Daftar iPhone dan HP Android yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Hari Ini

ulinulin.com – Sejumlah perangkat iPhone dan Android tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai hari ini, Senin (24/10/2022). Sebab, perangkat-perangkat itu sudah tidak lagi memenuhi spesifikasi minimum yang disyaratkan WhatsApp.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp pembaruan spesifikasi minimum untuk sistem operasi (OS) agar bisa menjalankan aplikasi pesan instan itu.

Untuk iPhone, hanya model yang berbasis iOS 12 atau versi di atasnya yang masih bisa mengakses WhatsApp. iPhone yang menjalankan iOS 11 atau di bawahnya tidak akan lagi bisa menjalankan WhatsApp.

Sedangkan untuk Android, minimal wajib menjalankan versi 4.1 ( Android Jelly Bean ) atau di atasnya agar bisa menggunakan WhatsApp. Artinya, perangkat yang masih menjalankan Android veri 4.0.4 (Android Ice Cream Sandwich) atau di bawahnya tidak akan lagi bisa mengakses WhatsApp per hari ini.

Agar masih bisa menggunakan WhatsApp, perangkat harus melakukan upgrade software.
Masalahnya, tidak semua perangkat bisa melakukan upgrade. Sebab, beberapa perangkat sudah tidak mendukung software versi terbaru.

Beberapa perangkat iPhonemisalnya, masih ada yang menjalankan iOS 12 , seperti iPhone 5 (2012), iPhone 5S (2013), iPhone 5C (2013), iPhone 6 (2014), dan iPhone 6S (2015). Namun, ada beberapa iPhone yang sudah tidak lagi bisa di-upgrade, seperti iPhone 5 dan iPhone 5C.
Kedua iPhone itu hanya mentok di iOS 10.

Sementara itu, HP Android yang menjalankan Android 4.0 saat ini kemungkinan tidak terlalu banyak. Sebab, dukungan Android hanya diberikan selama 3 tahun, lebih singkat dibanding iPhone yang bisa mencapai 5 tahun. Sehingga, usia penggunaan iPhone bisa lebih lama.
Adapun Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis tahun 2011 lalu.

Beberapa perangkat yang kala itu menjalankan sistem operasi ini di antaranya Samsung Galaxy Nexus, Sony Ericsson Xperia Arc S, Lenovo A660, Samsung Galaxy Note generasi pertama, dan masih banyak lainnya.

iPhone dan HP Android yang tidak bisa pakai WhatsApp

Dengan perubahan spesifikasi minimimum yang berlaku, berikut daftar iPhone dan HP Android yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai hari ini (24/10/2022):

  • iPhone 5
  • iPhone 5C
  • HP Android yang menjalankan OS versi 4.0.4 atau yang lebih lawas

Apabila perangkat tidak mendukung spesifikasi minimum, WhatsApp biasanya akan memberikan notifikasi untuk upgrade software atau beralih ke perangkat yang lebih baru.
Peningkatan spesifikasi minimum lumrah dilakukan karena WhatsApp selalu memberikan fitur-fitur anyar setiap tahunnya.

Cara cek versi iOS

Untuk memastikan apakah iPhone dan HP Android yang digunakan masih mendukung aplikasi WhatsApp atau tidak, bisa mengecek versi OS lebih dulu.

bisa dilakukan lewat menu “setting/pengaturan” > “general/umum”. Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah.

Apabila ponsel masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung. Dalam kasus ini, pengguna iPhone 5S dan iPhone 6 masih bisa meng-upgrade iOS hingga iOS 12. Sementara iPhone 6S bisa di-upgrade hingga iOS 15.

Pengguna hanya perlu menekan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak/Upgrade Software” untuk mulai mengunduh file yang diperlukan untuk upgrade OS.

Cara cek versi Android

Pengguna Android juga bisa lebih dulu mengecek versi OS di perangkatnya. bisa jadi sedikit berbeda karena masing-masing merek ponsel memiliki antarmuka (user interface/UI) yang berbeda.

Namun, secara garis besar, langkahnya hampir sama. Dalam tutorial berikut, KompasTekno menggunakan ponsel Samsung Galaxy A73 5G dengan Android 12 dan antarmuka One UI 4.1, berikut caranya:

  • Buka menu pengaturan. Gulir layar ke bawah, klik menu “tentang ponsel/about phone”.
  • Klik “informasi perangkat lunak/software information”. Nantinya akan muncul informasi versi Android, sekaligus UI yang sedang digunakan.
  • Untuk memperbarui versi Android, buka menu “pengaturan/settings” > “update software/update perangkat lunak” > “unduh dan instal”.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”