Curug Tonjong, Wisata Air Terjun Indah Nan Alami di Majalengka

ulinulin.com – Untuk Anda yang saat ini mencari referensi tempat berlibur yang nyaman, tenang dan menyegarkan, maka sangat direkomendasikan bagi Anda mengunjungi Curug Tonjong. Curug tersebut merupakan salah satu tempat yang begitu indah bisa Anda temukan di Majalengka. Di tempat wisata ini tentu Anda bisa melihat keindahan dari air terjun yang sangat istimewa.

Air terjun di tempat tersebut mengalir dengan begitu deras serta sangat menyegarkan, terlebih ketika Anda datang ke tempat tersebut saat siang hari, maka rasa segar ketika menyentuh air terjun akan sangat terasa nantinya. Oleh karena keindahan dari tempat wisata ini, maka wajar jika pengunjung cukup ramai, terlebih saat waktu liburan tiba.

Maka dari itulah, wisata Majalengka di Provinsi Jawa Barat satu ini memang begitu recommended bagi Anda untuk dijadikan sebagai salah satu tempat berlibur. Panorama khas dari Curug Tonjong yang begitu kaya akan bebatuan dan juga tumbuhan hijau menjadi daya pikat yang luar biasa bagi wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Tonjong

1. Wisata yang Tenang

Curug Tonjong merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok sekali bagi Anda yang berencana mencari tempat wisata dengan alamnya yang begitu tenang. Dengan mengunjungi area wisata yang terkenal seperti itu, tentunya Anda bisa kembali membuat pikiran jadi fresh. Lokasi dari Curug ini memang berada jauh dengan area perkotaan.

Hal itulah yang akhirnya membuat tempat wisata begitu kondusif dan tidak bising. Selain karena alamnya yang begitu tenang, tempat ini juga masih terlihat begitu asri dan alami. Seolah tidak pernah tersentuh oleh tangan-tangan manusia.

Ada banyak keseruan dan keindahan di tempat wisata yang begitu Asri tersebut. Karena itulah, Curug Tonjong sangat tepat untuk didatangi bersama dengan keluarga saat liburan tiba. Hal yang membuat curug tersebut jadi semakin tampak eksotis yaitu bebatuan yang terdapat di sana.

Suasana khas area pegunungan memang sangatlah kental terasa di tempat ini. Nilai keindahan yang terdapat di air terjun seolah terlihat menyatu, sehingga menciptakan pemandangan yang sungguh luar biasa.

Suhunya yang cukup dingin membuat suasana sekitar memang terasa begitu sejuk, sekalipun Anda datang pada saat siang hari. Tempat ini berada dekat dengan Sungai Cikadondong. Sungai itulah yang merupakan sumber dari air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter tersebut.

Saat datang ketika musim kemarau, arus dari air sungai tetap stabil dan ketika Anda datang saat musim hujan, maka arus tersebut akan tampak jauh lebih besar dan deras. Letak dari tempat wisata ini berada di area bebatuan serta ditutupi oleh pepohonan, sehingga hal tersebut tampak seakan menjadi benteng dan juga dam yang terbentuk secara alami.

2. Keindahan Air Terjun

Destinasi alam berupa Curug Tonjong tersebut memang banyak didominasi oleh tumbuhan hijau yang sangat rimbun. Selain itu juga bebatuan yang terdapat di sana sangat beraneka ragam dan bentuk. Sehingga menjadi ciri khas tersendiri dari Curug tersebut. Kesejukan alamiah yang ditawarkan oleh curug tentunya tidak bisa ditolak oleh siapapun yang mengunjunginya.

Lansekap begitu menawan disuguhkan di depan mata membuat tempat ini kaya akan keindahan alam yang begitu asri. Itulah akhirnya yang membuat banyak wisatawan merasa betah ketika berada di tempat ini.

3. Banyak Spot Foto Menarik

Daya tarik selanjutnya yaitu Anda akan menemukan banyak spot foto menarik di Curug Tonjong. Ketika Anda datang ke sana, maka Anda bisa memakai spot foto tersebut sebagai latar belakang ketika ingin mengabadikan momen. Untuk spot terbaik dan paling banyak diburu oleh wisatawan tentunya adalah air terjun.

Kesegaran dari air terjun yang begitu deras mengalir ke bawah akan tampak saat melihatnya. Anda bisa merasakan kesegaran dari air atau bisa menjadikan air terjun tersebut sebagai latar belakang foto yang tentunya sangat instagramable. Selain air terjun itu, masih banyak lagi spot terbaik yang dapat ditemukan di tiap-tiap sudut tempat wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Curug Tonjong ini terdapat di area Taman Nasional Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat. Letaknya yaitu terdapat di balik batu yang memiliki ukuran memanjang, serta ketinggian hingga mencapai 4 meter serta memiliki arus yang begitu deras. Untuk lokasi tepatnya yaitu terdapat di Kecamatan Rajagaluh, Desa Teja, Majalengka.

Jika Anda hendak meluncur ke tempat wisata dari pusat Kota Majalengka, maka jarak yang harus Anda tempuh kurang lebih sejauh 18 km. Jika berkendara santai, waktu tempuhnya kurang lebih selama 35 menit. Akses jalan di tempat itu sudah cukup baik, sehingga mudah untuk Anda lintasi.

Namun bagaimanapun juga, perlu untuk sedikit berhati-hati karena memang akses jalan cukup berkelok dan juga menanjak. Sehingga disini Anda perlu waspada. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan akses atau rute, maka bisa menggunakan bantuan navigasi dari perangkat smartphone.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Curug Tonjong yang berada di Majalengka ini memang tidak menarik retribusi atau biaya masuk yang cukup tinggi bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Karena itu, untuk Anda yang ingin pergi berlibur dengan harga terjangkau, maka sangat disarankan mendatangi Curug tersebut.

Besar tiket yang harus Anda bayar ketika ingin melihat curug yang begitu memukau yaitu sebesar Rp 15.000 saja tiap orangnya. Sedangkan untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, maka nantinya akan dikenakan biaya parkir. Biaya parkir untuk mobil sebesar Rp 5.000, sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor yaitu sebesar Rp 3.000.

Anda yang kebetulan tengah mencari tempat wisata yang murah meriah, maka tidak ada salahnya menjadikan Curug ini sebagai salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi nantinya. Saat ingin mengunjungi, maka perlu diingat jam operasional yaitu dimulai pukul 07.00 dan akan ditutup pada pukul 17. 00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Tonjong

1. Menikmati Curug dari Ketinggian

Ada banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selama mengunjungi Curug nan indah ini. Salah satu aktivitas menarik tersebut yaitu menikmati keindahan curug dari area ketinggian. Hal tersebut bisa saja Anda lakukan, karena memang pihak pengelola telah menyediakan tangga bagi siapa saja yang ingin menuju bagian hulu dari air terjun.

Perlu untuk diingat, ketika melewati tangga tersebut Anda harus berhati-hati. Tersedia juga jembatan yang terbuat dari besi. Awalnya jembatan masih terbuat dari bambu, namun demi keamanan wisatawan yang datang, jembatan tersebut akhirnya diubah dengan bahan berupa besi.

Wisata alam di Majalengka ini memang mempunyai keindahan yang begitu mengagumkan serta menarik untuk Anda kunjungi. Karena itulah, ketika kebetulan berada di Majalengka, maka jangan sia-siakan kesempatan berlibur di tempat ini.

Keindahan alam yang terdapat di tempat tersebut memang begitu mempesona. Tidak hanya itu saja penduduk lokal dari area air terjun sangatlah ramah dan welcome terhadap wisatawan yang datang.

2. Hunting Foto

Aktivitas seru berikutnya yaitu berburu foto yang indah. Selain menikmati panorama alam yang begitu memukau dari Curug Tonjong yang mampu membuat jiwa jadi terasa damai, aktivitas lain yang dapat dilakukan di sini adalah mengabadikan momen. Anda bisa berburu foto-foto yang begitu instagenic, karena memang terdapat banyak spot foto menarik.

Salah satu spot foto yang jadi favorit para pengunjung yang datang yaitu Air Terjun dan juga jembatan. Karena itu, pastikan perangkat smartphone Anda sudah terisi penuh dengan baterai. Atau bagi Anda yang memiliki kamera DSLR, maka patut membawa kamera tersebut ke tempat wisata ini.

3. Explorasi Area Wisata

Curug Tonjong yang berada di Kota Majalengka tersebut memang terasa istimewa. Terlebih jika di sini Anda datang bersama dengan orang-orang tercinta dan sanak famili. Menghabiskan waktu liburan bersama dengan bermain serta mengeksplorasi area air terjun tentu sangatlah menyenangkan.

Eksplorasi alam Air Terjun Tonjong tersebut tidak akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang besar. Karena memang seperti yang telah diulas di atas, biaya tiket ataupun parkir di sana sangat terjangkau. Selain itu juga Anda dapat menikmati berbagai macam menu makanan yang ditawarkan oleh warung-warung yang ada di tempat wisata.

Karena itu, bagi Anda yang pecinta kuliner, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati aneka hidangan lezat saat berada di sana. Harga kuliner yang ditawarkan pun juga relatif terjangkau. Menikmati masakan lezat sambil lalu melihat keindahan air terjun, tentu merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Tempat wisata Curug Tonjong ini memang sudah dikelola dengan sangat baik, karena itulah disana Anda akan menemukan banyak fasilitas yang sudah cukup memadai. Fasilitas-fasilitas umum yang bisa ditemukan seperti contohnya tempat parkir kendaraan yang luas dan aman, spot foto yang begitu instagramable dan juga area penginapan.

Tidak hanya itu saja, Anda pun akan menemukan toilet, mushola dan juga saung bagi yang ingin bersantai. Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal sendiri dari rumah, karena sudah banyak warung makanan yang tersedia dengan menunya yang begitu lezat dan nikmat.

Curug Tonjong adalah tempat wisata yang berupa air terjun dengan pesona alam yang masih begitu alami dan memukau di Majalengka. Mengunjungi tempat tersebut ketika hari libur tiba bersama dengan sanak famili dan orang-orang yang dicinta, tentu merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website javatravel.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”