Dacia Pamer Buggy EV di Paris Motor Show 2022, Canggih dan Kuat Tapi Murah

ulinulin.com – PARIS – Pada ajang Paris Motor Show 2022 bulan depan, Dacia telah memastikan akan menampilkan mobil konsep terbarunya yang diberi nama Manifesto. Mengusung konsep buggy off-road dengan ukuran dan desain yang mirip Ariel Nomad serta berkonfigurasi dua penumpang.

Selain itu, lewat Dacia Manifesto ini pabrikan ingin memamerkan teknologi untuk model kendaraannya di masa depan. Salah satunya ialah menampilkan kendaraan yang canggih, menarik namun dengan harga yang terjangkau.

“Dacia Manifesto adalah kendaraan terbuka dengan dimensi super kompak yang berpadu dengan alam. Kami melihat ini merupakan jalan yang bagus untuk melakukan brainstorming ide-ide tanpa tekanan produksi. Kami menyebut Dacia Manifesto merupakan laboratorium untuk ide,” kata Director of Design Dacia, David Durand.

Secara konsep, kendaraan yang ditujukan untuk kegiatan di ruang terbuka ini memiliki tampilan mendukung yakni tidak ada jendela, pintu bahkan windshield. Namun Dacia Manifesto akan dibekali dengan sistem penggerak semua roda atau 4-wheel drive menggunakan ban berukuran besar. Dacia Manifesto juga menggunakan ban mati atau tanpa udara demi mendukung kemampuannya di segala medan selain tahan tusukan juga dirancang untuk tanah selama masa pakai kendaraan. Selain itu, material bodinya juga sudah disesuaikan untuk medan berat dengan posisi duduk yang commanding.

Meski bagian kabin tidak dilindungi oleh kaca maupun windshield, namun material yang digunakan oleh Dacia Manifesto dipastikan tahan air. Untuk membersihkannya, pengendara hanya perlu menyemprotkan bagian interior dengan air. Selain itu penutup kursi juga dapat dilepas dan dimanfaatkan sebagai sleeping bag saat melakukan kegiatan outdoor.

Pabrikan juga tetap menghadirkan layanan hiburan dengan basis teknologi canggih, salah satunya ialah pendekatan Bring Your Own Device ke Dacia Manifesto ini. Sehingga pengendara nantinya tetap dapat menyambungkan layanan hiburan di smartphone ke Dacia Manifesto dengan basis komputerisasi. Dacia juga menjanjikan Manifesto akan menampilkan YouClip yakni fitur untuk penggantung universal. Peranti ini tidak hanya dapat digunakan sebagai cupholder tetapi juga barang-barang lain seperti smartphone. YouClip ini akan menjadi pengganti cupholder di Renault Duster versi terbaru.

Belum diketahui sumber daya yang akan ditanamkan pada Dacia Manifesto, namun platform yang digunakan bisa dipasangkan dengan berbagai jenis drivetrain mulai dari listrik, ICE hingga hybrid. Pabrikan juga mengklaim Dacia Manifesto hanya memiliki bobot sekitar 720 kg dengan pilihan drivetrain terberat yakni BEV. Selain itu, Dacia Manifesto juga menggunakan material ringan dan ramah lingkungan pada chassis dan bodyworknya yang disebut Starkle. Material Starkle tersebut memiliki 20 persen polipropilena yang didaur ulang dan sudah diproses demi memberikan panel tampilan berbintik.

Dacia Manifesto akan menghadirkan sebuah konsep penting bagi perusahaan yakni semakin ringan mobilnya, semakin sedikit emisinya maka semakin rendah biayanya. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh pada strategi perusahaan untuk tetap menjaga model kendaraan dengan harga yang terjangkau.

“Mobil konsep baru ini bertepatan dengan misi merek baru untuk Dacia untuk beralih dari sederhana dan terjangkau menjadi lebih menarik dan diinginkan, dengan mobil yang dipilih sesuai keinginan orang. Tetapi tetap dipilih karena penting,” tambah CEO Dacia, Denis Le Vot.(ALVANDO NOYA / WH)

Sumber: Autocar

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”