sekitar air terjun. Tempat duduk yang disediakan juga dapat menjadi alat untuk mempercantik foto anda dimana anda memanfaat bangku tersebut sebagai properti dalam berfoto. Tentunya dengan adanya kursi ini anda akan dapat menikmati keindahan dari curug tanpa harus basah dan masuk ke dalam kawasan air.

3. Saung

Terdapat saung-saung yang dapat dijadikan untuk lesehan sebagai tempat beristirahat setelah lelah menyusuri kawasan curug. Saung-saung yang tersedia juga merupakan saung yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga akan menambah kesan alami dan tradisional saat kita duduk di bawah teduhnya saung. Dengan duduk di saung, anda dapat menikmati segarnya udara dan indahnya pepohonan, serta indahnya deburan air terjun yang sangat indah.

Itulah beberapa hal menarik seputar Curug Sangiang yang merupakan lokasi wisata yang sangat indah untuk anda dapat menikmati kegiatan liburan yang nyaman dan menyenangkan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sebagai referensi sebelum mengunjungi lokasi curug indah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”